Sukses

Monash University Berlokasi di BSD Resmi Jadi Kampus Asing Pertama di Indonesia

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, turut menyambut bangga kehadiran kampus Australia, Monash University.

Liputan6.com, Jakarta - Monash University, Indonesia, sebagai kampus asing pertama yang berlokasi di BSD City, Tangerang Selatan, Banten diresmikan hari ini, Kamis (14/4/2022).

"Saya sangat senang untuk melihat salah satu universitas Australia yang bertaraf internasional seperti Monash dapat hadir di Indonesia. Sebagai universitas asing pertama yang hadir, Monash menjadi pionir dalam membangun kemitraan yang lebih erat di bidang pendidikan di Indonesia," ujar Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM dalam pembukaan acara tersebut.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, pun menyambut bangga kehadiran kampus Australia tersebut.

"Seiring dengan penerimaan mahasiswa baru pada 2021, kami sangat senang bahwa kehadiran kampus Monash University, Indonesia akan membuka kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pendidikan bertaraf internasional," kata Menteri Nadiem Makarim.

"Monash University, Indonesia akan memainkan peran penting dalam upaya kita untuk membangun sistem pendidikan yang lebih relevan dan lebih solid. Para lulusan Monash University, Indonesia juga diharapkan dapat berkontribusi dan dapat menjadi teladan di dunia kerja," ucap Nadiem.

"Saya percaya bahwa Monash University, Indonesia adalah platform untuk mempersiapkan masa depan di mana jejaring akan dibentuk, riset dan ide dikembangkan, dan calon-calon pemimpin baru dipersiapkan," lanjut Nadiem.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Monash University Akan Berperan Aktif di Ekosistem Pendidikan Tinggi Indonesia

President dan Vice-Chancellor Monash University Professor Margaret Gardner AC menyatakan bahwa Monash akan memainkan peran aktif di ekosistem pendidikan tinggi Indonesia.

"Pendirian Monash University, Indonesia adalah realisasi dari pidato Presiden Joko Widodo di hadapan parlemen Australia pada 2020. Kini dua tahun kemudian dan di kala pandemi, kita dapat hadir di sini, untuk menyaksikan secara langsung pembukaan kampus ini," ungkap Professor Gardner.

"Saya berterima kasih terhadap dukungan Presiden Joko Widodo dan pemerintah Indonesia untuk dukungannya selama ini. Kehadiran Monash University, Indonesia akan menunjukkan pentingnya kolaborasi antar sektor untuk mendukung kemajuan pendidikan tinggi Indonesia, serta memberikan kontribusi dalam pengembangan sosial, ekonomi, dan teknologi Indonesia."

"Saya berharap kehadiran kampus ini juga dalam memperdalam hubungan bilateral bagi Indonesia dan Australia ke depannya."

 

3 dari 4 halaman

Sudah Mulai Aktif Sejak 2021

Sebelumnya angkatan pertama mahasiswa pasca-sarjana Monash University, Indonesia sudah memulai pembelajaran pada 2021 dalam program studi yang fokus terhadap kebutuhan di masa depan seperti Data Science, Business and Innovation, Urban Design, dan Public Policy.

Pada 2022, Monash University, Indonesia juga akan menerima mahasiswa dalam dua program baru, yaitu Master of Public Health dan Master of Cyber Security. Keduanya adalah program studi yang diperlukan oleh Indonesia pada masa depan.

Penerimaan para mahasiswa Ph.D. dari seluruh program juga akan dimulai pada tahun ini. Selain program reguler tersebut, Monash University, Indonesia juga akan menyediakan program eksekutif dan micro-credentials atau pelatihan, di area-area yang sangat dibutuhkan di Indonesia dan akan menghasilkan riset yang memiliki dampak positif.

Selain melakukan kegiatan akademik, Monash University, Indonesia juga melakukan berbagai kolaborasi strategis dengan pelaku industri, institusi akademik lainnya, dan pemerintah pada tahun pertamanya beroperasi. Berbagai kolaborasi yang bertujuan untuk mendukung pembangunan sosial,teknologi, dan ekonomi ini adalah:

  • Dengan Tokopedia, Monash University, Indonesia menghasilkan riset kolaboratif terkait machine learning untuk memprediksi permintaan.
  • Dengan Traveloka, Monash University, Indonesia memberikan pelatihan bagi para akademisi dari berbagai universitas di Indonesia untuk mendukung target pemerintah dalam memenuhi kebutuhan sembilan juta talenta digital pada 2035.
  • Dengan Bank Mandiri, Monash University, Indonesia telah melakukan pelatihan tingkat lanjut bagi para calon ahli di bidang data science dan business innovation.
  • Bersamaan dengan ini, Monash University, Indonesia juga secara aktif membangun kemitraandengan berbagai universitas di Indonesia. Salah satunya dengan kampus yang juga berada diBanten, UNTIRTA, di mana ada penelitian kolaboratif untuk membangun komunitas dan melibatkan masyarakat dalam pengembangan eco-tourism.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Monash University Indonesia

Resmi beroperasi pada Oktober 2021, Monash University, Indonesia adalah perwujudan komitmen dari Monash University dan pemerintah Indonesia untuk menciptakan pengetahuan yang dapat berkontribusisecara luas terhadap pembangunan sektor sosial, teknologi dan ekonomi di Indonesia.

Monash University, Indonesia menawarkan program kuliah bergelar Master dengan jurusan Business innovation, Data Science, Public Policy, Urban Design dan PhD, bersamaan dengan berbagai programeksekutif dan mikro-kredensial yang ditujukan untuk sektor tertentu.Monash University, Indonesia memiliki fasilitas pembelajaran sesuai standar Monash University Australiadan saat ini sudah membuka aplikasi penerimaan mahasiswa baru, serta beasiswa untuk pembelajaran dibulan Mei dan Oktober 2022 yang saat ini sudah dibuka untuk pendaftarannya.

Monash memiliki hubungan jangka panjang yang membanggakan dengan Indonesia sekaligus merupakanuniversitas asing dengan jumlah lulusan Indonesia terbanyak, dibandingkan dengan universitas asing lainnya.

Rekam jejak hubungan baik Monash dan Indonesia terwujud dalam kolaborasi antara kedua pihak seperti Herb Feith Centre, RISE, World Mosquito Program, dan Citarum Action Research Program (CARP).

Dengan kehadiran di tiga benua, kemitraan internasional, dan program studi di luar negeri di seluruh dunia, Monash adalah universitas terbesar di Australia, dengan peringkat 100 universitas teratas diseluruh dunia. Monash memiliki jaringan lokasi penelitian dan pengajaran yang dinamis di Australia, Italia, Malaysia, China, dan India.

Aliansi unik dengan University of Warwick (UK) berada di samping serangkaian kolaborasi internasionaldengan universitas dan perusahaan terkemuka di seluruh dunia, memperluas jaringan global Universitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.