Sukses

Kasus COVID-19 Hari Ini di Dunia 504,7 Juta, Indonesia Tembus 6 Juta

Kasus COVID-19 secara global hari ini melampaui angka 500 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus COVID-19 di dunia saat ini sudah mencapai 504,793,802 kasus dengan 6,223,262 kematian. Sementara itu, menurut data dari Worldometers, Senin (18/4/2022), kasus COVID-19 yang telah sembuh sebanyak 455,754,903. 

Dari jumlah kasus tersebut, negara yang mencatat kasus paling banyak adalah Amerika Serikat (82,316,348 kasus) yang kemudian disusul India (43,044,280 kasus) dan Brasil (30,252,618 kasus).

Di Asia, India, Korea Selatan (16,353,495 kasus) dan Turki (14,994,937 kasus) mencatat kasus paling banyak. 

Indonesia kini telah mencatat 6,039,873 kasus COVID-19 dengan 155,866 kematian. Angka tersebut menempatkan Indonesia berada di posisi ketujuh di Asia dan ke-18 di dunia. 

China juga kini tengah mengalami lonjakan kasus COVID-19, dengan beberapa wilayah terpaksa masih menerapkan lockdown ketat.

Bahkan, Shanghai pada Senin 18 April 2022 mengatakan tiga orang telah meninggal karena COVID-19, pengumuman resmi pertama kematian akibat wabah yang telah menjerumuskan kota besar itu ke dalam lockdown selama berminggu-minggu, memicu kemarahan yang meluas dan protes yang jarang terjadi.

Sejak Maret, tambal sulam pembatasan telah membuat sebagian besar dari 25 juta penduduk kota Shanghai terkurung di rumah atau kompleks mereka, dengan beban kasus harian COVID-19 secara teratur merayap lebih dari 25.000.

Pada Senin 18 April. seperti diberitakan AFP, pejabat kota Shanghai mengungkapkan kematian pertama - semua orang tua atau lanjut usia dengan kondisi yang mendasarinya.

"Mereka memburuk menjadi kasus yang parah setelah pergi ke rumah sakit, dan meninggal setelah semua upaya untuk menghidupkan kembali mereka terbukti tidak efektif," kata kota itu di akun media sosial resmi.

Pernyataan itu mengatakan dua dari korban tewas adalah wanita berusia 89 dan 91 tahun, sedangkan yang ketiga adalah pria berusia 91 tahun.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kasus Baru di China

Wilayah Shanghai di China mencatat 22.248 kasus domestik baru pada hari Senin, menurut komisi kesehatan kota.

Meskipun relatif rendah dibandingkan dengan wabah global lainnya, angka tersebut memperpanjang pola beberapa minggu terakhir yang telah melihat kota mencatat puluhan ribu kasus harian COVID-19, yang sebagian besar tidak menunjukkan gejala.

Sebagai tanggapan, pihak berwenang telah menggandakan pendekatan lama tanpa toleransi Beijing terhadap Virus Corona COVID-19, bersumpah untuk bertahan dengan pembatasan pergerakan yang berat dan mengisolasi siapa pun yang dites positif - bahkan jika mereka tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit.

Penduduk di Shanghai - salah satu kota terkaya dan paling kosmopolitan di China - telah menderita di bawah pembatasan, dengan banyak mengeluh kekurangan makanan, kondisi karantina sederhana dan penegakan hukum yang berat.

Pengguna media sosial menyerang pihak berwenang atas pembunuhan yang direkam dari seekor corgi hewan peliharaan oleh seorang petugas kesehatan dan kebijakan yang sekarang melunak untuk memisahkan anak-anak yang terinfeksi dari orang tua mereka yang bebas virus.

3 dari 5 halaman

Bentrokan Warga Lockdown

Dalam pandangan yang jarang tentang ketidakpuasan, video yang diposting online minggu lalu menunjukkan beberapa warga bentrok dengan polisi yang mengenakan pakaian hazmat, memerintahkan mereka untuk menyerahkan rumah mereka kepada pasien.

Rekaman dan klip audio lainnya menunjukkan peningkatan keputusasaan, termasuk beberapa yang menunjukkan orang-orang menerobos barikade meminta makanan.

Terlepas dari pukulan balik itu, China, tempat Virus Corona COVID-19 pertama kali terdeteksi pada akhir 2019, tetap berpegang pada kebijakan pengujian massal nol-COVID, pembatasan perjalanan, dan lockdown yang ditargetkan.

Tetapi negara terpadat di dunia baru-baru ini berjuang untuk menahan wabah di beberapa wilayah, sebagian besar didorong oleh varian Omicron yang menyebar cepat.

Negara itu terakhir melaporkan kematian baru akibat COVID-19 pada 19 Maret -- dua orang di provinsi sabuk karat timur laut Jilin -- kematian pertama seperti itu dalam lebih dari setahun.

4 dari 5 halaman

Tempat Tinggal Jadi Tempat Isolasi

Shanghai mengubah bangunan tempat tinggal menjadi pusat karantina untuk menampung jumlah kasus COVID-19 yang meningkat.

Tetapi langkah itu memicu kemarahan dan protes dari warga yang khawatir mereka berisiko lebih tinggi terinfeksi.

Dalam pernyataan yang disiarkan langsung pada Kamis (14 April) sore di platform pesan China WeChat, sekitar 30 orang yang mengenakan APD dengan kata "polisi" di punggung mereka terlihat berkelahi dengan orang lain di luar kompleks perumahan, membawa pergi setidaknya satu orang.

 

Seorang wanita terdengar menangis saat merekam adegan itu, yang ditonton oleh lebih dari 10.000 orang, dan platform streaming langsung WeChat mengumumkan bahwa itu berisi "konten berbahaya".

"Bukannya saya tidak mau bekerja sama dengan negara, tapi bagaimana perasaan Anda jika Anda tinggal di gedung yang bloknya hanya berjarak 10 meter, semua orang dinyatakan negatif, dan orang-orang ini diizinkan masuk?," kata wanita yang sedang syuting dan tidak mengungkapkan nama aslinya.

5 dari 5 halaman

Aturan Bagi Pelanggar Hukum

Kota Shanghai di China memberikan peringatan pada Rabu (13/4) bahwa siapa pun yang melanggar aturan lockdown COVID-19 akan ditindak secara ketat.

Sementara, otoritas di Shanghai juga meminta warga mematuhi aturan lockdown saat kasus baru meningkat menjadi lebih dari 25.000.

Departemen kepolisian kota Shanghai menguraikan pembatasan yang dihadapi sebagian besar dari 25 juta penduduk.

Pihaknya juga meminta mereka untuk "memerangi epidemi dengan satu hati dan bekerja sama untuk kemenangan awal", demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (13/4/2022).

"Mereka yang melanggar ketentuan pemberitahuan ini akan ditindak sesuai dengan hukum oleh pihak keamanan publik. Jika itu merupakan kejahatan, mereka akan diselidiki sesuai hukum," kata departemen itu dalam sebuah pernyataan.

Pusat keuangan dan komersial dunia ini berada di bawah tekanan besar untuk mencoba menahan wabah COVID-19 terbesar di China sejak Virus Corona pertama kali ditemukan di kota Wuhan pada akhir 2019.

Polisi Shanghai juga melarang warga berkendara di jalanan selain mereka yang memang harus bekerja.

Mereka juga memperingatkan warga yang semakin frustrasi lantaran dikurung di rumah untuk tetap menahan diri dan tidak menyebarkan informasi palsu atau memalsukan izin keluar rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.