Sukses

Siapa Sangka, Ternyata Ini 6 Manfaat Tidur Tanpa Busana

Tidur tanpa mengenakan pakaian ternyata memiliki sejumlah manfaat.

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang bermimpi memiliki tidur malam yang nyenyak.

Sayangnya, banyak orang kesulitan tidur nyenyak karena berbagai faktor.

Beberapa orang menggunakan obat-obatan atau teknik lain dalam upaya mereka untuk tidur nyenyak. Tapi ada satu hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan kita, yakni tidur tanpa mengenakan busana. 

Dilansir dari laman Bright Side, Minggu (24/4/2022), berikut adalah sejumlah manfaat tidur tanpa mengenaka busana:

1. Tidur Nyenyak Lebih Cepat

Tanpa pakaian untuk menghangatkan Anda, suhu kulit Anda akan lebih cepat dingin. I ni kemudian akan memberi sinyal pada tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk beristirahat.

Menurut para ahli, suhu membuat dampak besar pada kualitas tidur Anda. Jika tubuh Anda mulai kepanasan, Anda bisa menghasilkan keringat malam yang akan membuat Anda sulit tidur. Membiarkan tubuh terbuka akan membantu mengurangi gangguan pada tidur nyenyak Anda.

2. Baik untuk Kesehatan Mental

Para ahli telah menetapkan hubungan antara kurang tidur dan depresi. Tidak cukup tidur dapat membuat kita lebih stres dan cemas, dan berdampak negatif pada kesejahteraan emosional kita. Jika telanjang di tempat tidur membantu kita tertidur lebih cepat dan lebih baik, kesehatan mental kita juga akan berada di tempat yang jauh lebih baik.

3. Memperbaiki Metabolisme

Ada 2 jenis lemak dalam tubuh kita yakni putih dan coklat. Lemak putih adalah lemak yang menumpuk saat kita makan berlebihan, dan menyimpan kalori ekstra di paha, pinggul, dan perut kita.

Sedangkan lemak coklat membantu memecah gula dan lemak putih menjadi energi dan memberikan kehangatan pada tubuh kita. Satu studi juga menemukan bahwa lemak coklat menyaring asam amino dan valin dari darah kita, yang mengurangi risiko obesitas dan diabetes. Suhu yang lebih rendah memicu produksi lemak coklat, jadi jika Anda ingin mengurangi berat badan, cobalah tidur tanpa busana.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Mengurangi Risiko Penyakit

Karena tidur telanjang meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik dan membuat tubuhmu cukup istirahat, ini bisa membantu mengurangi risiko diabetes, yang pada gilirannya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

5. Meningkatkan Kesuburan Pria

Penelitian telah mengaitkan penggunaan pakaian dalam ketat dengan jumlah sperma rendah. Menurut sebuah penelitian, pria yang memakai celana boxer lebih konsentrasi sperma dan jumlah sperma total yang lebih tinggi daripada mereka yang mengenakan pakaian ketat.

Oleh karena itu, tidur telajang memungkinkan testis berada pada suhu optimal.

6. Meningkatkan Kesehatan Vagina

Tidur telanjang adalah cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan vagina dan menghindari infeksi jamur. Vagina memiliki kondisi yang hangat dan lembab, yang memudahkan infeksi ragi berkembang.

Dengan tidur tanpa mengenakan pakaian apa pun, kamu mengurangi infeksi jamur vagina dengan membiarkan sebagian panas dan kelembaban keluar pada malam hari. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.