Sukses

23 April 2001: Sidang Pembunuhan Pacar, Eks Asisten Pribadi Duchess of York Dibui Seumur Hidup

Wanita yang kala itu berusia 34 tahun membantah membunuh pengusaha Thomas Cressman yang berusia 39 tahun, di rumah mereka di Fulham, London Barat, pada September 2000.

Liputan6.com, York - Sejarah mencatatkan nama Jane Andrews, seorang mantan asisten pribadi Duchess of York dari kerajaan Inggris sebagai dalang pembunuhan sang kekasih. Ia diadili dengan tuduhan membunuh pacarnya.

Wanita yang kala itu berusia 34 tahun membantah membunuh pengusaha Thomas Cressman yang berusia 39 tahun, di rumah mereka di Fulham, London Barat, pada September 2000.

Tetapi Bruce Houlder QC, yang melakukan penuntutan, mengatakan kepada juri Old Bailey bahwa dia memukul kepalanya dengan tongkat kriket dan kemudian menikamnya dengan pisau dapur setelah dia menolak untuk menikahinya.

Mengutip BBC on This Day, nona Andrews diketahui bekerja untuk Duchess of York selama sembilan tahun. Dia memiliki profil yang begitu halus tentang dirinya sehingga majikannya menjulukinya "Lady Jane".

Tetapi pada tahun 1997, Duchess of York terpaksa melakukan pemotongan anggaran drastis pada pengeluarannya untuk melunasi tagihan yang mencapai beberapa juta pound sterling. Saat itulah Andrews kehilangan pekerjaannya.

Jaksa menggambarkan ini sebagai pukulan yang menghancurkan bagi Andrews dan menjadi hal menjengkelkan.

Jane Andrews bertemu Thomas Cressman yang kemudian menjadi kekasihnya beberapa waktu setelah itu. Pasangan itu mulai menjalin hubungan. Tapi jaksa menggambarkan Nona Andrews sebagai wanita yang tidak percaya diri, putus asa untuk menikahi Tuan Cressman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konflik Berawal dari Paksaan Menikah

Jaksa penuntut, Houlder mengatakan kekasiha Nona Jane Andrews, Cressman tidak ingin menikah - dia adalah seorang jutawan dan menikmati kehidupan bujangannya.

Bahkan, tambah Holder, dia telah membandingkan Jane Andrews dengan sepasang sandal tua yang tidak bisa dia singkirkan.

Nona Andrews mengklaim bahwa dia bertindak untuk membela diri dan bahwa Tuan Cressman menyerangnya terlebih dahulu.

Tetapi Tuan Holder mengatakan kepada juri, "Ada banyak waktu di sini untuk alasan memasuki situasi.

"Cukup lama baginya untuk mengerem emosinya, bahkan saat dia harus turun ke bawah dan membawa pisau ke kamar tidur."

Pencarian Polisi

Tak lama kemudian, Nona Andrews menghilang. Dia ditemukan oleh polisi di West Country, dekat Plymouth, tergeletak di mobilnya setelah meminum obat penghilang rasa sakit secara overdosis.

Holder mengatakan bahwa meskipun juri "bisa yakin" dia depresi pada saat itu, dia menghubungi teman dan kenalannya di ponselnya, berpura-pura tidak tahu Mr Cressman telah diserang dan meninggal.

Ia kemudian dirawat tiga hari di rumah sakit.

Nona Andrews lalu diberikan ke polisi dan kemudian "mengubah ceritanya lagi", dengan mengatakan dia telah bertindak untuk membela diri.

Sidang pun bersambung.

 

3 dari 4 halaman

Dinyatakan Bersalah dan DIbui Seumur Hidup

Pada akhirnya, Jane Andrews dinyatakan bersalah atas pembunuhan. Dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada 16 Mei 2001.

Dia mengajukan banding atas putusan tersebut, dengan alasan bahwa dia memiliki kemungkinan gangguan kepribadian setelah mengalami pelecehan seksual ketika masih kecil. Namun banding itu ditolak pada September 2003.

Sebuah film dokumenter tentang kasus yang diputar di ITV1 pada saat yang sama juga dikatakan telah membuatnya "dalam keadaan yang mengerikan", menurut pendukungnya, Justice for Women.

Sebulan kemudian, dia ditemukan tidak sadarkan diri di sel penjaranya, karena kemungkinan overdosis obat.

Belakangan diketahui bahwa Duchess of York terlibat dalam perburuan Jane Andrews beberapa hari setelah pembunuhan itu.

Sarah Ferguson dikatakan telah meninggalkan dua pesan suara di ponsel Andrews, mendesaknya untuk menyerahkan diri.

Andrews mengirim SMS balasan yang mengatakan dia tidak tahu mengapa orang mencoba menghubunginya padahal "semuanya baik-baik saja" ketika dia meninggalkan rumah.

Duchess of York juga memberikan keterangan saksi kepada polisi, meski tidak digunakan selama persidangan.

4 dari 4 halaman

23 Juli 1986: Pangeran Andrew Menikahi Sarah Ferguson,

Pangeran Andrew dan Sarah Ferguson menikah di Westminster Abbey pada 23 Juli 1986.

Kala itu ribuan orang berbaris di jalanan Kota London, Inggris dan 500 juta penonton TV di seluruh dunia menyaksikan sekilas arak-arakan tersebut.

Sarah Ferguson tiba di gereja berusia ratusan tahun itu pada pukul 11.30 waktu London, demikian dikutip dari laman BBC, Jumat (23/7/2021).

Ia datang agak terlambat beberapa menit, setelah berkendara dari Clarence House dengan Glass Coach bersama ayahnya, Sir Ronald.

Di dalam gereja, sudah ada 30.000 bunga yang telah siap menyambut pengantin wanita berjalan di lorong gereja berkarpet biru tersebut.

Selain keluarga pengantin, para tamu termasuk 17 anggota keluarga kerajaan asing, Ibu Negara AS Nancy Reagan dan Perdana Menteri Margaret Thatcher turut hadir.

Ratu Elizabeth II menganugerahkan Pangeran Andrew dengan gelar Duke of York - yang terakhir dipegang oleh Raja George VI hanya 90 menit sebelum upacara.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.