Sukses

Rusia Luncurkan Rudal Balistik Antarbenua Baru, Musuh Putin Bakal Pikir 2 Kali

Militer Rusia mengatakan pada Rabu 20 April 2022 bahwa pihaknya berhasil melakukan uji coba pertama rudal balistik antarbenua baru.

Liputan6.com, Moskow - Militer Rusia mengatakan pada Rabu 20 April 2022 bahwa pihaknya berhasil melakukan uji coba pertama intercontinental ballistic missile (ICBM) atau rudal balistik antarbenua baru, senjata yang menurut Presiden Vladimir Putin akan membuat Barat "berpikir dua kali" sebelum menyembunyikan niat agresif apa pun terhadap Moskow.

Mengutip Associated Press, Kamis (21/4/2022), uji peluncuran rudal Sarmat dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan antara Moskow dan Barat atas aksi militer Rusia di Ukraina dan menggarisbawahi penekanan Kremlin pada kekuatan nuklir negara itu.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan Sarmat ICBM diluncurkan Rabu dari fasilitas peluncuran Plesetsk di Rusia utara, dan hulu ledak latihannya telah berhasil mencapai target tiruan di lapangan tembak Kura di timur jauh Semenanjung Kamchatka.

Dikatakan peluncuran itu sepenuhnya berhasil, membuktikan karakteristik rudal "dalam semua fase penerbangannya."

Laporan Al Jazeera menyebut, Vladimir Putin diberitahu oleh militer bahwa rudal telah diluncurkan dari Plesetsk di barat laut Rusia dan mengenai sasaran di semenanjung Kamchatka di timur jauh pada hari Rabu.

"Saya mengucapkan selamat kepada Anda atas keberhasilan peluncuran rudal balistik antarbenua Sarmat," kata Putin kepada tentara dalam sambutan yang disiarkan televisi.

“Senjata yang benar-benar unik ini akan memperkuat potensi tempur angkatan bersenjata kita, memastikan keamanan Rusia dari ancaman eksternal, dan membuat mereka yang – dalam panasnya retorika agresif – mencoba mengancam negara kita berpikir dua kali."

Telah Diketahui AS

Sekretaris pers Pentagon John Kirby mengatakan bahwa Rusia telah memberi AS pemberitahuan sebelumnya tentang peluncuran tersebut, sejalan dengan perjanjian pengendalian senjata nuklir New START antara Moskow dan Washington.

"Rusia dengan benar memberi tahu Amerika Serikat di bawah kewajiban New START bahwa mereka berencana untuk menguji ICBM ini," kata Kirby. "Pengujian seperti itu rutin. Itu tidak mengejutkan. Kami tidak menganggap tes itu sebagai ancaman bagi Amerika Serikat atau sekutunya."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pujian Putin Pada Sarmat

Berbicara kepada pejabat senior, Putin memuji peluncuran Sarmat, mengklaim bahwa rudal baru tidak memiliki analog (bandingan) asing dan mampu menembus pertahanan rudal prospektif.

"Senjata yang benar-benar unik ini akan memperkuat potensi tempur angkatan bersenjata kita, memastikan keamanan Rusia dari ancaman eksternal dan membuat mereka, yang dalam retorika agresif yang panik mencoba mengancam negara kita, berpikir dua kali," kata Putin.

Di tengah sanksi baru Barat yang melarang ekspor produk teknologi tinggi ke Rusia dan secara khusus menargetkan industri senjatanya sebagai tanggapan atas tindakan Moskow di Ukraina, Putin menekankan bahwa Sarmat dibuat secara eksklusif dari komponen dalam negeri.

"Tentu saja, ini akan menyederhanakan produksi serial sistem oleh perusahaan-perusahaan di sektor industri militer dan mempercepat pengirimannya ke Pasukan Rudal Strategis," tambahnya.

Sesuatu untuk Ditunjukkan

Jack Watling dari think-tank RUSI di London mengatakan ada unsur sikap dan simbolisme yang terlibat dalam peluncuran rudal terbaru Rusia, delapan minggu memasuki perang di Ukraina dan kurang dari tiga minggu sebelum parade Victory Day (Hari Kemenangan) tahunan di mana Rusia memamerkan senjata terbarunya.

"Waktu pengujian mencerminkan keinginan Rusia untuk menunjukkan sesuatu sebagai pencapaian teknologi menjelang Hari Kemenangan, pada saat banyak teknologi mereka belum memberikan hasil yang mereka inginkan di Ukraina," dia berkata.

Ditanya tentang komentar Putin, seorang pejabat senior pertahanan AS menyebut mereka tidak bertanggung jawab.

"Kami menemukan retorika itu tidak membantu, mengingat konteks saat ini, dan tentu saja itu bukan hal yang kami harapkan dari tenaga nuklir yang bertanggung jawab, terutama di lingkungan saat ini," kata pejabat yang tidak mau disebutkan namanya itu. .

Pentagon mengatakan pada 2 Maret bahwa pihaknya menunda uji coba ICBM Minuteman III miliknya sendiri untuk menghindari meningkatnya ketegangan atas invasi Rusia ke Ukraina.

Douglas Barrie, rekan senior untuk kedirgantaraan militer di Institut Internasional untuk Studi Strategis, mengatakan peluncuran itu merupakan tonggak penting setelah bertahun-tahun tertunda karena masalah pendanaan dan tantangan desain.

Barrie mengatakan lebih banyak tes akan diperlukan sebelum Rusia benar-benar dapat menempatkannya sebagai pengganti rudal SS-18 dan SS-19 yang sudah tua yang “melewati tanggal penjualan”.

Barrie mengatakan kemampuan Sarmat untuk membawa 10 atau lebih hulu ledak dan umpan, dan opsi Rusia untuk menembakkannya di atas salah satu kutub Bumi, menimbulkan tantangan bagi sistem radar dan pelacakan berbasis darat dan satelit.

3 dari 4 halaman

Sekilas Soal Rudal Sarmat Rusia

Sarmat adalah rudal berat yang telah dikembangkan selama beberapa tahun untuk menggantikan Voyevoda buatan Soviet, yang diberi kode Satan (Setan) oleh Barat dan merupakan inti dari penangkal nuklir Rusia.

"Sarmat adalah rudal paling kuat yang memiliki jangkauan tertinggi di dunia, dan itu akan secara signifikan meningkatkan kemampuan kekuatan nuklir strategis negara itu," kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan.

Kementerian tersebut mengatakan Sarmat mampu membawa kendaraan luncur hipersonik bersama dengan jenis hulu ledak lainnya. Militer Rusia sebelumnya mengatakan bahwa kendaraan hipersonik Avangard dapat dipasang ke rudal baru.

Pihak militer mengatakan bahwa Avangard mampu terbang 27 kali lebih cepat dari kecepatan suara dan membuat manuver tajam dalam perjalanannya ke sasaran untuk menghindari perisai rudal musuh. Unit ini telah dipasang ke rudal balistik antarbenua buatan Soviet, bukan hulu ledak tipe lama, dan unit pertama yang dipersenjatai dengan Avangard mulai bertugas pada Desember 2019.

Dmitry Rogozin, kepala badan Roscosmos negara bagian yang mengawasi pembangunan pabrik rudal Sarmat, menggambarkan uji coba hari Rabu sebagai "hadiah untuk NATO" dalam sebuah komentar di saluran aplikasi perpesanannya.

Rogozin mengatakan Sarmat akan ditugaskan oleh militer musim gugur ini setelah selesainya uji coba, menyebutnya sebagai “senjata super.”

4 dari 4 halaman

Telah Lama Dikembangkan Rusia

Sarmat adalah ICBM berat baru yang diperkirakan akan dikerahkan Rusia dengan 10 atau lebih hulu ledak pada setiap rudal, menurut Layanan Penelitian Kongres Amerika Serikat.

Itu telah dikembangkan selama bertahun-tahun dan peluncuran uji cobanya tidak mengejutkan bagi Barat, tetapi itu terjadi pada saat ketegangan geopolitik ekstrem atas perang Rusia di Ukraina.

"[Rudal] baru memiliki karakteristik taktis dan teknis tertinggi dan mampu mengatasi semua sarana pertahanan anti-rudal modern. Itu tidak memiliki analog di dunia dan tidak akan lama lagi," kata Putin seperti dikutip dari Al Jazeera.

Kepala badan antariksa negara Rusia menyebut peluncuran di Rusia utara sebagai "hadiah untuk NATO".

Igor Korotchenko, pemimpin redaksi majalah Pertahanan Nasional Rusia, mengatakan kepada kantor berita RIA bahwa itu adalah sinyal ke Barat bahwa Moskow mampu melakukan “pembalasan yang menghancurkan yang akan mengakhiri sejarah negara mana pun yang telah melanggar batas. keamanan Rusia dan rakyatnya”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.