Sukses

Para Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat atas Kemenangan Macron dalam Pilpres Prancis

Presiden Emmanuel Macron berhasil memenangkan kepemimpinan periode kedua.

Liputan6.com, Jakarta - Para pemimpin dunia bergegas untuk memberi selamat kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron atas kemenangan pemilihannya atas saingan sayap kanannya, Marine Le Pen. 

Banyak orang di Eropa menggambarkan hasil pemungutan suara sebagai kemenangan bagi Uni Eropa dari Le Pen, seorang politisi yang sangat skeptis, dapat memiliki implikasi besar bagi stabilitas blok tersebut, seperti dikutip dari laman Al Jazeera, Senin (25/4/2022).

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim pesan ucapan selamat kepada Macron, kata kantor berita Rusia mengutip Kremlin. Demikian pula Presiden China Xi Jinping memberi selamat kepada mitranya dari Prancis, dengan mengatakan dia ingin "terus bekerja dengan Presiden Macron untuk menjaga hubungan diplomatik berdasarkan kemerdekaan, saling pengertian, pandangan ke depan dan saling menguntungkan," menurut pembacaan dari penyiar CCTV.

Xi Jinping menambahkan bahwa dia selalu melihat hubungan China-Prancis dari "perspektif strategis dan jangka panjang", dengan mengatakan perkembangan hubungan yang sehat dan stabil semakin penting karena arena global mengalami "perubahan kompleks".

Presiden Dewan Eropa Charles Michel, serta perdana menteri Belgia dan Luksemburg, termasuk di antara yang pertama memberi selamat kepada Macron, diikuti oleh hampir semua dari 27 pemimpin blok itu, setelah kemenangannya atas Marine Le Pen.

"Bravo Emmanuel," tulis Michel di Twitter dalam bahasa Prancis. "Dalam periode yang bergejolak ini, kita membutuhkan Eropa yang solid dan Prancis yang benar-benar berkomitmen untuk Uni Eropa yang lebih berdaulat dan lebih strategis."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Macron Terpilih Kembali

Meskipun jajak pendapat telah memperkirakan Macron memenangkan putaran kedua pemilihan presiden Prancis hari Minggu, pengalaman suara mengejutkan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa dan pemilihan Donald Trump di Amerika Serikat pada tahun 2016 membuat beberapa orang khawatir tentang kemungkinan kegagalan pemilihan.

Le Pen telah lama tergoda dengan gagasan untuk meninggalkan UE, meskipun dia bersikeras selama kampanyenya bahwa dia tidak memiliki "agenda rahasia" kali ini untuk keluar dari Uni Eropa.

Perdana Menteri Italia Mario Draghi mengatakan terpilihnya kembali Macron adalah "berita bagus untuk seluruh Eropa", sementara Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan pemilih Prancis "telah mengirimkan mosi percaya yang kuat di Eropa hari ini".

Para pemimpin Swedia, Rumania, Lituania, Finlandia, Belanda dan Yunani, serta Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, semua bereaksi dalam waktu setengah jam dari pengumuman dengan ucapan selamat mereka.

“Saya berharap untuk melanjutkan kerja sama kami yang luas dan konstruktif di dalam UE dan NATO, dan untuk lebih memperkuat hubungan yang sangat baik antara negara kami,” kata Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.

3 dari 4 halaman

Ucapan Selamat untuk Macron

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mentweet ucapan selamatnya kepada Macron.

“Warga telah memilih Prancis yang berkomitmen pada UE yang bebas, kuat, dan adil. Demokrasi menang. Eropa menang,” tulis Sanchez. “Selamat Emmanuel Macron.”

Sanchez pada hari Kamis menulis opini bersama di harian Prancis Le Monde, dengan Scholz dari Jerman dan Perdana Menteri Portugal Antonio Costa mengkritik Le Pen dan mendesak orang untuk memilih Macron.

 Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, wajah publik Brexit bagi banyak orang Eropa, memuji hasilnya.

Ia juga menjanjikan kerja sama dengan Macron dan mengatakan: "Prancis adalah salah satu sekutu terdekat dan terpenting kami."

Presiden Amerika Serikat Joe Biden juga memuji kemenangan Macron. 

“Prancis adalah sekutu tertua kami dan mitra utama dalam mengatasi tantangan global,” katanya dalam sebuah tweet.

“Saya menantikan kerja sama erat kami yang berkelanjutan – termasuk dalam mendukung Ukraina, membela demokrasi, dan melawan perubahan iklim.”

4 dari 4 halaman

Ucapan dari Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, yang telah berbicara dengan Macron beberapa kali sejak invasi Rusia ke negaranya pada 24 Februari, memberi selamat kepada mitranya dari Prancis melalui telepon.

Di Twitter, Zelenskyy menyebut Macron sebagai "teman sejati Ukraina".

“Saya berharap dia lebih sukses demi rakyat [Prancis]. Saya menghargai dukungannya dan saya yakin bahwa kita bergerak bersama menuju kemenangan bersama yang baru,” tulisnya dalam bahasa Ukraina dan Prancis.

Para pemimpin Australia dan Kanada juga mengucapkan selamat kepada Macron.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan kemenangan Macron adalah “ekspresi hebat dari demokrasi liberal yang beraksi di masa-masa yang tidak pasti” dan mengatakan dia berharap pemimpin Prancis dan negaranya “semoga sukses, khususnya kepemimpinan Anda di Eropa dan sebagai mitra penting Australia di Indo-Pasifik”.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan dia “berharap untuk melanjutkan kerja sama kita dalam isu-isu yang paling penting bagi orang-orang di Kanada dan Prancis – dari membela demokrasi, memerangi perubahan iklim, hingga menciptakan lapangan kerja yang baik dan pertumbuhan ekonomi untuk kelas menengah”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.