Sukses

Lockdown Shanghai Picu Harga Sekotak Mi Instan dan Soda hingga Rp 900 Ribu

Kemerosotan Shanghai ke dalam krisis membuat banyak orang tidak siap. Lockdown COVID-19 membuat warga kesulitan.

Liputan6.com, Shanghai - Lockdown COVID-19 yang keras di Shanghai telah merubah banyak hal. Banyak sektor terdampak. Bahkan harga mi instan pun melonjak.

Mengutip AFP, Kamis (14/4/2022), kemerosotan Shanghai ke dalam krisis membuat banyak orang tidak siap.

Frank Tsai, yang dikurung di apartemennya di Puxi, bagian barat Shanghai, menimbun makanan selama empat hari seperti yang awalnya diperintahkan oleh pihak berwenang.

Tujuh hari kemudian, porsi makanannya "semakin mengecil".

"Saya telah memikirkan makanan dan asupan makanan saya lebih dari yang pernah saya alami dalam hidup saya," kata Tsai, yang bisnisnya menyelenggarakan kuliah umum di waktu normal.

Beberapa penduduk terpaksa barter atau membayar lebih untuk makanan saat lockdown berlangsung.

Seorang penduduk Shanghai bermarga Ma mengatakan dia membayar 400 yuan ($63) atau sekitar Rp 901 ribu hanya untuk sekotak mie instan dan soda.

"Saya hanya mencoba untuk persediaan," katanya. "Saya tidak yakin berapa lama ini akan berlanjut."

Kantor jadi Rumah dan Tempat Kerja

Seperti banyak pekerja sektor keuangan lainnya di Shanghai, Romeo menjadi salah satu yang terdampak kondisi tersebut. Ia telah pindah ke kantor untuk menjaga roda perdagangan tetap berputar selama lockdown COVID-19 yang keras di kota besar itu. Pada siang hari itu adalah tempat kerja Romeo, saat malam tempat itu adalah rumahnya. 

Mengantisipasi penutupan yang ketat akan berdampak pada penangkapannya, Romeo pindah ke distrik keuangan Pudong pada akhir Maret tak lama sebelum kota ditutup.

Pusat bisnis itu telah menjadi pusat wabah COVID-19 terbesar di China sejak virus itu muncul lebih dari dua tahun lalu, mencatat sekitar 25.000 infeksi per hari.

Sebagian besar dari 25 juta penduduk Shanghai berada di bawah perintah ketat tinggal di rumah, mengalami kekurangan makanan dan takut hasil tesnya positif COVID-19 karena akan menempatkan mereka di pusat karantina raksasa.

Beberapa orang, seperti Romeo, menjalani kehidupan yang anehnya terdislokasi ketika bisnis berjuang untuk tetap beroperasi di salah satu pusat keuangan utama dunia.

"Ada orang-orang yang tidur di lantai pertama dan kedua, setiap orang pergi ke kantor mereka sendiri," kata Romeo kepada AFP, menolak menggunakan nama asli dengan marga China.

"Tidak ada percakapan yang dipaksakan... semua orang diam dan menghormati jarak dan privasi satu sama lain."

Pada malam hari, jam kerja sosial tetap berlangsung, katanya.

Untuk pekerja lain di Shanghai, privasi sangat terbatas. Video media sosial menunjukkan staf tidur di ranjang di pabrik-pabrik tutup yang mencoba untuk terus memproduksi barang-barang mereka. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Masuk Akal, Tidak Berkelanjutan

Shanghai sekarang menjadi kota yang sunyi dengan keheningan yang hanya dipatahkan oleh robot anjing dan drone yang menyiarkan perintah untuk menguji COVID-19 dan tetap berada di dalam.

Pekerja dengan pakaian hazmat - dijuluki "Big Whites" - melakukan pengujian di dalam kompleks perumahan, di mana setiap beberapa hari penduduk mengantre untuk swab yang dipenuhi ketakutan akan hasil positif.

Beberapa telah melihat sisi yang lebih ringan. Salah satu orang asing yang mengantri untuk pengujian minggu lalu mengenakan tuksedo lengkap dengan dasi kupu-kupu telah membuat gelombang online karena orang-orang memanfaatkan beberapa menit mereka di luar.

Pemilik anjing tidak dapat berjalan dengan hewan peliharaan mereka dan dipaksa untuk menempatkan anjing mereka melalui kursus kilat menggunakan baki pasir - atau menyelinap keluar di tengah malam agar hewan dapat buang air.

