Sukses

Mudik Massal Jelang Lebaran Juga Dilakukan Warga Bangladesh Seperti di Indonesia

Warga Bangladesh juga melakukan mudik massal menjelang lebaran, seperti di Indonesia.

Liputan6.com, Dhaka - Eksodus massal atau lebih dikenal dengan istilah mudik rupanya tidak hanya dilakukan oleh orang Indonesia.

Orang-orang ibu kota Dhaka, Bangladesh yang ramai diperkirakan juga akan mudik massal pada hari Kamis karena ini adalah hari kerja terakhir pemerintah, semi-pemerintah dan banyak kantor swasta sebelum Idul Fitri.

Dilansir dari laman Daily Sun, Kamis (28/4/2022), para ahli dan pejabat mengatakan penduduk kota dalam jumlah ribuan akan bergegas menuju desa masing-masing pada Kamis sore untuk merayakan Hari Raya bersama orang-orang terdekat dan tersayang mereka. Mudik Lebaran.

Mereka, bagaimanapun, mengatakan hiruk pikuk arus mudik akan mencapai puncaknya pada hari Jumat dan Sabtu karena seperempat dari total wisatawan untuk menuju desa asal mereka dalam dua hari di tengah kekhawatiran penderitaan di jalan raya, stasiun kereta api dan peluncuran dan terminal feri. 

Sementara itu, beberapa wisatawan telah meninggalkan ibu kota untuk menghindari kemungkinan kemacetan sementara banyak yang telah pulang ke desa jauh sebelum liburan Idul Fitri karena lembaga pendidikan tetap tutup.

Idul Fitri, festival keagamaan terbesar umat Islam, akan dirayakan pada hari Minggu atau Senin (1 atau 2 Mei 2022) dengan melihat bulan Syawal.

Berbicara kepada wartawan, Sekretaris Jenderal Komite Nasional untuk Melindungi Pengiriman, Jalan dan Kereta Api Ashish Kumar Dey mengatakan banyak orang diperkirakan akan meninggalkan Dhaka dan daerah sekitarnya selama Idul Fitri ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persiapan Kemacetan

Inspektur Polisi Cumilla Md Rahmat Ullah mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan penuh agar tidak terjadi kemacetan lalu lintas di kawasan Cumilla di tol Dhaka-Chattragram khususnya Daudkandi hingga Teknaf pada jam-jam sibuk menjelang hari raya Idul Fitri.

“Kami telah melakukan pengerahan khusus di jalan raya mulai 24 April sebagai bagian dari inisiatif untuk mencegah kemacetan lalu lintas. Selain itu, kami telah membentuk 15 Quick Response Team (QRT) dan menyiapkan enam ruang sub kontrol,” ujarnya.

Rahmat mengatakan pihaknya sudah menggusur bazar sementara di pinggir jalan raya dan bazar permanen tidak akan berjalan selama liburan menjelang Lebaran.

Dia mengatakan tidak ada kemungkinan kemacetan parah di jalan raya Dhaka-Chattogram selama liburan Idul Fitri mendatang.

Petugas kepolisian yang lain, Ali Ahmed Khan mengatakan tidak ada kemacetan lalu lintas yang serius dapat terjadi di enam jalan raya nasional - Dhaka-Tangail, Dhaka-Mymenshing, Dhaka-Aricha, Dhaka-Mawa dan jalan raya Dhaka-Sylhet - di bawah yurisdiksinya.

Dia mengatakan, kondisi jalan sangat baik sementara tiga jalan layang di jalan raya Dhaka-Tangail dibuka untuk lalu lintas.

“Bagian lain dari jalan raya nasional juga bagus. Situasi sekarang lebih baik dibandingkan kapan pun di masa lalu. 

“Kami berharap para wisatawan dapat mencapai tujuan masing-masing tanpa banyak kesulitan,” katanya.

3 dari 4 halaman

Mudik di Indonesia

Jumlah penumpang arus mudik 2022 di Stasiun Pasar Senen terus meningkat menjelang hari lebaran. Kepala Humas PT KAI Daop I, Eva Chairunisa menyatakan, terdapat 28 kereta api yang beroperasi hari ini, Kamis (28/4/2022) atau H-4 Lebaran.

“Stasiun Pasar Senen terdapat 28 KA beroperasi, 2 KA di antaranya merupakan KA Tambahan,” kata Eva saat dikonfirmasi, Kamis (28/4/2022).  

Sementara jumlah penumpang arus mudik yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen berjumlah 17.200 orang.

“Volume penumpang berangkat sebanyak 17.200 atau 84 persen dari total Tempat Duduk yang tersedia sebanyak 20.500,” kata dia.

Eva menyebut, sampai hari ini keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta seperti Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang, Cikampek, Jakarta Kota pemesanan tiket KA Jarak Jauh untuk keberangkatan Pra Lebaran periode 22 April s.d 1 Mei sudah mencapai 312.200 atau 86 persen dari total tiket yang disediakan.

“Yakni 362.200 pada periode tersebut, 161.200 Stasiun Gambir dan 200.900 Pasar Senen,” kata dia.

4 dari 4 halaman

Arus Mudik Padat

Sementara tanggal keberangkatan yang paling banyak dipilih masyarakat saat arus mudik lebaran 2022 yaitu 27, 28, 29, 30 April dan 1 Mei.

“Dengan relasi mayoritas tujuan Yogyakarta, Solo Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung,” ucapnya.

Data pemesanan tiket tersebut, kata Eva, hanya penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

“Jika ditambah dengan penumpang yang naik dari Bekasi, Karawang, Cikarang, Cikampek, dan Jakarta Kota maka secara keseluruhan volume keberangkatan penumpang dari KA yang berangkat dari Daop 1 Jakarta sudah terisi semua untuk tempat duduk yang tersedia,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.