Sukses

Pesawat Bikin Panik dan Evakuasi Penghuni Gedung Capitol, Ketua DPR AS Marah

Pesawat pembawa anggota tim parasut Golden Knights Angkatan Darat AS yang ikut serta dalam perayaan angkatan bersenjata di Nationals Park pada Rabu 20 Maret 2022 malam bikin panik pemicu evakuasi.

Liputan6.com, Washington D.C - Sebuah pesawat pembawa anggota tim parasut Golden Knights Angkatan Darat AS yang ikut serta dalam perayaan angkatan bersenjata di Nationals Park pada Rabu 20 Maret 2022 malam bikin panik.

Mereka memicu alarm dan evakuasi tergesa-gesa dari Gedung Capitol AS - dan kemudian kecaman marah dari Ketua Nancy Pelosi, yang menuduh pejabat penerbangan federal gagal memberi tahu pejabat keamanan kompleks Gedung Capitol tentang sebuah pesawat yang berputar-putar mendekati dengan mengkhawatirkan.

"Kegagalan Administrasi Penerbangan Federal untuk memberi tahu Polisi Capitol AS tentang penerbangan yang direncanakan sebelumnya, Nationals Stadium, sangat keterlaluan dan tidak dapat dimaafkan," kata Pelosi dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari New York Times, Kamis (21/4/2022). 

"Kepanikan yang tidak perlu yang disebabkan oleh kelalaian yang nyata ini sangat berbahaya bagi anggota, staf, dan pekerja institusional yang masih bergulat dengan trauma serangan di tempat kerja mereka pada 6 Januari."

Tak lama setelah 18:30, alarm berbunyni melalui Capitol Hill ketika anggota parlemen dan staf menerima pesan mendesak dari Polisi Capitol AS: "Evakuasi sekarang: intrusi pesawat."

Peringatan itu mengatakan petugas sedang melacak "pesawat yang menimbulkan kemungkinan ancaman ke kompleks Capitol."

Para ajudan panik, dengan marah mengirim SMS untuk mencari tahu apa yang terjadi.

Tetapi kurang dari 20 menit kemudian, anggota parlemen menerima peringatan lanjutan: "Pesawat tidak lagi menjadi ancaman bagi kompleks Capitol dan U.S.C.P. sekarang sedang mempersiapkan bangunan untuk dimasuki kembali."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengingatkan Insiden Massa Donald Trump

Evakuasi panik menunjukkan sejauh mana Capitol tetap gelisah setelah serangan oleh massa pro-Trump pada 6 Januari 2021, menyebabkan lebih dari 150 petugas polisi terluka dan beberapa orang tewas — dan bagaimana komunikasi terputus antara Polisi Capitol dan agen federal lainnya, yang berkontribusi pada kekacauan pada 6 Januari, masih mengawasi departemen tersebut.

Sementara sebagian besar anggota parlemen keluar dari Washington di tengah-tengah reses dua minggu, beberapa anggota staf bekerja di gedung itu.

Polisi Capitol memerintahkan hampir selusin bangunan dibersihkan, termasuk pusat pengunjung, gedung perkantoran dan Perpustakaan Kongres.

Pelosi memuji kepolisian karena memerintahkan evakuasi dan “dengan waspada memantau potensi ancaman pesawat.”

"Petugas kami memastikan keselamatan semua yang bekerja di bangunan ini – dan kami berterima kasih kepada mereka atas layanan teladan mereka," katanya.

Pelosi bersumpah untuk melakukan "peninjauan setelah tindakan menyeluruh yang menentukan apa yang sebenarnya salah hari ini dan siapa di Administrasi Penerbangan Federal yang akan dimintai pertanggungjawaban atas kesalahan yang keterlaluan dan menakutkan ini."

 

3 dari 4 halaman

FAA Meninjau

Federal Aviation Administration (FAA) atau Administrasi Penerbangan Federal mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan meninjau peristiwa itu, menambahkan bahwa "kami tahu tindakan kami memengaruhi orang lain, terutama di wilayah ibu kota negara kami, dan kami harus berkomunikasi lebih awal dan sering dengan mitra penegak hukum kami."

Kelli LeGaspi, juru bicara Komando Perekrutan Angkatan Darat, mengatakan Angkatan Darat sedang meninjau semua aspek acara untuk memastikan semua prosedur diikuti dengan tepat untuk mengoordinasikan penerbangan dan demonstrasi parasut.

Pemberitahuan alarm palsu disambut dengan lega di Capitol Hill, tetapi juga kemarahan dan frustrasi.

"Akan senang jika siapa pun yang bertanggung jawab untuk ini menjelaskan mengapa miskomunikasi terjadi langsung kepada ibu saya, yang mengirim SMS untuk menanyakan apakah saya aman," Aaron Fritschner, wakil kepala staf untuk Perwakilan Donald S. Beyer Jr., Demokrat dari Virginia, tulis di Twitter.

 

4 dari 4 halaman

Polisi Capitol Biasanya Diberitahu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.