Sukses

Rusia Klaim Rudal Balistik Sarmat yang Diuji Coba Terkuat Sedunia

Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia telah melakukan uji coba rudal balistik terbaik di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Rusia mengatakan pada Rabu (20 April) bahwa pihaknya telah melakukan uji peluncuran pertama rudal balistik antarbenua Sarmat, tambahan baru dan telah lama ditunggu-tunggu untuk persenjataan nuklirnya yang menurut Presiden Vladimir Putin akan membuat musuh-musuh Moskow berhenti dan berpikir dua kali.

Putin diperlihatkan di televisi diberitahu oleh militer bahwa rudal telah diluncurkan dari Plesetsk di barat laut negara itu dan mengenai sasaran di semenanjung Kamchatka di timur jauh. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (21/4/2022).

Sarmat telah dikembangkan selama bertahun-tahun sehingga peluncuran uji cobanya tidak mengejutkan bagi Barat, tetapi ia datang pada saat ketegangan geopolitik ekstrem atas perang di Ukraina.

"Kompleks baru ini memiliki karakteristik taktis dan teknis tertinggi dan mampu mengatasi semua sarana pertahanan anti-rudal modern. Kompleks ini tidak memiliki analog (bandingan) di dunia dan tidak akan bisa dimiliki dalam waktu lama," kata Putin.

“Senjata yang benar-benar unik ini akan memperkuat potensi tempur angkatan bersenjata kita, memastikan keamanan Rusia dari ancaman eksternal dan menyediakan bahan pemikiran bagi mereka yang, dalam panasnya retorika agresif yang hiruk pikuk, mencoba mengancam negara kita.”

Meluncurkan invasi pada 24 Februari, Putin mengacu pada kekuatan nuklir Rusia dan memperingatkan Barat bahwa setiap upaya untuk menghalanginya "akan membawa Anda pada konsekuensi yang belum pernah Anda temui dalam sejarah Anda".

Pasukan nuklir Rusia akan mulai menerima pengiriman rudal baru "pada musim gugur tahun ini" setelah pengujian selesai, kata Dmitry Rogozin, kepala badan antariksa Roscosmos, seperti dikutip Tass, Rabu.

Douglas Barrie, rekan senior untuk kedirgantaraan militer di Institut Internasional untuk Studi Strategis, mengatakan peluncuran itu merupakan tonggak penting setelah bertahun-tahun tertunda karena masalah pendanaan dan tantangan desain.

Dia mengatakan lebih banyak tes akan diperlukan sebelum Rusia benar-benar dapat menempatkannya sebagai pengganti rudal SS-18 dan SS-19 yang sudah tua yang "sudah melewati tanggal penjualan".

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pencapaian Rusia

Barrie mengatakan kemampuan Sarmat untuk membawa 10 atau lebih hulu ledak dan umpan, dan opsi Rusia untuk menembakkannya di atas salah satu kutub Bumi, menimbulkan tantangan bagi sistem radar dan pelacakan berbasis darat dan satelit.

Jack Watling dari think-tank RUSI di London mengatakan ada unsur sikap dan simbolisme yang terlibat, delapan minggu memasuki perang di Ukraina dan kurang dari tiga minggu sebelum parade Hari Kemenangan tahunan di mana Rusia memamerkan senjata terbarunya.

"Waktu pengujian mencerminkan keinginan Rusia untuk menunjukkan sesuatu sebagai pencapaian teknologi menjelang Hari Kemenangan, pada saat banyak teknologi mereka belum memberikan hasil yang mereka inginkan," katanya. .

Beberapa hari kemudian, dia memerintahkan pasukan nuklir Rusia untuk waspada.

"Prospek konflik nuklir, yang dulu tidak terpikirkan, sekarang kembali ke ranah kemungkinan," kata Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres bulan lalu.

3 dari 4 halaman

Beri Sinyal ke Barat

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan Sarmat ditembakkan dari peluncur silo pada 1512 waktu Moskow dan hulu ledak pelatihan mencapai jangkauan uji di Kamchatka, hampir 6.000 km jauhnya di Pasifik.

Igor Korotchenko, pemimpin redaksi majalah Pertahanan Nasional Rusia, mengatakan kepada kantor berita RIA bahwa itu adalah sinyal ke Barat bahwa Moskow mampu melakukan "pembalasan yang menghancurkan yang akan mengakhiri sejarah negara mana pun yang telah melanggar batas keamanan. Rusia dan rakyatnya". 

Uji peluncuran rudal Sarmat dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan antara Moskow dan Barat atas aksi militer Rusia di Ukraina dan menggarisbawahi penekanan Kremlin pada kekuatan nuklir negara itu.

4 dari 4 halaman

Pujian Putin

Berbicara kepada pejabat senior, Putin memuji peluncuran Sarmat, mengklaim bahwa rudal baru tidak memiliki analog asing dan mampu menembus pertahanan rudal prospektif.

"Senjata yang benar-benar unik ini akan memperkuat potensi tempur angkatan bersenjata kita, memastikan keamanan Rusia dari ancaman eksternal dan membuat mereka, yang dalam retorika agresif yang panik mencoba mengancam negara kita, berpikir dua kali," kata Putin.

Di tengah sanksi baru Barat yang melarang ekspor produk teknologi tinggi ke Rusia dan secara khusus menargetkan industri senjatanya sebagai tanggapan atas tindakan Moskow di Ukraina, Putin menekankan bahwa Sarmat dibuat secara eksklusif dari komponen dalam negeri.

"Tentu saja, ini akan menyederhanakan produksi serial sistem oleh perusahaan-perusahaan di sektor industri militer dan mempercepat pengirimannya ke Pasukan Rudal Strategis," tambahnya.

Sarmat adalah rudal berat yang telah dikembangkan selama beberapa tahun untuk menggantikan Voyevoda buatan Soviet, yang diberi kode Satan (Setan) oleh Barat dan merupakan inti dari penangkal nuklir Rusia.

"Sarmat adalah rudal paling kuat yang memiliki jangkauan tertinggi di dunia, dan itu akan secara signifikan meningkatkan kemampuan kekuatan nuklir strategis negara itu," kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.