Sukses

Ukraina Rilis Video Terima Kasih, Kok Nama Jepang Tidak Ada?

Apa alasan Ukraina tidak menyebut Jepang yang telah secara terbuka mendukung Ukraina?

Liputan6.com, Tokyo - Relasi Ukraina-Jepang agak sedikit blunder belakangan ini, padahal Jepang mendukung Ukraina melawan invasi Rusia. Salah satu penyebabnya adalah Ukraina tak menyebut nama Jepang di video ucapan terima kasih.

Video itu diposting Ukraina di Twitter dan menyebut nama-nama negara yang memberikan bantuan. Pemerintah Jepang pun bingung kenapa negaranya tak disebut.

Berikut videonya dari Twitter resmi pemerintah Ukraina:

Berdasarkan laporan Kyodo, Rabu (27/4/2022), kabinet pemerintah Jepang ternyata turut mempertanyakan hal tersebut kepada Ukraina. Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi lantas menjelaskan bahwa video itu hanya menulis negara yang memberikan senjata di tengah invasi Rusia.

"Kami mendapat penjelasan dari pihak Ukraina bahwa ucapan terima kasih yang ditunjukkan adalah dalam konteks terima kasih kepada negara-negara yang memberikan bantuan senjata," ujar Menlu Hayashi.

Ia pun menyorot bahwa video itu berasal dari jenderal militer. Pesan di video itu memang diberikan oleh Jenderal Valerii Zaluzhnyi, panglima angkatan bersenjata Ukraina.

Menlu Jepang turut menjelaskan bahwa Ukraina memberikan apresiasi atas bantuan kemanusiaan yang diberikan Jepang. 

Jepang belum mengirimkan senjata berbahaya ke Ukraina, namun ada rencana untuk mengirimkan rompi anti-peluru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Blunder Masalah Hitler

Pemerintah Ukraina juga mengaku menyesal karena telah membandingkan Kaisar Hirohito dengan para fasis seperti Adolf Hitler dan Benito Mussolini. Ketiga orang itu adalah bagian dari kekuatan Axis di Perang Dunia II. 

Foto itu muncul pada sebuah video di Twitter. Ukraina berkata sedang melawan "rusisme" yang merupakan gabungan dari kata Rusia dan fasisme. Pemerintah Jepang secara resmi protes pada video tersebut dan Ukraina minta maaf. 

"Permintaan maaf kami secara tulus karena membuat sebuah kesalahan di versi sebelumnya dari video ini. Kami tidak berniat menyinggung masyarakat bersahabat di Jepang. Pada video baru di atas kami telah mengoreksi kesalahannya," tulis Twitter @Ukraine, dikutip Selasa (26/4). 

Menurut laporan Kyodo, Deputi Kepala Kabinet Yoshihiko Isozaki berkata pemakaian foto Kaisar Hirohito tidaklah tepat. 

"Itu tidak patut dan sangatlah disesalkan," ujarnya. 

Namun, Isozaki berkata foto itu telah diganti. Dukungan Jepang kepada Ukraina terkait Rusia pun masih tidak berubah. 

Sejauh ini, Jepang adalah salah satu negara Asia yang sangat tegas mendukung Ukraina melawan invasi Rusia. Negara itu juga memberikan sanksi kepada Rusia, serta menerima warga Ukraina yang datang ke negaranya. 

Jepang dilaporkan menyediakan utang sebesar US$ 300 juta untuk Ukraina, serta persediaan seperti masker gas. 

Kaisar Hirohito adalah penguasa Jepang ketika Perang Sino-Jepang, pendudukan Indonesia, serta Perang Dunia II. Hirohito menyerah usai AS menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.

3 dari 4 halaman

Negara Barat Gelontorkan Bantuan Senjata untuk Ukraina, Rusia Makin Gerah

Rusia telah memperingatkan ancaman "nyata" pecahnya Perang Dunia III, menjelang pertemuan pada Selasa (26 April) antara Amerika Serikat dan sekutunya mengenai pengiriman senjata lebih lanjut ke Ukraina yang dilanda perang.

Invasi Moskow ke tetangganya telah memicu ledakan dukungan dari negara-negara Barat yang telah melihat senjata dituangkan ke negara itu untuk membantunya berperang melawan pasukan Rusia. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (26/4).

Selama berbulan-bulan, Presiden Volodymyr Zelensky telah meminta sekutu Barat Ukraina untuk senjata berat - termasuk artileri dan jet tempur - bersumpah pasukannya dapat mengubah gelombang perang dengan lebih banyak daya tembak.

Seruan itu tampaknya beresonansi sekarang, dengan sejumlah negara NATO berjanji untuk menyediakan berbagai senjata dan peralatan berat, meskipun ada protes dari Moskow. 

Tetapi kekuatan Barat enggan memperdalam keterlibatan mereka, karena takut memicu konflik melawan Rusia yang bersenjata nuklir.

Berbicara kepada kantor berita Rusia, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov memperingatkan risiko Perang Dunia III "sangat serius" dan mengkritik pendekatan Kiev untuk menggagalkan pembicaraan damai.

"Ini nyata, Anda tidak bisa meremehkannya," kata Lavrov.

Dalam perjalanan penting ke Kiev selama akhir pekan, kepala Pentagon Lloyd Austin dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken bertemu Zelensky dan menjanjikan US$700 juta dalam bentuk bantuan baru ke Ukraina.

"Langkah pertama untuk menang adalah percaya bahwa Anda bisa menang," kata Austin kepada sekelompok wartawan setelah bertemu dengan pemimpin Ukraina itu.

"Kami percaya bahwa kami bisa menang - mereka bisa menang - jika mereka memiliki peralatan yang tepat, dukungan yang tepat."

4 dari 4 halaman

Bantuan Senjata

Atas undangan Amerika Serikat, 40 negara juga akan mengadakan pertemuan puncak keamanan di Jerman pada hari Selasa untuk membahas senjata lebih lanjut ke Ukraina - serta untuk memastikan keamanan jangka panjang negara itu setelah perang berakhir.

Di antara negara-negara yang diundang adalah sekutu Eropa Amerika Serikat, tetapi juga Australia dan Jepang - yang takut bahwa kemenangan Rusia di Ukraina akan menjadi preseden dan mendorong ambisi teritorial China.

Finlandia dan Swedia - negara-negara netral yang secara tradisional telah mempertimbangkan keanggotaan NATO sejak invasi Rusia ke Ukraina - juga ada dalam daftar tamu.

Namun jauh dari hiruk pikuk diplomatik, di garis depan, warga sipil terus tewas dalam pertempuran yang berkecamuk di Ukraina yang dilanda perang.

Sedikitnya lima orang tewas dan 18 lainnya cedera pada Senin setelah serangan roket Rusia menargetkan infrastruktur kereta api di wilayah Vinnytsia, Ukraina tengah.

Kepala Kereta Api Ukraina, Alexander Kamyshin, sebelumnya mengumumkan serangan itu, menuduh tentara Moskow "secara sistematis" menghancurkan infrastruktur kereta api.

Puluhan orang tewas awal bulan ini dalam serangan Rusia di stasiun kereta api yang digunakan untuk evakuasi di kota timur Kramatorsk.

Kota kedua Ukraina, Kharkiv, sebagian tetap dikepung dan pasukan Moskow berkumpul kembali di selatan, tetapi upaya Rusia untuk menerobos menuju Zaporizhzhia di timur gagal, tambah kementerian itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.