"Saya melatih anjing saya untuk buang air kecil dan buang air besar di dalam, tetapi sampai pada titik di mana, untuk menjaga diri saya tetap waras dan anjing saya tetap waras, saya membawanya turun pada pukul 3 pagi," kata salah satu pemilik.

Pihak berwenang berjuang untuk menyediakan tempat tidur yang cukup di rumah sakit darurat untuk orang-orang yang dites positif.

Pemerintah mengatakan 130.000 tempat tidur baru siap atau sedang dibangun sebagai bagian dari rezim karantina massal.

Tapi kebijakan itu menguji toleransi banyak orang.

Leona Cheng, seorang siswa berusia awal 20-an, keluar dari karantina selama 13 hari pada hari Jumat.

"Itu tidak masuk akal dan tidak berkelanjutan," katanya kepada AFP tentang strategi Shanghai.

"Terlalu banyak orang yang terinfeksi dan tingkat infeksinya terlalu cepat."

3 dari 4 halaman

Jika Langgar Aturan Lockdown COVID-19, Warga Shanghai Bakal Dihukum

Kota Shanghai di China memberikan peringatan pada Rabu (13/4) bahwa siapa pun yang melanggar aturan lockdown COVID-19 akan ditindak secara ketat.

Sementara, otoritas di Shanghai juga meminta warga mematuhi aturan lockdown saat kasus baru meningkat menjadi lebih dari 25.000.

Departemen kepolisian kota Shanghai menguraikan pembatasan yang dihadapi sebagian besar dari 25 juta penduduk.

Pihaknya juga meminta mereka untuk "memerangi epidemi dengan satu hati dan bekerja sama untuk kemenangan awal", demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (13/4/2022).

"Mereka yang melanggar ketentuan pemberitahuan ini akan ditindak sesuai dengan hukum oleh pihak keamanan publik. Jika itu merupakan kejahatan, mereka akan diselidiki sesuai hukum," kata departemen itu dalam sebuah pernyataan.

Pusat keuangan dan komersial dunia ini berada di bawah tekanan besar untuk mencoba menahan wabah COVID-19 terbesar di China sejak Virus Corona pertama kali ditemukan di kota Wuhan pada akhir 2019.

Polisi Shanghai juga melarang warga berkendara di jalanan selain mereka yang memang harus bekerja.

Mereka juga memperingatkan warga yang semakin frustrasi lantaran dikurung di rumah untuk tetap menahan diri dan tidak menyebarkan informasi palsu atau memalsukan izin keluar rumah

4 dari 4 halaman

Lockdown Sempat Dilonggarkan

Pihak berwenang di pusat keuangan China, Shanghai sempat mengatakan, mereka mulai mencabut lockdown di beberapa daerah mulai Senin (11 April), meskipun melaporkan lebih dari 25.000 infeksi COVID-19 baru, karena mereka berusaha untuk membuat kota itu bergerak lagi setelah lebih dari dua minggu.

Shanghai telah mengklasifikasikan unit perumahan ke dalam tiga kategori risiko, untuk memungkinkan mereka yang berada di daerah tanpa kasus positif selama dua minggu untuk terlibat dalam "aktivitas yang sesuai" di lingkungan mereka, kata pejabat kota Gu Honghui. 

"Setiap distrik akan mengumumkan nama-nama spesifik dari kelompok pertama (komunitas) yang dibagi menjadi tiga jenis, dan tiga daftar berikutnya akan diumumkan pada waktu yang tepat," katanya dalam jumpa pers.

Itu menjanjikan kelegaan bagi beberapa dari 25 juta penduduk kota itu, banyak di antaranya berjuang untuk menemukan makanan dan obat-obatan setelah lebih dari tiga minggu dikurung dalam pertempuran melawan wabah terbesar di China sejak virus corona pertama kali ditemukan di pusat kota Wuhan pada akhir 2019.

Gu mengatakan Shanghai telah membagi kota itu menjadi 7.624 area yang masih ditutup, sekelompok 2.460 sekarang tunduk pada "kontrol" setelah seminggu tidak ada infeksi baru, dan 7.565 "area pencegahan" yang akan dibuka setelah dua minggu tanpa infeksi baru. kasus positif.

Mereka yang tinggal di "daerah pencegahan", meskipun dapat bergerak di sekitar lingkungan mereka, harus tetap mematuhi jarak sosial dan dapat menutup diri lagi jika ada infeksi baru, katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.