Sukses

PM Singapura Sebut Menteri Keuangan Lawrence Wong Bakal Gantikan Posisinya

PM Singapura Lee Hsien Loong pada Sabtu 16 April 2022 mengadakan konferensi pers untuk menguraikan bagaimana Menteri Keuangan Lawrence Wong dipilih sebagai sosok penggantinya.

Liputan6.com, Singapura - Sampai beberapa tahun yang lalu, Lawrence Wong hanyalah pegawai negeri sipil yang relatif kurang dikenal lalu beralih menjadi politikus. Sekarang, putra seorang ayah manajer penjualan dan ibu guru sekolah berada di jalur untuk menjadi perdana menteri keempat Singapura.

Perdana Menteri Lee Hsien Loong pada Sabtu 16 April 2022 mengadakan konferensi pers untuk menguraikan bagaimana Menteri Keuangan Lawrence Wong dipilih sebagai pemimpin tim generasi keempat (4G) People's Action Party's / PAP (Partai Aksi Rakyat) yang berkuasa di Singapura.

"Rencananya Lawrence menggantikan saya sebagai PM, baik sebelum atau sesudah (jika PAP menang) Pemilihan Umum berikutnya. Itu jatuh tempo pada 2025 dan pasti akan menjadi pertarungan yang sulit," kata Lee dalam posting media sosial, Sabtu 16 April 2022.

Lee, yang ayahnya Lee Kuan Yew adalah pemimpin kemerdekaan negara pulau itu, telah menjadi perdana menteri sejak 2004.

Stabilitas telah lama menjadi salah satu kekuatan utama Singapura yang kaya, menjadikannya surga bagi investor dan bisnis di kawasan di mana pergolakan politik tidak jarang terjadi.

Wong yang membantu mengarahkan negara-kota Asia Tenggara itu melalui pandemi COVID-19 sebagai ketua bersama satuan tugas pemerintah, telah diperkirakan oleh para analis sebagai calon penerus Lee yang berusia 70 tahun.

Suksesi kepemimpinan di negara itu, yang diatur oleh PAP sejak kemerdekaannya tahun 1965, biasanya merupakan urusan yang direncanakan dengan hati-hati.

Tapi keputusan tak terduga tahun lalu oleh Wakil Perdana Menteri Heng Swee Keat untuk mundur karena pengganti Lee yang ditunjuk mengganggu perencanaan kepemimpinan.

"Saya sudah berusia 70 tahun dan saya tak sabar untuk menyerahkannya kepada Lawrence begitu dia siap," kata Lee dalam konferensi pers. Dia mengatakan mereka kemudian akan memutuskan apakah dia atau Wong akan memimpin partai ke pemilihan umum berikutnya.

Mengutip Straits Times, Minggu (17/4/2022), Lawrence Wong yang berusia 49 tahun dan mantan menteri Khaw Boon Wan, telah ditugaskan untuk mengawasi proses seleksi untuk memilih pengganti PM Singapura Lee Hsien Loong.

Pengumuman itu mengakhiri beberapa bulan dugaan dan teka-teki tentang siapa yang akan memimpin Singapura berikutnya, setelah Wakil Perdana Menteri Heng Swee Keat yang berusia 61 tahun mengundurkan diri dari pencalonan pada April tahun 2021 lalu.

Situs Nikkei Asia melaporkan bahwa Menteri Keuangan Singapura Lawrence Wong yang disebut sebagai pewaris baru Perdana Menteri Lee Hsien Loong, tampaknya memposisikan dirinya untuk pendekatan kolektif terhadap kepemimpinan, bermitra dengan politikus lain di generasinya untuk menebus resumenya yang relatif singkat.

Sebagai tanda kemungkinan posisinya yang akan datang, kata "tim" muncul tiga kali dalam pesan singkat yang diposting Wong di media sosial tepat setelah pengumuman dukungannya sebagai pemimpin generasi keempat dari Partai Aksi Rakyat pada hari Kamis.

