Sukses

Wanita AS Terjebak di Septic Tank Saat Hendak Selamatkan Ponsel Jatuh

Departemen mengatakan dalam sebuah posting Facebook bahwa wanita, berusia 40-an, telah menjatuhkan teleponnya ke toilet.

Liputan6.com, Minnesota - Petugas pemadam kebakaran di Washington datang untuk menyelamatkan seorang wanita yang terperangkap di septic tank toilet umum saat mencoba mengambil ponsel miliknya yang terjatuh.

Departemen Pemadam Kebakaran Brinnon mengatakan, kru menanggapi panggilan darurat di toilet umum dekat tempat parkir Mount Walker ketika seorang wanita dilaporkan terperangkap di septic tank toilet umum.

Departemen mengatakan dalam sebuah posting Facebook bahwa wanita, berusia 40-an, telah menjatuhkan teleponnya ke toilet, demikian dikutip dari laman UPI, Rabu (27/4/2022).

Lantaran ingin mengambil handphone tersebut, ia malah jatuh ketika mencoba untuk mengambilnya.

Setelah dia tidak dapat keluar sendiri, akhirnya wanita tersebut menelepon 911 setelah menemukan teleponnya.

Petugas pemadam kebakaran yang terjunkan untuk melakukan penyelamatan akhirnya berhasil mencapai ponsel dan si wanita ke tempat yang aman.

Wanita itu akhirnya dibersihkan dari kotoran yang memenuhi dirinya.

Di tempat kejadian ia juga diberi pakaian pengganti. Petugas pemadam kebakaran mengatakan bahwa dia tidak terluka tetapi mereka merekomendasikan dia melakukan perawatan medis karena bersentuhan dengan kotoran manusia.

Wanita itu langsung ingin pergi dan berterima kasih kepada petugas pemadam kebakaran, melanjutkan perjalanannya ke California, kata departemen itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Panggilan Darurat Lainnya

Selain wanita terjebak di toilet, panggilan darurat lain yang pernah dilakukan terdengar tak biasa.

Polisi di Ohio mengingatkan masyarakat untuk tidak menelepon 911 pada urusan yang tidak terlalu penting, atau tidak berkaitan dengan keamanan.

Pasalnya, ada laporan yang diterima 911 soal perselisihan makanan cepat saji, setelah seorang wanita menggunakan nomor darurat untuk mengeluh tentang pesanan KFC-nya.

Departemen Kepolisian Euclid mengatakan, 911 menerima telepon pada Selasa (22/3) dari seorang wanita yang mengatakan kepada petugas operator bahwa dia tidak menerima cukup ayam di drive-through KFC.

Wanita itu mengatakan, dia telah membayar delapan potong ayam, tetapi hanya menerima empat.

"Saya hanya dapat empat potong ayam dan saya ingin ayam saya," katanya kepada petugas operator.

Petugas operator memberi tahu wanita itu bahwa masalahnya adalah masalah perdata yang harus didiskusikan dengan manajer toko, tetapi dia bersikeras agar petugas dikirim ke tempat kejadian.

3 dari 4 halaman

Imbauan Polisi

Departemen mengatakan, seorang petugas tiba di restoran dan memberi tahu wanita itu bahwa tidak ada yang bisa dia lakukan tentang masalahnya.

Kepala Polisi Euclid Scott Meyer mengatakan, situasi tersebut harus menjadi pengingat bagi publik untuk tidak menggunakan 911 untuk masalah non-darurat.

"Sementara kami di sini untuk melayani masyarakat, perintah tak penting bukanlah urusan polisi," kata Meyer kepada WJW-TV.

Panggilan Darurat 911 Pertama Dilakukan di AS

anggal 16 Februari 1968 merupakan panggilan resmi "911" yang dilakukan pertama kali di Amerika Serikat.

Saat ini, panggilan 911 menjadi tindakan pertama yang bisa dilakukan dalam keadaan darurat oleh hampir semua dari 327 juta orang di Amerika serikat.

Pada saat itu, 911 adalah penemuan yang relatif baru dan masih belum menjadi standar di seluruh Amerika Serikat selama bertahun-tahun hingga akhirnya diadopsi oleh Kongres. Demikian seperti dikutip dari laman History.

Departemen pemadam kebakaran di seluruh negeri merekomendasikan untuk membuat satu nomor sederhana yang dapat dihubungi jika terjadi kebakaran atau keadaan darurat lainnya. 

Sistem serupa telah diterapkan di Inggris Raya beberapa dekade sebelumnya, pada tahun 1936, ketika kode 999 dipilih untuk telegraf darurat dan komunikasi telepon. 

Komisi Komunikasi Federal memutuskan untuk bertindak pada tahun 1967, tetapi nomor itu sendiri bukan berasal dari pemerintah tetapi dari AT&T, perusahaan yang mengendalikan hampir semua saluran telepon di AS melalui layanan jarak jauh dan kepemilikan anak perusahaan Bell Telephone lokal. 

Pada saat itu, AT&T dianggap sebagai "monopoli alami", sebuah monopoli yang dibiarkan ada karena biaya infrastruktur yang tinggi dan hambatan untuk masuk mencegah munculnya penantang. 

4 dari 4 halaman

Panggilan 911 Perdana

Panggilan 911 pertama dilakukan oleh Rep. Rankin Fite, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Alabama, di kota Haleyville, AL pada 16 Februari tahun berikutnya.

Panggilan telepon serupa berlangsung selama bertahun-tahun sebelum sistem itu tersebar luas dan beberapa dekade sebelum akhirnya disamakan.

Baru pada tahun 1973, Gedung Putih mengeluarkan pernyataan resmi yang mendukung 911, dan bahkan itu merupakan saran daripada undang-undang atau perintah eksekutif.

Pada tahun 1987, 50 persen negara telah menggunakan sistem tersebut.

Kanada memilih untuk menggunakan nomor yang sama untuk panggilan daruratnya, dan 98% dari AS dan Kanada sekarang dapat menghubungi layanan darurat dengan menghubungi 911.

999 digunakan di sejumlah bekas koloni Inggris, dan nomor 112 digunakan di Rusia, Brasil, dan negara lain, bahkan terkadang merutekan ke layanan yang sama dengan 911 di AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.