Sukses

Presiden Rusia Vladimir Putin Terlihat Gemetar dan Wajahnya Gembung, Sakit?

Rumor bahwa Presiden Rusia sakit tengah menyeruak. Pasalnya Vladimir Putin terlihat gemetar tak terkendali telah dalam sebuah rekaman video yang beredar.

Liputan6.com, Kiev - Rumor bahwa Presiden Rusia sakit tengah menyeruak. Pasalnya Vladimir Putin terlihat gemetar tak terkendali telah dalam sebuah rekaman video yang beredar.

Dalam video yang menunjukkan dia menyapa Presiden Belarusia Alexander Lukashenko di Kremlin, tangan tiran Rusia itu terlihat gemetar hebat.

Putin yang tampak lemah - yang telah dirundung klaim bahwa dia menderita Parkinson atau kanker stadium akhir - mengulurkan tangannya yang goyah untuk menyambut Lukashenko sebelum dengan cepat menarik diri dan berjalan di sekitar ruangan.

Mengutip The Sun, Kamis (28/4/2022), Putin terlihat goyah dan lututnya lemas saat dia berjalan untuk memeluk rekannya dari Belarusia dalam rekaman tak bertanggal yang telah dilihat lebih dari 1 juta kali.

Video itu muncul ketika video baru-baru ini menunjukkan Vladimir Putin menggigit bibirnya dan gelisah di sebuah kebaktian gereja pada hari Minggu, memicu klaim otokrat itu memiliki penyakit mematikan.

Putin dalam rekaman tersebut terlihat mendengus sambil memegang lilin di dekat altar pada misa tengah malam untuk Paskah Ortodoks.

Itu terjadi beberapa hari setelah Putin, 69 tahun, terlihat mencengkeram meja dan mengetuk kakinya dalam video yang menurut pengamat Kremlin menunjukkan penurunan drastis dalam kondisi fisiknya.

Pada Minggu malam Presiden Rusia itu tampak tidak terlalu menggembung, dibandingkan beberapa pekan terakhir saat dia berdiri tanpa bantuan di Katedral Kristus Juru Selamat Moskow bersama wali kota Sergei Sobyanin.

Cuplikan TV singkat menunjukkan sedikit tanda yang jelas dari tanda tremor yang sering dikaitkan dengan Parkinson.

Tetapi pemirsa melihat otokrat yang menua itu tampak bergeser dengan tidak nyaman, menjulurkan lidahnya dan menggigit bibirnya. Dia juga melihat ke langit-langit dan ke lantai selama misa yang dipimpin oleh kroni Patriark Kirill, yang telah mendukung invasinya ke Ukraina.

Pada satu titik, Presiden Rusia itu terlihat menyilangkan diri secara perlahan, tampak sangat berhati-hati untuk mengendalikan gerakan. Dia tidak berbicara selain bergabung dalam jemaat.

Penampilan publik ini terjadi beberapa hari setelah Putin ditampilkan di TV Rusia memberi perintah kepada kepala pertahanan Sergei Shoigu tentang pengepungan Mariupol.

Pengamat mengatakan tiran yang terisolasi itu tampak "lemah dan nyaris tidak bisa berdiri tegak" di kursinya.

Itu adalah salah satu penampilannya yang paling mengejutkan sejauh ini, tanpa keberanian orang kuat seperti biasanya.

Putin tampak acak-acakan, kesakitan dan terganggu ketika dia mengatakan kepada Shoigu untuk memblokade pabrik baja Azovstal, di mana lebih dari 1.000 pembela Ukraina dan warga sipil bersembunyi, "sehingga seekor lalat tidak bisa masuk".

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kata Pengamat

Para ahli mengatakan kepada The Sun Online bahwa rekaman itu "bukan potret seorang Putin yang sehat".

Putin terlihat dalam video muncul dengan wajah bengkak sambil membungkuk ke kursinya. Kakinya tampak terus-menerus mengetuk dan tangannya mencengkeram tepi meja.

Tiran itu duduk mencengkeram meja dengan kuat sepanjang pertemuan 12 menit itu.

Jari-jarinya tertahan di bawah meja sementara ibu jarinya bergerak-gerak di atas, dan dia menghabiskan sebagian besar perbincangan dengan mengetuk kedua kakinya.

Kesehatan Vlad telah lama menjadi sumber rumor dan spekulasi - tetapi dilaporkan bahwa intelijen Barat percaya bahwa Putin bukanlah orang yang sehat.

Para pejabat Kremlin selalu membantah ada yang salah dengan pemimpin mereka, yang akan berusia 70 tahun pada Oktober nanti.

Profesor Erik Bucy, seorang ahli bahasa tubuh dari Texas Tech University, mengatakan kepada The Sun Online: "Ini adalah Putin yang sangat lemah dibandingkan dengan pria yang kami amati bahkan beberapa tahun yang lalu.

"Seorang presiden yang berbadan sehat tidak perlu menjaga dirinya ditopang dengan tangan terulur untuk memanfaatkan dan tidak akan khawatir tentang menjaga kedua kakinya tetap di tanah."

Dia menggunakan contoh ketika Richard Nixon muncul dalam debat presiden 1960 melawan JFK.

