Sukses

Tersangka Penembakan Penumpang Kereta Bawah Tanah New York Terancam Penjara Seumur Hidup

Setelah perburuan selama 30 jam, Kepolisian New York City menangkap seorang pria yang merupakan tersangka penembakan 10 penumpang kereta bawah tanah di Brooklyn.

Liputan6.com, Jakarta Setelah perburuan selama 30 jam, Kepolisian New York City menangkap seorang pria yang merupakan tersangka penembakan 10 penumpang kereta bawah tanah di Brooklyn. Tersanga ditangkap pada Rabu 13 April waktu setempat.

Pria bernama Frank James itu ditahan tanpa perlawanan di Manhattan setelah kepolisian menerima informasi, kata Komisaris Polisi New York City Keechant Sewell pada sebuah konferensi pers.

James (62) diduga meledakkan granat asap dan menembak sedikitnya 33 kali dengan pistol di kereta bawah tanah pada jam sibuk Selasa 12 April pagi. Serangan itu mengakibatkan lebih dari 20 orang luka-luka, dengan 10 di antaranya terluka akibat tembakan, tetapi tidak ada korban yang diyakini menderita luka yang mengancam jiwa.

James telah didakwa melanggar larangan federal tentang "teroris dan serangan kekerasan lainnya terhadap sistem transportasi massal," kata Jaksa AS Distrik Timur New York Breon Peace pada konferensi pers, menambahkan bahwa "jika terbukti bersalah, dia akan terancam hukuman penjara seumur hidup."

Pihak berwenang mengidentifikasi James sebagai "person of interest" atau orang terkait pada Selasa malam. Pada Rabu, setelah proses investigasi mengaitkan James dengan penembakan tersebut dalam berbagai cara, pihak kepolisian menyatakan dia dianggap sebagai tersangka dan buronan.

Motif yang kemungkinan mendasari penembakan di New York ini masih belum diketahui dengan jelas, dan investigasi lebih lanjut terus dilaksanakan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernah Ditangkap 9 Kali

James memiliki sembilan penangkapan sebelumnya di New York, dari tahun 1992 hingga 1998, termasuk kepemilikan alat perampokan dan tindakan seks kriminal, dan juga ditangkap tiga kali di New Jersey karena pelanggaran, pencurian, dan perilaku tidak tertib, menurut Kepala Detektif NYPD James Essig.

Polisi menemukan pistol Glock 17 sembilan milimeter, tiga magasin amunisi tambahan dan kapak dari tempat serangan, serta kartu kredit James dan kunci van yang dia sewa.

Tersangka telah memposting beberapa video dirinya di YouTube menyampaikan omelan politik yang panjang dan terkadang agresif, serta mengkritik walikota New York. Halamannya diturunkan setelah serangan itu, karena melanggar pedoman YouTube.

Tetapi saudara perempuan James, Catherine James Robinson, mengatakan kepada The New York Times bahwa dia "terkejut" melihat dia ditetapkan sebagai tersangka, menambahkan: "Saya tidak berpikir dia akan melakukan hal seperti itu."

Dia mengatakan dia memiliki sedikit kontak dengan saudara laki-lakinya selama bertahun-tahun, menurut surat kabar itu.

3 dari 4 halaman

Saat Penembakan Terjadi

Menurut akun yang diberikan oleh polisi, James mengenakan masker gas tepat ketika kereta tiba di stasiun pada jam sibuk Selasa, kemudian membuka tabung asap dan melepaskan 33 tembakan ke penumpang yang penuh sesak di dalamnya.

"Yang Anda lihat seperti asap, bom asap hitam meledak, dan kemudian ... orang-orang bergegas ke belakang," salah satu korban tembakan, Hourari Benkada, mengatakan kepada CNN, merujuk pada tuduhan penumpang menuju pintu di ujung mobil.

Benkada, berbicara dari ranjang rumah sakitnya, mengatakan dia telah menaiki kereta pertama di 59th Street dan duduk di sebelah pria bersenjata itu - tetapi dengan headphone-nya dia tidak melihat apa-apa sampai asap mulai memenuhi mobil.

Dia mengatakan dia tidak mengerti bahwa ada tembakan pada awalnya, dan bahwa dia mencoba menenangkan seorang wanita hamil di sebelahnya. "Saya terdorong dan saat itulah saya tertembak di bagian belakang lutut saya," katanya.

Stasiun 36th Street di Brooklyn, tempat serangan itu terjadi, dijaga ketat oleh polisi pada hari Rabu.

4 dari 4 halaman

Ditemukan Alat Peledak

Sebelum melepaskan tembakan, tersangka diketahui meledakkan granat asap, menurut pihak NYPD dan sumber penegak hukum kepada New York Post.

Pria bersenjata yang diduga menyamar sebagai pekerja konstruksi mengenakan masker gas itu melancarkan serangan berdarahnya di stasiun 36th Street di Sunset Park. Di lokasi kejadian, pihak berwenang menemukan beberapa alat peledak yang tidak meledak. 

Polisi dan sumber mengatakan, sedikitnya lima orang tertembak di gerbong ketiga kereta dan yang lainnya terluka karena menghirup asap. Seorang wanita hamil termasuk di antara mereka yang dirawat di rumah sakit.

Saat penembakan terjadi, kereta berhenti di stasiun 25th Street, dan penumpang yang berdiri dievakuasi ke kereta lain melintasi peron, di mana beberapa turun di perhentian berikutnya dan yang lainnya dilarikan ke rumah sakit. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.