Sukses

Picu Protes, Shanghai Ubah Tempat Tinggal Warga Jadi Fasilitas Isolasi COVID-19

Shanghai mengubah bangunan tempat tinggal menjadi pusat karantina untuk menampung jumlah kasus COVID-19 yang meningkat.

Liputan6.com, Shanghai - Shanghai mengubah bangunan tempat tinggal menjadi pusat karantina untuk menampung jumlah kasus COVID-19 yang meningkat.

Tetapi langkah itu memicu kemarahan dan protes dari warga yang khawatir mereka berisiko lebih tinggi terinfeksi.

Dalam pernyataan yang disiarkan langsung pada Kamis (14 April) sore di platform pesan China WeChat, sekitar 30 orang yang mengenakan APD dengan kata "polisi" di punggung mereka terlihat berkelahi dengan orang lain di luar kompleks perumahan, membawa pergi setidaknya satu orang.

Seorang wanita terdengar menangis saat merekam adegan itu, yang ditonton oleh lebih dari 10.000 orang, dan platform streaming langsung WeChat mengumumkan bahwa itu berisi "konten berbahaya".

"Bukannya saya tidak mau bekerja sama dengan negara, tapi bagaimana perasaan Anda jika Anda tinggal di gedung yang bloknya hanya berjarak 10 meter, semua orang dinyatakan negatif, dan orang-orang ini diizinkan masuk?," kata wanita yang sedang syuting dan tidak mengungkapkan nama aslinya.

Grup Zhangjiang, yang memiliki kompleks itu, mengatakan pihak berwenang telah mengubah lima bangunan kosongnya menjadi fasilitas isolasi dan telah disarankan sembilan bangunan lagi akan diubah.

Dikatakan telah memindahkan 39 penyewa sewa ke kamar di bagian lain kompleks itu dan telah menawarkan kompensasi kepada mereka.

"Pada sore hari 14 April, ketika perusahaan kami mengatur pembangunan pagar isolasi, beberapa penyewa menghalangi lokasi konstruksi," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa situasi di Shanghai sekarang telah diselesaikan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemerintah Shanghai Tak Segera Tanggapi Protes Warga

Pemerintah Shanghai tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang kebijakan karantina saat ini.

Seorang penduduk di kompleks tersebut, yang dekat dengan perusahaan perumahan kompleks Zhangjiang Hi-Tech Park termasuk GlaxoSmithKline dan Hewlett-Packard, mengkonfirmasi bahwa mereka diberitahu pada hari Selasa bahwa warga diminta untuk pindah.

Pekerja muncul pada Kamis sore dan polisi tiba tak lama setelah itu, kata warga yang menyaksikan tempat kejadian. Dia menolak disebutkan namanya karena situasinya sensitif.

"Tempat ini sama sekali tidak cocok untuk menjadi pusat karantina," katanya, mengungkapkan kekhawatiran dia bisa tertular virus dengan tinggal begitu dekat dengan pasien.

Di bawah kebijakan nol-COVID China, setiap orang yang dites positif harus dikarantina di tempat yang ditentukan dan tetangga diminta untuk mengisolasi di rumah mereka selama 14 hari, yang telah memicu ketakutan publik tentang konsekuensi tertular virus.

Shanghai telah menjadi pusat wabah terbesar di China sejak virus pertama kali diidentifikasi di Wuhan pada akhir 2019, mencatat lebih dari 300.000 infeksi COVID sejak Maret.

Menurut peraturan, pihak berwenang di China diizinkan untuk mengambil alih bangunan dan properti lainnya untuk menghadapi situasi darurat.

3 dari 4 halaman

Jika Langgar Aturan Lockdown COVID-19, Warga Shanghai Bakal Dihukum

Kota Shanghai di China memberikan peringatan pada Rabu (13/4) bahwa siapa pun yang melanggar aturan lockdown COVID-19 akan ditindak secara ketat.

