Sukses

Ukraina Ingin Turki Jadi Penengah Invasi Rusia, Meski Dekat dengan Moskow

Ukraina bekerja dengan anggota NATO Turki sebanyak mungkin untuk mendapatkan lebih banyak dukungan untuk menghentikan invasi.

Liputan6.com, Ankara - Ukraina bekerja dengan anggota NATO Turki sebanyak mungkin untuk mendapatkan lebih banyak dukungan untuk menghentikan invasi.

Dengan begitu, Ukraina juga berusaha untuk memahami realitas kedekatan hubungan antara Turki dengan Rusia, meskipun Kiev tidak nyaman dengan kenyataan tersebut.

Turki memiliki posisi yang unik dalam konteks perang Ukraina-Rusia, Reuters mewartakan sebagaimana dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (16/4/2022).

Ankara merupakan negara anggota NATO, Pakta Pertahanan Atlantik Utara pimpinan AS dan Eropa Barat. Ukraina berniat bergabung dengan NATO, hanya kemudian memicu kemarahan Rusia dan berujung pada invasi.

Turki juga telah mengkritik invasi dan menjual drone ke Kiev meskipun ada keberatan Rusia.

Tetapi, Negeri Ottoman juga menentang sanksi Barat terhadap Moskow dan mempertahankan retorika yang cermat dengan menahan diri dari menuduh kedua negara atas konflik, bahkan di tengah laporan kejahatan perang di beberapa bagian Ukraina.

"Kami akan senang jika Turki bergabung dengan sanksi dan memotong penerbangan dari Rusia. Tapi kami memahami kenyataan ini," kata diplomat itu kepada wartawan asing pada hari Jumat (15/4) dengan syarat anonim.

"... Alih-alih mengkritik Turki, kami bekerja dengan pihak Turki sebanyak mungkin, dan tidak menuntut sesuatu yang tidak mungkin," tambah orang itu, mencatat bahwa itu masih satu-satunya negara yang berhasil menyatukan pejabat Rusia dan Ukraina untuk pembicaraan damai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Turki Dekat dengan Rusia, Namun Juga Menolong Ukraina

Turki, yang sangat bergantung pada impor energi dan wisatawan Rusia, telah muncul sebagai tempat yang aman bagi orang Rusia yang melarikan diri dari sanksi, dan banyak yang telah berinvestasi di properti Turki.

Diplomat itu mengutip data yang menunjukkan lebih dari 100.000 orang Rusia telah tiba di Turki dan mencari dokumen kependudukan sejak perang dimulai. Namun, selama periode yang sama, sekitar 85.000 warga Ukraina juga telah tiba, di antaranya sekitar 47.000 telah pindah ke negara lain atau kembali ke rumah, kata orang itu.

Turki juga telah melarang beberapa kapal perang Rusia transit selatnya ke Laut Hitam, sehingga "menyelamatkan" kota pesisir Ukraina Odessa, yang telah menolak serangan Rusia, kata diplomat itu.

Beberapa kapal Rusia masih transit dan dapat membawa pasokan dari perairan Suriah, kata diplomat itu, menambahkan: "Kami meminta pihak Turki untuk memantau apa yang mereka bawa dari Suriah ke Rusia."

Turki menentang kebijakan Rusia di Suriah dan Libya dan aneksasi Krimea pada 2014 tetapi telah membeli sistem pertahanan rudal S-400 Rusia, di mana Ankara terkena sanksi AS pada Desember 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia
    negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia

    Rusia

  • Turki merupakan salah satu negara besar yang terdapat di Eurasia
    Turki merupakan salah satu negara besar yang terdapat di Eurasia

    Turki

  • NATO adalah sebuah organisasi militer internasional yang terdiri dari 2 negara Amerika Utara, 27 negara Eropa, dan 1 negara Eurasia.
    NATO adalah sebuah organisasi militer internasional yang terdiri dari 2 negara Amerika Utara, 27 negara Eropa, dan 1 negara Eurasia.

    NATO

  • Ukraina