Sukses

Beijing Mulai Pengujian Massal Jutaan Warganya Usai Lonjakan Kasus COVID-19

Distrik Chaoyang melaporkan 26 kasus selama akhir pekan - jumlah tertinggi sejauh ini dalam lonjakan terbaru Beijing.

Liputan6.com, Beijing - Ibu kota China, Beijing, telah memulai pengujian massal untuk jutaan penduduk setelah lonjakan kasus COVID-19.

Distrik Chaoyang melaporkan 26 kasus selama akhir pekan - jumlah tertinggi sejauh ini dalam lonjakan terbaru Beijing.

Antrian panjang di luar supermarket dan toko terlihat meskipun pemerintah menjamin pasokan makanan yang cukup, demikian dikutip dari laman BBC, Senin (25/4/2022).

Itu terjadi di tengah kekhawatiran bahwa Beijing dapat menghadapi situasi serupa dengan Shanghai, China yang telah menyebabkan sekitar 25 juta orang mengurung diri di rumah mereka selama berminggu-minggu.

Semua Dagingnya Terjual Habis

Semua 3,5 juta penduduk di distrik Chaoyang terbesar di kota itu akan menjalani tiga putaran pengujian massal, menurut pemberitahuan oleh tim pencegahan penyakit kota.

Berita itu mendorong penduduk untuk bergegas menimbun persediaan bahan penting, dengan gambar yang beredar di media lokal menunjukkan rak supermarket kosong dari barang dan antrian yang mengular di konter check-out.

Supermarket besar Beijing juga memperpanjang jam buka mereka untuk mengakomodasi lonjakan permintaan.

"Saya tidak pernah berpikir akan pergi ke pasar pagi-pagi sekali, ketika saya sampai di sana, semua telur dan udang hilang dan semua dagingnya terjual," kata seorang pengguna Weibo di Shanghai, sebelum menambahkan bahwa mereka hanya berhasil mendapatkan beberapa sayuran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Laporan Pengguna Weibo

Pengguna Weibo lainnya di Shanghai mengatakan: "Melihat orang-orang di Beijing terburu-buru membeli makanan adalah hal yang lucu dan menyedihkan. Seperti melihat kehidupan saya sendiri bulan lalu."

Outlet berita media pemerintah The Global Times mengatakan bahwa perusahaan makanan segar Beijing telah diperintahkan untuk meningkatkan pasokan bahan makanan seperti daging, telur unggas dan sayuran.

Mereka juga mengutip para ahli kesehatan yang mengatakan bahwa hasil pengujian massal akan menunjukkan apakah ada kebutuhan untuk meningkatkan tindakan lebih lanjut, seperti mengunci beberapa daerah.

Secara terpisah, Pang Xinghuo, wakil direktur Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Beijing, mengatakan kepada media pemerintah China Daily bahwa jumlah kasus di Beijing diperkirakan akan meningkat dalam beberapa hari berikutnya.

Wabah terbaru di Shanghai, pertama kali terdeteksi pada akhir Maret, telah mencatat lebih dari 400.000 kasus sejauh ini dan 51 kematian - rekor untuk kota itu.

Beberapa di daerah yang terkunci di Shanghai mengatakan mereka telah berjuang untuk mengakses pasokan makanan, dan terpaksa menunggu pengiriman sayuran, daging, dan telur dari pemerintah.

Barikade hijau juga telah didirikan semalam di beberapa bagian Shanghai tanpa peringatan sebelumnya, yang secara efektif mencegah penduduk meninggalkan rumah mereka.

Berbeda dengan banyak negara lain, China menjalankan strategi zero-Covid dengan tujuan membasmi virus dari negaranya secara tuntas.

Sementara para pejabat berhasil menjaga tingkat infeksi relatif rendah pada awal pandemi, penguncian di kemudian hari telah berhasil untuk menahan varian virus yang lebih baru.

3 dari 4 halaman

Jika Langgar Aturan Lockdown COVID-19, Warga Shanghai Bakal Dihukum

Kota Shanghai di China memberikan peringatan pada Rabu (13/4) bahwa siapa pun yang melanggar aturan lockdown COVID-19 akan ditindak secara ketat.

