Sukses

Fenomena Misterius, Hujan Ikan Tiap Tahun di Honduras Bikin Warga Bingung

Fenomena hujan ikan telah dilaporkan di banyak tempat di seluruh dunia, tetapi di Yoro Honduras adalah satu-satunya tempat di mana hujan aneh dilaporkan terjadi setiap tahun.

Liputan6.com, Yoro - Setiap tahun di Yoro, sebuah kota kecil di Honduras utara, mengalami fenomena misterius yang dikenal sebagai "Lluvia de Peces" atau hujan ikan.

Fenomena hujan ikan telah dilaporkan di banyak tempat di seluruh dunia, tetapi di Yoro Honduras adalah satu-satunya tempat di mana hujan aneh dilaporkan terjadi setiap tahun, terkadang beberapa kali dalam setahun.

Hujan ikan yang sekarang terkenal terjadi antara Mei dan Juni setiap tahun, biasanya datang setelah badai yang sangat kuat menerpa wilayah tersebut, demikian dikutip dari laman Oddity Central, pada Jumat (22/4/2022).

Hal yang paling aneh dari kejadian yang tidak biasa ini adalah, meskipun merupakan peristiwa tahunan, tidak ada yang pernah benar-benar melihat ikan jatuh dari langit.

Namun ada bukti foto dan video dari ratusan ikan yang menutupi seluruh area setelah badai dahsyat, jadi itu pasti tidak dapat diabaikan hanya sebagai legenda sederhana, dan para ilmuwan telah benar-benar menyelidiki fenomena tersebut untuk memberikan penjelasan yang masuk akal.

Ketika berbicara tentang Lluvia de Peces, kebanyakan orang Yoro merujuk pada legenda misionaris Spanyol Pastor Jose Manuel Subirana, yang mengunjungi departemen itu sekitar tahun 1850-an atau 60-an.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mitos

Setelah menyaksikan kemiskinan penduduk setempat secara langsung, ia berdoa selama tiga hari tiga malam, meminta Tuhan untuk menyediakan makanan bagi mereka.

Suatu hari, langit menjadi gelap dan ikan mulai menghujani dari langit, yang dikenal sebagai Lluvia de Peces yang pertama.

Keajaiban itu dilaporkan terjadi setiap tahun sejak itu.

“Ini keajaiban, kami melihatnya sebagai berkah dari Tuhan,” kata seorang penduduk setempat kepada The New York Times.

“Ini adalah rahasia yang hanya diketahui oleh Tuhan kita. Ini adalah berkat besar karena datang dari langit kita,” kata seorang Pendeta Evengelical di departemen Honduras.

Jadi apa yang sebenarnya terjadi selama Lluvia de Peces? Sepertinya tidak ada yang tahu pasti.

Meskipun beberapa penduduk setempat benar-benar percaya bahwa ikan jatuh dari langit, sebagai keajaiban yang telah terjadi selama lebih dari satu setengah abad, tidak ada yang benar-benar melihat hujan secara langsung.

Penjelasan paling umum para penduduk setempat adalah tidak ada yang tahan berada di luar selama badai dahsyat sehingga tak bisa melihat Lluvia de Peces secara langsung.

 

3 dari 4 halaman

Kajian Lain

Pada tahun 1970, sebuah tim ilmuwan kebetulan berada di Yoro ketika Lluvia de Peces tahun itu terjadi, dan meskipun mereka tidak melihat hujan ikan itu sendiri, mereka memastikan bahwa tanah itu dipenuhi ikan.

Namun, satu hal menarik yang mereka perhatikan adalah ikan-ikan itu semuanya bukan dari spesies yang biasa ditemukan di perairan daerah itu.

Penemuan ini membawa mereka ke hipotesis bahwa ikan harus hidup di sungai atau gua bawah tanah. Banjir yang terjadi selama badai besar harus memaksa ikan bawah tanah di atas tanah. Ini adalah teori yang paling banyak dikecualikan, meskipun belum dikonfirmasi.

Teori waterspout, di mana awan seperti corong terbentuk di atas badan air, menyedot air dan ikan dan mengangkutnya ke daratan, juga telah dilontarkan, tetapi tidak mungkin, mengingat Yoro terletak sekitar 72 km dari Samudra Atlantik.

Waterspouts dapat mengangkut ikan ke darat, hanya saja tidak dalam jarak yang begitu jauh.

Terlepas dari teori yang dilontarkan oleh para ilmuwan, untuk saat ini, Lluvia de Peces tetap menjadi misteri yang belum terpecahkan, dan orang-orang Yoro lebih suka seperti itu.

Mereka bisa menjaga keajaiban mereka, dan misteri itu menarik lebih banyak turis dari seluruh dunia setiap tahun.

4 dari 4 halaman

Hujan Ikan di Texas, AS

Warga di Texarkana, Negara Bagian Texas, Amerika Serikat dihebohkan oleh fenomena unik hujan ikan pada akhir tahun 2021.

Kabar ini disampaikan langsung dalam akun Facebook resmi The City of Texarkana, Texas, pada 29 Desember 2021. "Telah terjadi fenomena hujan ikan di Texarkana hari ini. Ini bukan lelucon," tulis akun itu.

Dalam postingan itu, dijelaskan juga bahwa hujan hewan adalah fenomena yang terjadi ketika hewan berukuran kecil yang hidup di air seperti katak, kepiting, dan ikan kecil terbawa angin puting beliung. Pada saat yang sama, hujan turun yang membuat hewan tersebut berjatuhan dari atas. Fenomena ini disebut jarang terjadi di Texarkana.

Dikutip dari People, Senin (3/1/2021), hujan ikan ini diketahui hanya terjadi dalam beberapa menit. Ratusan warga ikut mengomentari postingan Facebook tersebut dengan menceritakan pengalamannya. Mereka juga ikut membagikan foto ikan yang berserakan di halaman rumah hingga atap rumah.

Menurut kesaksian James Audirsch kepada WCIA, yang bekerja sebagai dealer mobil bekas di Texas Timur, dia dan rekannya melihat ikan-ikan jatuh ke tanah setelah mendengar suara guntur yang keras.

"Ada suara guntur yang keras. Ketika kami membuka pintu, saya melihat ke luar dan hujan turun sangat deras disertai ikan yang berjatuhan," kata James.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.