"Bersama tim 4G lainnya, saya akan terus melayani warga Singapura dengan sepenuh hati," tulis Wong.

Ucapan selamat dan pesan dukungan, menunjukkan solidaritas di dalam pemerintahan dari rival calon perdana menteri berikutnya pun disampaikan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tekankan Kerja Tim

Penekanan pada kerja tim terkait dengan kurangnya pengalaman Wong yang berusia 49 tahun. Sementara arahannya terhadap tanggapan soal Virus Corona Singapura dengan cepat meningkatkan profilnya sebagai calon pemimpin generasi berikutnya, ia telah menghabiskan lebih sedikit waktu dalam politik daripada perdana menteri saat ini.

Lee Hsien Loong menjabat sebagai wakil perdana menteri selama hampir 14 tahun sebelum akhirnya mengambil posisi teratas pada tahun 2004, Wong terpilih menjadi anggota Parlemen kurang dari 11 tahun yang lalu dan diangkat menjadi menteri keuangan pada Mei 2021 lalu.

Wong juga tidak begitu karismatik seperti Lee dan kurang dikenal secara internasional. Begitu Lee mundur, Wong diharapkan berbagi tanggung jawab dengan kabinetnya alih-alih mencoba memegang semua kekuasaan sendiri.

Wong dipilih karena dukungan "luar biasa" dari para menteri dan tokoh politik lainnya dari generasinya, kata Lee dalam sebuah pernyataan. Lee mencatat bahwa dia dan dua menteri senior tidak diminta untuk mempertimbangkan.

3 dari 4 halaman

Cerminan PM Kedua Singapura, Goh Chok Tong

Ini mencerminkan proses pemilihan perdana menteri kedua Singapura, Goh Chok Tong. Menurut "Tall Order: The Goh Chok Tong Story," biografi oleh Peh Shing Huei, Goh dan politikus lain dari generasinya bertemu pada akhir tahun 1984, tak lama sebelum ia terpilih sebagai wakil perdana menteri pertama, dan memutuskan bahwa ia akan menjadi pemimpin berikutnya. Dia menggantikan posisi Perdana Menteri Lee Kuan Yew pada tahun 1990.

Sebagai putra tertua dari Lee Kuan Yew, Lee Hsien Loong menerima pendidikan elit dengan harapan bahwa ia pada akhirnya akan mengikuti jejak ayahnya. Tapi Wong, seperti Goh, berasal dari latar belakang yang lebih sederhana.

Lawrence Wong diharapkan untuk memposisikan dirinya sebagai simbol meritokrasi Singapura, lebih mengandalkan relatabilitas daripada tangan yang kuat dalam memimpin negara-kota.

Di satu sisi, pola silih berganti dari seorang Lee yang diikuti oleh seorang perdana menteri dengan asal-usul yang lebih sederhana mencerminkan keinginan berduel di antara publik Singapura untuk karisma dan sentuhan umum pada para pemimpinnya.

4 dari 4 halaman

PM Keempat Sejak Singapura Merdeka

Lawrence Wong akan menjadi pemimpin keempat Singapura sejak memperoleh kemerdekaan. Keluarnya Lee Hsien Loong setelah kira-kira dua dekade sebagai perdana menteri akan menandai titik balik besar dalam politik negara.

People's Action Party's / PAP (Partai Aksi Rakyat) telah menjalankan Singapura sejak kemerdekaan, dan keputusannya jarang dibatalkan. Meski waktu serah terima masih belum jelas, partai diperkirakan mulai meletakkan dasar bagi Wong untuk mengambil alih.

Namun, PAP tidak lagi memiliki cengkeraman kuat di Singapura seperti dulu, dan partai-partai oposisi memperoleh kursi parlemen dalam pemilihan umum 2020. Kejutan politik bisa terjadi jika publik meragukan kemampuan Wong untuk memimpin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.