Sementara, otoritas di Shanghai juga meminta warga mematuhi aturan lockdown saat kasus baru meningkat menjadi lebih dari 25.000.

Departemen kepolisian kota Shanghai menguraikan pembatasan yang dihadapi sebagian besar dari 25 juta penduduk.

Pihaknya juga meminta mereka untuk "memerangi epidemi dengan satu hati dan bekerja sama untuk kemenangan awal", demikian dikutip dari laman Channel News Asia.

"Mereka yang melanggar ketentuan pemberitahuan ini akan ditindak sesuai dengan hukum oleh pihak keamanan publik. Jika itu merupakan kejahatan, mereka akan diselidiki sesuai hukum," kata departemen itu dalam sebuah pernyataan.

Pusat keuangan dan komersial dunia ini berada di bawah tekanan besar untuk mencoba menahan wabah COVID-19 terbesar di China sejak Virus Corona pertama kali ditemukan di kota Wuhan pada akhir 2019.

Polisi Shanghai juga melarang warga berkendara di jalanan selain mereka yang memang harus bekerja.

Mereka juga memperingatkan warga yang semakin frustrasi lantaran dikurung di rumah untuk tetap menahan diri dan tidak menyebarkan informasi palsu atau memalsukan izin keluar rumah.

Shanghai melaporkan 25.141 kasus baru virus corona tanpa gejala pada Selasa (13/4) naik dari 22.348 sehari sebelumnya, dan kasus bergejala juga melonjak menjadi 1.189 dari 994, kata otoritas kota.

Langkah-langkah penanganan COVID-19 di Shanghai menggunakan pendekatan ketat "nol-COVID" yang bertujuan untuk menghilangkan rantai penularan.

4 dari 4 halaman

AS Minta Staf Konsulatnya Pulang

Para analis memperingatkan bahwa tindakan tersebut tidak hanya merugikan pariwisata dan perhotelan tetapi juga berdampak pada rantai pasokan lintas sektor.

Setidaknya 11 perusahaan Taiwan, sebagian besar membuat suku cadang untuk elektronik, mengatakan bahwa mereka menangguhkan produksi karena gangguan dari kontrol COVID-19 China.

Departemen luar negeri Amerika Serikat memerintahkan pekerja pemerintahannya yang non-darurat untuk meninggalkan konsulat di Shanghai karena lonjakan kasus COVID-19 dan langkah-langkah yang diterapkan China untuk mengendalikan virus.

Dilansir laman The Guardian, Selasa (12/4/2022), departemen luar negeri AS sempat mengumumkan bahwa personel non-darurat dapat secara sukarela meninggalkan konsulat pada Jumat 8 April. Namun, kini seruan untuk meninggalkan Shanghai berubah menjadi wajib, bukan secara sukarela lagi.

"Yang terbaik bagi pekerja kami dan keluarga mereka adalah dengan mengurangi jumlah personel dan operasional konsulat diperkecil untuk menghadapi perubahan keadaan di lapangan," kata otoritas departemen luar negeri AS.

China sempat menanggapi dengan marah perintah agar pekerja pemerintah AS untuk meninggalkan Shanghai itu.

Shanghai kini sedang memerangi wabah COVID-19 terburuk di China sejak virus itu pertama kali muncul di Wuhan pada akhir 2019. Salah satu aturan yang paling kontroversial adalah memisahkan anak-anak yang positif COVID-19 dari orangtua mereka. 

Perintah agar pekerja AS meninggalkan Shanghai datang ketika otoritas China mulai melonggarkan lockdown di beberapa wilayah pada Senin, meskipun melaporkan rekor lebih dari 25.000 kasus baru.

Kota terpadat di China itu mengatakan akan mengizinkan apa yang dikatakan pejabat kota Gu Honghui sebagai "kegiatan yang sesuai" di beberapa lingkungan di mana tidak ada kasus positif selama setidaknya dua minggu. Penduduk setempat tidak diizinkan untuk melakukan perjalanan ke wilayah yang masih di bawah lockdown ketat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini