Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Prefektur Fukushima di Jepang

Oleh Benedikta Miranti T.V pada 19 Apr 2022, 10:19 WIB
Diperbarui 19 Apr 2022, 10:50 WIB
Gempa Bumi
Perbesar
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Liputan6.com, Tokyo - Gempa bumi dengan kekuatan awal 5,3 melanda Jepang timur laut pada Selasa (19 April), kata penyiar nasional NHK.

Menurut laporan Channel News Asia, Selasa (19/4/2022),  pusat gempa berada di Prefektur Fukushima, kata NHK. Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Tidak ada laporan kerusakan segera.

Sebulan yang lalu, gempa terjadi di Fukushima, Jepang tepatnya pada Rabu 16 Maret pukul 23.36 waktu setempat. Kekuatan gempa dilaporkan mencapai magnitudo 7,3. 

Menurut laporan Kyodo, gempa itu berpotensi terjadinya tsunami. Gelombang setinggi satu meter sudah dilaporkan terlihat di dua prefektur. Warga diminta menjauhi pantai.

Gempa Jepang ini terjadi jelang tengah malam. Fasilitas nuklir juga sudah diperiksa dan fasilitas nuklir seperti Daiichi, Daini, dan Kashiwazaki-Kariwa sejauh ini dilaporkan aman. 

Fukushima berada di timur laut Jepang. Banyak orang yang dilaporkan dilarikan ke rumah sakit akibat gempa ini, namun jumlah pasti korban belum diketahui.

Gempa dilaporkan terasa di Jepang bagian timur, pusat, dan barat. 

Ibu kota Tokyo juga turut merasakan getaran. Beberapa video viral beredar di Twitter yang menampilkan situasi kota saat gempa terjadi. 

Sejumlah daerah di Tokyo dilaporkan kehilangan akses listrik. Sementara, Bandara Haneda dan Narita dilaporkan tidak terdampak gempa. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Gempa Jepang Magnitudo 7,3 Picu Peringatan Tsunami, Listrik 2 Juta Rumah Putus

Gempa Indonesia
Perbesar
Ilustrasi gempa. (Liputan6.com)

Gempa berkekuatan magnitudo 7,3 mengguncang Jepang timur pada Rabu 16 Maret 2022 malam, mengguncang ibu kota Tokyo dan memicu peringatan tsunami untuk beberapa bagian pantai timur laut, kata Badan Meteorologi Jepang.

Gempa itu berpusat di lepas pantai wilayah Fukushima pada kedalaman 60 kilometer (37 mil).

Tak lama setelah gempa Jepang pada 11:36 (1436 GMT) peringatan gelombang tsunami satu meter dikeluarkan untuk bagian pantai.

Mengutip NDTV, Rabu (16/3/2022), sejauh ini tidak ada laporan segera tentang kerusakan atau cedera, tetapi setidaknya dua juta rumah tangga terputus aliran listrik, termasuk 700.000 di Tokyo, kata penyedia listrik TEPCO.

"Di wilayah timur laut, 156.000 rumah tangga terputus aliran listrik," kata perusahaan energi regional Tohoku Electric Power.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintah sedang mengumpulkan informasi tentang situasi tersebut. "Kami akan berkomitmen untuk mengumpulkan informasi, melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan mereka yang terkena dampak (gempa) dan mengkomunikasikan informasi dengan tepat," katanya.

TEPCO juga mengatakan dalam sebuah twit bahwa mereka sedang memeriksa operasi di pembangkit nuklir Fukushima yang mengalami kehancuran 11 tahun lalu setelah gempa besar berkekuatan magnitudo 9,0 melanda lepas pantai timur pada 11 Maret 2011, memicu tsunami dan bencana nuklir.

Otoritas regulasi nuklir mengatakan tidak ada kelainan yang terdeteksi di pembangkit nuklir Onagawa di timur laut prefektur Miyagi.

Sementara itu, perusahaan kereta api regional JR East mengatakan mengalami gangguan signifikan pada operasinya.


Gempa Magnitudo 7,3 Jepang Picu Kereta Shinkansen Tergelincir

Ilustrasi gempa bumi
Perbesar
Ilustrasi gempa bumi (Photo: AFP/Frederick Florin)

Kereta peluru Shinkansen Tohoku yang beroperasi di Prefektur Miyagi tergelincir akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,4 --sebelumnya 7,3-- melanda lepas pantai timur laut Jepang pada Rabu 16 Maret 2022 malam waktu setempat.

Laporan NHK yang dikutip Kamis (17/3/2022) menyebut bahwa kereta peluru, Yamabiko 223 menuju Sendai dari Tokyo, keluar dari rel antara stasiun Fukushima dan Shiroishizao.

East Japan Railway mengatakan rem darurat diterapkan saat gempa terdeteksi ketika kereta shinkansen berjalan, tetapi 16 dari 17 gerbong tergelincir.

Perusahaan kereta cepat Jepang tersebut mengatakan tidak ada dari 75 penumpang dan tiga anggota awak yang terluka. Mereka terjebak di dalam kereta selama sekitar empat jam setelah insiden tergelincir menyebabkan pemadaman listrik. Mereka turun dari kereta dan dievakuasi dari pintu darurat di sepanjang jalur.

JR East mengatakan akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memeriksa fasilitas dan memeriksa tingkat kerusakan sebelum dapat melanjutkan layanan Tohoku Shinkansen antara stasiun Nasushiobara dan Morioka.


Kemlu RI: Tak Ada WNI Korban Tewas Gempa Jepang yang Sempat Picu Tsunami

[Fimela] Ilustrasi gempa
Perbesar
ilustrasi gempa | pixabay.com

Rabu 16 Maret 2022 malam timur laut Jepang dilanda gempa dengan kekuatan magnitudo 7,4 -- sebelumnya 7,3. KBRI Tokyo dan KJRI Osaka bergerak cepat memantau kondisi WNI yang terdampak.

Magnitudo gempa Jepang itu awalnya diumumkan sebagai 7,3 tetapi kemudian diperbarui menjadi 7,4.

"KBRI telah melakukan komunikasi dengan simpul2-simpul masyarakat di wilayah terdampak dan belum terdapat adanya WNI yang terluka atau terdampak gempa. Hanya beberapa yang terdampak pemadaman listrik," ujar Joedha Nugraha, Dirjen PWNI dan BHI Kemlu RI dalam pesan tertulisnya, Kamis (17/3/2022).

Menurut informasi Joedha, berdasarkan data KBRI Tokyo, total jumlah WNI di Jepang sekitar 67 ribu WNI.

"Sedangkan jumlah WNI yang tercatat bertempat tinggal di sekitar episentrum gempa (pantai Barat Jepang) adalah 984 WNI di Miyagi, dan 540 WNI di Fukushima," paparnya.

WNI diimbau menghubungi hotline KBRI Tokyo +81 80-3506-8612 dan KJRI Osaka +81 80-3113-1003 jika membutuhkan bantuan.

Dari data tersebut diketahui bahwa gempa pada 16 Maret 2022 pukul 23.36 JST dengan skala 7,4 M atau berdasarkan skala shindo (maks 7) mencapai skala 6+ di beberapa titik gempa. Di Tokyo gempa terasa dengan skala 3-4 shindo.

Gempa berpusat di pesisir Prefektur Fukushima dengan kedalaman sekitar 60 km.

Infografis Rentetan Gempa di Cincin Api Pasifik
Perbesar
Infografis Rentetan Gempa di Cincin Api Pasifik. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya