Sukses

Korban Tewas Banjir-Longsor di Filipina Naik Jadi 167 Orang, Jutaan Orang Terdampak

Setidaknya 167 orang tewas dalam tanah longsor dan banjir setelah Badai Megi menghancurkan Filipina minggu lalu.

Liputan6.com, Manila - Setidaknya 167 orang tewas dalam tanah longsor dan banjir setelah Badai Megi menghancurkan Filipina minggu lalu.

Sekitar 110 orang hilang dan 1,9 juta telah terkena dampak buruk, kata badan bencana nasional Filipina sebagaimana dikutip dari BBC, Minggu (17/4/2022).

Desa-desa di sekitar kota Baybay di provinsi Leyte tengah terkena dampak parah, dengan longsoran lereng bukit dan sungai yang meluap.

Di satu desa, Pilar, sekitar 80% rumah hanyut ke laut.

Badan itu juga melaporkan kematian di wilayah Davao selatan, Mindanao dan di provinsi Negros Orientals tengah.

Banyak orang meninggalkan rumah mereka ke tempat penampungan atau tempat yang lebih tinggi ketika badai, yang dikenal secara lokal sebagai Agaton, menghantam kepulauan itu dengan angin hingga 65km / jam (40mph).

Gambar-gambar yang diposting oleh Penjaga Pantai Filipina menunjukkan tim penyelamat membawa yang terluka dengan tandu melalui air setinggi dada dan mengangkut orang-orang yang selamat dengan rakit di jalan-jalan yang banjir.

Upaya penyelamatan terhambat oleh hujan meskipun kondisi mereda pada hari Selasa.

Itu adalah badai pertama tahun ini - Filipina biasanya melihat rata-rata 20 badai setiap tahun.

Itu terjadi sekitar empat bulan setelah Topan Super Rai menghancurkan banyak pulau tenggara negara itu pada bulan Desember - menewaskan sedikitnya 375 orang dan mempengaruhi sekitar 500.000 orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Perubahan Iklim?

Itu adalah badai terburuk yang melanda Filipina tahun itu dan para ahli mengatakan telah tumbuh lebih kuat jauh lebih cepat dari yang diantisipasi.

Marissa Miguel Cano, seorang petugas informasi publik di Baybay, mengatakan kepada kantor berita AFP: "Ini seharusnya menjadi musim kemarau tetapi mungkin perubahan iklim telah menjungkirbalikkan itu."

Para ilmuwan mengatakan perubahan iklim yang disebabkan manusia telah menyebabkan intensitas dan kekuatan yang lebih besar dalam badai tropis.

Filipina telah mengalami beberapa badai paling mematikan sejak 2006.

Ini telah digolongkan sebagai salah satu negara yang paling rentan terhadap bencana iklim karena geografinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini