Sukses

Sekutu Utama Putin Sebut Rusia Bakal Kuasai Pertahanan Terakhir Ukraina di Mariupol

Sekutu utama Putin mengatakan Rusia akan menguasai Mariupol.

Liputan6.com, Kiev - Sekutu utama Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pasukan Rusia akan merebut benteng pertahanan utama terakhir di kota Mariupol yang terkepung pada Kamis (21 April) setelah Ukraina mengusulkan pembicaraan tentang evakuasi pasukan dan warga sipil di sana.

Mariupol akan menjadi kota terbesar yang akan direbut oleh Rusia sejak menginvasi Ukraina delapan minggu lalu dalam serangan yang memakan waktu lebih lama dari perkiraan beberapa analis militer, terlihat lebih dari lima juta orang melarikan diri ke luar negeri dan mengubah kota tersebut menjadi puing-puing. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (21/4/2022)

 

"Sebelum makan siang, atau setelah makan siang, Azovstal akan sepenuhnya berada di bawah kendali pasukan Federasi Rusia," kata Ramzan Kadyrov, kepala republik Rusia Chechnya, yang pasukannya telah berperang di Ukraina, tentang pabrik baja tersebut.

Kementerian pertahanan Ukraina tidak segera dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Beberapa lusin warga sipil berhasil meninggalkan pelabuhan tenggara yang penting secara strategis pada hari Rabu dengan konvoi bus kecil, menurut saksi mata Reuters, yang melarikan diri dari pertempuran perang yang paling sengit.

Seorang komandan marinir Ukraina, Serhiy Volny, mengatakan para pejuang di pabrik baja mungkin tidak dapat bertahan lebih lama lagi. Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan sekitar 1.000 warga sipil berlindung di sana.

Ukraina siap untuk "putaran negosiasi khusus" tanpa syarat "untuk menyelamatkan orang-orang kami, militer, warga sipil, anak-anak, yang hidup dan yang terluka," kicau negosiator Mykhailo Podolyak.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perlawanan Terhadap Rusia

3 dari 4 halaman

Uji Coba Nuklir

Putin mengatakan uji peluncuran pertama rudal balistik antarbenua Sarmat Rusia pada Rabu, tambahan baru dan telah lama ditunggu-tunggu untuk persenjataan nuklirnya, akan “memberikan bahan pemikiran bagi mereka yang, dalam panasnya retorika agresif yang hiruk pikuk, mencoba mengancam negara kita."

Rusia menyebut serangannya sebagai "operasi militer khusus" untuk demiliterisasi dan "denazifikasi" Ukraina. Kiev dan sekutu Baratnya menolak itu sebagai dalih palsu untuk perang pilihan.

Para menteri keuangan G7 pada pertemuan pada hari Rabu mengatakan Rusia seharusnya tidak lagi berpartisipasi dalam forum internasional, termasuk pertemuan G20, Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia minggu ini.

Pejabat tinggi dari Inggris, Amerika Serikat dan Kanada meninggalkan perwakilan Rusia pada pertemuan Kelompok 20 di Washington, mengungkap perpecahan mendalam di blok ekonomi utama.

Barat telah memberlakukan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Rusia dan Washington melangkah lebih jauh pada hari Rabu, menampar pembatasan pada lusinan orang dan entitas termasuk bank komersial.

4 dari 4 halaman

Mariupol Dikuasai Rusia

Mariupol, yang pernah menjadi kota tepi laut yang makmur berpenduduk 400.000 orang, sekarang menjadi gurun di mana mayat tergeletak di jalan-jalan saat Rusia membanting pabrik baja Azovstal dengan bom penghancur bunker, kata pemerintah di Kiev.

Wakil komandan Resimen Azov di Mariupol, Svyatoslav Kalamar, mengatakan beberapa bunker di bawah pabrik itu masing-masing masih menampung sekitar 80-100 warga sipil.

Asap hitam mengepul dari pabrik pada hari Rabu ketika para pengungsi mengantri untuk naik bus.

Seorang pensiunan bernama Tamara (64) mengatakan dia akan tinggal bersama saudara perempuannya di Zaporizhzhia. Dia pergi bersama suami, putri, menantu dan cucunya.

"Senang ... pergi setelah mimpi buruk ini. Kami tinggal di ruang bawah tanah selama 30 hari," katanya sambil menangis.

Ukraina menuduh pasukan Rusia gagal mematuhi perjanjian gencatan senjata lokal cukup lama untuk memungkinkan sejumlah besar orang pergi. Rusia tidak segera menanggapi tuduhan tersebut.

Moskow membantah menargetkan warga sipil dan menyalahkan Ukraina atas kegagalan upaya sebelumnya untuk mengatur koridor kemanusiaan di luar Mariupol.

Jika Rusia merebut Mariupol, itu akan menghubungkan wilayah yang dikuasai oleh separatis pro-Rusia di timur dengan wilayah Krimea yang dianeksasi Moskow pada 2014.

Moskow terpaksa mundur dari Ukraina utara setelah serangan di Kiev digagalkan bulan lalu, tetapi telah mengerahkan pasukan kembali untuk serangan di timur yang dimulai minggu ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.