Sukses

1 Mei 1945: Radio Jerman Umumkan 'Kematian' Pemimpin Nazi Adolf Hitler

Adolf Hitler dilaporkan telah tewas di Reich Chancery di Berlin, menurut sebuah pengumuman radio Hamburg pada 1 Mei 1945. Namun, pengumuman itu menimbulkan kecurigaan di kalangan Sekutu.

Liputan6.com, Berlin - Adolf Hitler dilaporkan telah tewas di Reich Chancery di Berlin, menurut sebuah pengumuman radio Hamburg pada 1 Mei 1945.

Pada pukul 22.30 waktu setempat seorang pembaca berita mengumumkan bahwa laporan dari markas Fuhrer mengatakan Hitler telah "tewas di pos komandonya di Reich Chancery berjuang sampai nafas terakhir melawan Bolshevisme dan untuk Jerman".

Dikatakan dia telah menunjuk Laksamana Agung Doenitz sebagai penggantinya.

Di sana menyusul pengumuman oleh Laksamana Doenitz di mana ia meminta rakyat Jerman untuk meratapi Fuhrer mereka yang, katanya, meninggal karena kematian seorang pahlawan di ibukota Reich.

Laporan dari Washington pada saat itu mengatakan para pejabat AS curiga terhadap pengumuman itu dan tentu saja belum merayakannya, demikian seperti dikutip dari BBC On This Day, Minggu (1/5/2022).

Mereka khawatir waktu pengangkatan Doenitz mungkin berarti bahwa Hitler tidak mati tetapi mencoba melarikan diri atau pergi ke bawah tanah.

Di London, Perdana Menteri Winston Churchill tidak akan membuat pernyataan kepada Commons tentang situasi perang di Eropa kecuali untuk mengatakan itu "pasti lebih memuaskan daripada kali ini lima tahun yang lalu".

Laksamana Doenitz, yang terkenal dengan kemenangan U-boat-nya dalam tiga tahun pertama perang, bersumpah untuk melanjutkan pertempuran melawan Soviet dan Sekutu barat mereka.

"Inggris dan Amerika tidak berjuang untuk kepentingan rakyat mereka sendiri tetapi untuk penyebaran Bolshevisme," katanya.

Sebagai kepala negara baru dan komandan tertinggi Wehrmacht - angkatan bersenjata Jerman - ia menuntut disiplin dan kepatuhan dan mendesak tentara Jerman, "Lakukan tugas Anda. Kehidupan rakyat kita dipertaruhkan."

Pada saat itu, ada spekulasi di pers Inggris mengenai apakah pasukan Jerman yang melemah akan mengikuti Doenitz atau Heinrich Himmler, kepala tentara tuan rumah, Volkssturm, SS dan Gestapo.

Dia telah membuat tawaran perdamaian kepada Sekutu dalam beberapa hari terakhir dalam pertemuan dengan Count Folke Bernadotte, keponakan Raja Swedia, tetapi sejauh ini ini tidak menghasilkan apa-apa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dalam Konteks

Rincian pertama tentang keadaan sebenarnya dari kematian Hitler muncul pada 20 Juni 1945. Laporan 

Salah satu pengawal Hitler yang melarikan diri ke sisi Inggris Berlin mengatakan dia telah melihat sebagian mayat Eva Braun dan Hitler yang terbakar tergeletak berdampingan di halaman Reich Chancery dekat pintu masuk bunkernya.

Hitler menikah dengan Eva Braun pada 29 April dan mereka bunuh diri keesokan harinya.

"Reich Seribu Tahun" Hitler berlangsung selama 12 tahun dan tiga bulan.

Heinrich Himmler, yang upayanya dalam pembicaraan damai dengan Sekutu telah meyakinkan Hitler bahwa perang telah berakhir untuk Jerman, menawarkan untuk melayani di bawah Laksamana Doenitz tetapi ditolak.

Setelah Jerman menyerah pada 7 Mei, Himmler mencoba melarikan diri, ditangkap dan bunuh diri pada 23 Mei.

Doenitz dijatuhi hukuman sepuluh tahun penjara di pengadilan kejahatan perang Nuremberg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini