Sukses

Ukraina Dikabarkan Serang Desa Dekat Perbatasan Rusia, 1 Orang Terluka

Pasukan Ukraina dikabarkan telah menyerang sebuah desa di dekat perbatasan Rusia dengan Ukraina, melukai seorang penduduk, kata gubernur Provinsi Belgorod di Rusia, Selasa (19/4/2022).

Liputan6.com, Kiev - Pasukan Ukraina dikabarkan telah menyerang sebuah desa di dekat perbatasan Rusia dengan Ukraina, melukai seorang penduduk, kata gubernur Provinsi Belgorod di Rusia, Selasa (19/4/2022).

Mengutip Independent.co.uk, sejauh ini belum diketahui pasti apakah serangan di Desa Golovchino yang diposting oleh Gubernur Vyacheslav Gladkov di aplikasi perpesanan Telegram dilakukan oleh artileri, mortir, rudal atau serangan udara.

Laporan US News menyebut, bulan ini Rusia menuduh Ukraina, yang diserbunya pada akhir Februari, melakukan serangan helikopter di depot bahan bakar di Belgorod, serta menembaki desa-desa di sana beberapa kali, dan menembakkan rudal ke depot amunisi.

Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai "operasi militer khusus".

Sementara itu, sebelumnya Ukraina mengatakan Rusia telah memulai serangan baru yang diantisipasi di wilayah timur negara itu, dengan ledakan dilaporkan di sepanjang garis depan serta serangan di wilayah lain.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Rusia telah memulai "Pertempuran Donbas" di timur pada Senin (18 April) dan "sebagian besar dari seluruh tentara Rusia sekarang fokus pada serangan ini".

“Tidak peduli berapa banyak pasukan Rusia yang mereka kirim ke sana, kami akan berjuang. Kami akan membela diri,” katanya sambil bersumpah dalam sebuah pidato video.

Kepala staf Zelensky, Andriy Yermak, menyebutnya "fase kedua perang" dan meyakinkan Ukraina bahwa pasukan mereka dapat menahan serangan. 

"Percayalah pada tentara kami, itu sangat kuat," katanya.

Media Ukraina melaporkan serangkaian ledakan, beberapa di antaranya merupakan serangan kuat, di sepanjang garis depan di wilayah Donetsk, dengan penembakan terjadi di Marinka, Slavyansk dan Kramatorsk. 

Pejabat lokal Ukraina dan media lokal juga mengatakan ledakan terdengar di Kharkiv di timur laut Ukraina, Mykolaiv di selatan dan Zaporizhzhia di tenggara.

Reuters tidak segera dapat memverifikasi laporan terkini soal perang Rusia Ukraina tersebut.

Pejabat tinggi keamanan Ukraina, Oleksiy Danilov, mengatakan pasukan Rusia berusaha menerobos pertahanan Ukraina "di hampir seluruh garis depan wilayah Donetsk, Luhansk dan Kharkiv" pada Senin pagi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fokus Pasukan Rusia

Didorong kembali oleh perlawanan Ukraina di utara, Moskow telah memfokuskan kembali serangan daratnya di dua provinsi timur yang dikenal sebagai Donbas, sambil meluncurkan serangan jarak jauh ke target lain termasuk ibu kota, Kiev.

Donbas telah menjadi titik fokus kampanye Rusia untuk mengacaukan Ukraina, dimulai pada tahun 2014 ketika Kremlin menggunakan proxy untuk mendirikan dua "republik rakyat" separatis di negara bekas Soviet. Ini juga merupakan rumah bagi banyak kekayaan industri Ukraina, termasuk batu bara dan baja.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan telah mencapai ratusan sasaran militer di Ukraina semalam. 

3 dari 4 halaman

Agresi Tanpa Alasan

Ibu kota Barat dan Kiev menuduh Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan agresi tanpa alasan, dan Gedung Putih mengatakan Presiden AS Joe Biden akan mengadakan panggilan dengan sekutu pada hari Selasa untuk membahas krisis Ukraina, termasuk tentang bagaimana berkoordinasi untuk meminta pertanggungjawaban Rusia.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan dialognya dengan Putin terhenti setelah pembunuhan massal ditemukan di Ukraina.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan pada hari Senin jumlah korban sipil perang telah melampaui 2.000, mencapai 2.072 pada tengah malam pada 17 April dari awal invasi Rusia pada 24 Februari.

Sejak awal invasi, sekitar 4 juta orang Ukraina telah meninggalkan negara itu.

Rusia membantah menargetkan warga sipil dalam apa yang disebutnya operasi khusus untuk mendemilitarisasi Ukraina dan membasmi nasionalis berbahaya. Ia menolak apa yang dikatakan Kiev sebagai bukti kekejaman, dengan mengatakan Ukraina telah mengaturnya untuk merusak pembicaraan damai. 

4 dari 4 halaman

Rusia Serang Kota Lviv Ukraina Hantam Bengkel Ban, 6 Orang Tewas

Sebelumnya serangan rudal Rusia menghantam Kota Lviv di Ukraina, menghantam fasilitas perbaikan ban, menghancurkan atau merusak 40 mobil, Wali Kota Andriy Sadovyi mengatakan Senin (18/4/2022) di Telegram seperti dikutip dari CNN.

Mengutip informasi awal kabar perang Rusia Ukraina terkini itu, Sadovyi mengatakan enam orang tewas dan 11 terluka, termasuk satu anak, dalam sejumlah serangan di kota itu.

"Gelombang ledakan itu menghancurkan jendela-jendela di sebuah hotel terdekat di mana pengungsi internal Ukraina yang dievakuasi dari pertempuran ditempatkan," kata Sadovyi.

Menurut Maksym Kozytskyy, kepala administrasi militer regional Lviv, jumlah korban sama yakni enam orang tewas. Namun yang terluka delapan, termasuk satu anak, dalam serangan rudal Rusia di Kota Lviv, Ukraina barat pada Senin.

"Menurut informasi dari Air Operations Command West, empat serangan rudal di Lviv terjadi hari ini," kata Kozytskyy di Telegram.

"Tiga diarahkan ke infrastruktur militer. Satu menabrak bengkel ban."

Kebakaran telah terjadi dan upaya pemadaman kebakaran sedang berlangsung, kata Kozytskyy, menambahkan bahwa rincian masih dikumpulkan.

Wali Kota Andrii Sadovyi sebelumnya mengatakan ada lima serangan rudal di kota dan tim CNN mendengar lima ledakan.

Laporan BBC menyebut, jendela pecah di hotel pengungsi setelah serangan Rusia itu.

Wali Kota Lviv, Andriy Sadovyi, mengatakan serangan rudal Rusia di kota itu pagi ini menghancurkan jendela hotel terdekat tempat tinggal warga Ukraina yang telah dievakuasi dari daerah konflik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.