Pemain Republik itu tampak lemah dan harus menguatkan dirinya saat pulih dari cedera lutut dan kelelahan.

3 dari 4 halaman

Gerakan-Gerakan Tidak Sukarela

"Ini bukan potret Putin yang sehat, tetapi potret yang tampak semakin lemah dan nyaris tidak bisa berdiri tegak di meja konferensi kecil," tambah Bucy.

"Kaki Putin juga tampak sangat kurus, seolah-olah dia menderita penurunan berat badan atau otot karena penyakit yang tidak terduga.

"Kembung di wajahnya memperkuat penampilannya yang tidak sehat, terutama dibandingkan dengan foto dan video pemutaran perdana Rusia beberapa tahun lalu."

Dia menambahkan bahwa Putin juga tampak menghindari tatapan Shoigu - tampak sebagai pria yang mengelak, takut, kurang percaya diri, dan tidak nyaman."

Profesor Patrick Stewart, dari Universitas Arkansas, juga mencatat bahwa Putin tampak sangat stres dan hampir menunjukkan respons "lari".

Dia juga memusatkan perhatian pada ketukan kakinya, menunjukkan bahwa ini adalah "kebocoran" ketika Putin berusaha untuk mengendalikan dirinya - dengan gerakan kakinya mungkin tampak tidak disengaja.

"Tangan yang diangkat di bawah meja berada dalam posisi hampir memohon, sementara memegang meja berbeda dari apa yang saya lihat sebelumnya - tentu saja memegang erat-erat ke podium adalah sesuatu yang telah kita lihat dari Putin ketika mempertimbangkan masalah penuh stres di depan pers bebas," kata Prof Stewart.

Beberapa pengamat ahli di media sosial juga memusatkan perhatian pada perilaku aneh Putin dalam apa yang mungkin menjadi salah satu penampilan kesehatannya yang paling jitu hingga saat ini.

Louise Mensch, mantan anggota parlemen Tory, yang sebelumnya melaporkan tentang potensi masalah kesehatan Putin, menulis: "Putin menderita penyakit Parkinson dan di sini Anda dapat melihatnya mencengkeram meja sehingga tangannya yang gemetar tidak terlihat tetapi dia tidak dapat menghentikan kakinya untuk mengetuk."

4 dari 4 halaman

Teka-Teki Kesehatan

Ini bukan pertama kalinya muncul pertanyaan tentang kesehatan lalim Rusia.

Para ahli telah menunjukkan bahwa Putin terlihat "kembung" dan "melemah" dalam penampilan publik baru-baru ini dan bahkan telah menemui dokter yang berspesialisasi dalam kanker tiroid.

Laporan oleh media investigasi Proekt - yang diblokir di Rusia - menyatakan bahwa ahli bedah Yevgeny Selivanov, dari Rumah Sakit Klinik Pusat Moskow, telah terbang ke pemimpin Rusia itu tidak kurang dari 35 kali di resor Laut Hitam Sochi.

Keahlian dokter yang disegani itu adalah kanker tiroid.

Penemuan ini mendukung teori baru-baru ini bahwa Putin menyatakan perang ketika dia menderita masalah medis yang disembunyikan dari orang-orang Rusia.

Kembali pada November 2020, analis politik Valery Solovei mengungkapkan kanker dan teori Parkinson yang mengklaim bahwa Putin juga perlu menjalani operasi darurat.

Dia mengatakan pada saat masalah kesehatan Putin: “Yang satu bersifat psiko-neurologis, yang lain adalah masalah kanker.

“Jika ada yang tertarik dengan diagnosis pasti, saya bukan dokter, dan saya tidak punya hak etis untuk mengungkapkan masalah ini.

"Diagnosis kedua jauh, jauh lebih berbahaya daripada diagnosis yang disebutkan pertama karena Parkinson tidak mengancam keadaan fisik, tetapi hanya membatasi penampilan publik.Tapi ada diagnosis yang fatal.

"Berdasarkan informasi ini orang akan dapat membuat kesimpulan tentang cakrawala hidupnya, yang bahkan tidak memerlukan pendidikan kedokteran spesialis."

Dia menambahkan bahwa Presiden Rusia telah menjalani operasi dengan sumber lain mengklaim itu adalah operasi kanker perut.

Rekaman video menunjukkan kaki Putin bergerak terus-menerus dan jari-jarinya bergerak-gerak, mendukung teori Parkinson.

Putin juga menderita batuk-batuk selama pertemuan yang disiarkan televisi tetapi klaim tentang kesehatannya dibantah oleh Kremlin.

Laporan tersebut terus mengidentifikasi petugas medis yang secara teratur bepergian dengan Putin dalam perjalanan, terutama di Sochi yang lebih ia sukai daripada Moskow.

Di samping Selivanov, pemimpin Rusia itu juga diikuti oleh seorang ahli bedah saraf.

Ahli bedah lain Dr Alexey Shcheglov "mengikuti Putin tanpa henti sehingga selama acara publik dia diduga berfoto bersama dengan kepala negara."

Ia dipandang sebagai "dokter yang, antara lain, dapat menjadi yang pertama mendeteksi masalah pada kelenjar tiroid, termasuk masalah onkologis", begitu klaimnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.