Sementara, otoritas di Shanghai juga meminta warga mematuhi aturan lockdown saat kasus baru meningkat menjadi lebih dari 25.000.

Departemen kepolisian kota Shanghai menguraikan pembatasan yang dihadapi sebagian besar dari 25 juta penduduk.

Pihaknya juga meminta mereka untuk "memerangi epidemi dengan satu hati dan bekerja sama untuk kemenangan awal", demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (13/4/2022).

"Mereka yang melanggar ketentuan pemberitahuan ini akan ditindak sesuai dengan hukum oleh pihak keamanan publik. Jika itu merupakan kejahatan, mereka akan diselidiki sesuai hukum," kata departemen itu dalam sebuah pernyataan.

Pusat keuangan dan komersial dunia ini berada di bawah tekanan besar untuk mencoba menahan wabah COVID-19 terbesar di China sejak Virus Corona pertama kali ditemukan di kota Wuhan pada akhir 2019.

Polisi Shanghai juga melarang warga berkendara di jalanan selain mereka yang memang harus bekerja.

Mereka juga memperingatkan warga yang semakin frustrasi lantaran dikurung di rumah untuk tetap menahan diri dan tidak menyebarkan informasi palsu atau memalsukan izin keluar rumah.

Shanghai melaporkan 25.141 kasus baru virus corona tanpa gejala pada Selasa (13/4) naik dari 22.348 sehari sebelumnya, dan kasus bergejala juga melonjak menjadi 1.189 dari 994, kata otoritas kota.

Langkah-langkah penanganan COVID-19 di Shanghai menggunakan pendekatan ketat "nol-COVID" yang bertujuan untuk menghilangkan rantai penularan.

4 dari 4 halaman

AS Minta Staf Konsulatnya Pulang

Para analis memperingatkan bahwa tindakan tersebut tidak hanya merugikan pariwisata dan perhotelan tetapi juga berdampak pada rantai pasokan lintas sektor.

Setidaknya 11 perusahaan Taiwan, sebagian besar membuat suku cadang untuk elektronik, mengatakan bahwa mereka menangguhkan produksi karena gangguan dari kontrol COVID-19 China.

Departemen luar negeri Amerika Serikat memerintahkan pekerja pemerintahannya yang non-darurat untuk meninggalkan konsulat di Shanghai karena lonjakan kasus COVID-19 dan langkah-langkah yang diterapkan China untuk mengendalikan virus.

Dilansir laman The Guardian, Selasa (12/4/2022), departemen luar negeri AS sempat mengumumkan bahwa personel non-darurat dapat secara sukarela meninggalkan konsulat pada Jumat 8 April. Namun, kini seruan untuk meninggalkan Shanghai berubah menjadi wajib, bukan secara sukarela lagi.

"Yang terbaik bagi pekerja kami dan keluarga mereka adalah dengan mengurangi jumlah personel dan operasional konsulat diperkecil untuk menghadapi perubahan keadaan di lapangan," kata otoritas departemen luar negeri AS.

China sempat menanggapi dengan marah perintah agar pekerja pemerintah AS untuk meninggalkan Shanghai itu.

Shanghai kini sedang memerangi wabah COVID-19 terburuk di China sejak virus itu pertama kali muncul di Wuhan pada akhir 2019. Salah satu aturan yang paling kontroversial adalah memisahkan anak-anak yang positif COVID-19 dari orangtua mereka. 

Perintah agar pekerja AS meninggalkan Shanghai datang ketika otoritas China mulai melonggarkan lockdown di beberapa wilayah pada Senin, meskipun melaporkan rekor lebih dari 25.000 kasus baru.

Kota terpadat di China itu mengatakan akan mengizinkan apa yang dikatakan pejabat kota Gu Honghui sebagai "kegiatan yang sesuai" di beberapa lingkungan di mana tidak ada kasus positif selama setidaknya dua minggu. Penduduk setempat tidak diizinkan untuk melakukan perjalanan ke wilayah yang masih di bawah lockdown ketat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.