Sukses

Moskva Kapal Perang Rusia Rusak Berat Dirudal Ukraina, Moskow Bantah Sebut Ledakan Amunisi

Kabar terbaru dari perang Rusia Ukraina, kapal perang Rusia, Moskva dikabarkan rusak berat akibat ledakan amunisi.

Liputan6.com, Pulau Ular - Kamis 14 April 2022 dikejutkan dengan Kabar terkini dari perang Rusia Ukraina terkait kebakaran kapal milik Moskow.

Kapal induk Angkatan Laut Rusia di Laut Hitam telah "rusak parah" oleh ledakan amunisi, kata media pemerintah Rusia, Kamis 13 April 2022.

"Akibat kebakaran, amunisi meledak di kapal penjelajah rudal Moskva. Kapal rusak parah," kata kementerian pertahanan Rusia, menambahkan bahwa penyebab kebakaran sedang ditentukan dan awak telah dievakuasi seperti dikutip dari IB Times, Kamis (14/4/2022).

Sebelumnya, gubernur Odessa mengatakan bahwa pasukan Ukraina telah menyerang Moskow dengan serangan rudal.

"Neptune missile (rudal Neptunus) yang menjaga Laut Hitam menyebabkan kerusakan yang sangat serius pada kapal Rusia. Kemuliaan bagi Ukraina!" Gubernur Maksym Marchenko menulis di Telegram.

Penasihat presiden Ukraina Oleksiy Arestovych mengatakan bahwa "kejutan terjadi" terhadap Moskow.

"Ini sangat membakar. Saat ini. Dan dengan badai laut ini, tidak diketahui apakah mereka akan dapat menerima bantuan," kata Oleksiy Arestovych dalam siaran YouTube.

"Kami tidak mengerti apa yang terjadi."

Sekilas Soal Kapal Moskva 

Kapal Moskva awalnya dibangun di era Soviet di Mykolaiv Ukraina, dan mulai beroperasi pada awal 1980-an, menurut media Rusia.

Dengan awak 510, kapal itu sebelumnya dikerahkan dalam konflik Suriah di mana ia berfungsi sebagai perlindungan angkatan laut untuk pangkalan udara Hmeimim pasukan Rusia.

Kapal penjelajah rudal itu membawa 16 rudal anti-kapal P-1000 Vulkan serta berbagai senjata anti-kapal selam dan torpedo ranjau, kata laporan kementerian pertahanan Rusia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kapal Moskva Mulai Dikenal Saat Perang Rusia Ukraina

Moskva menjadi terkenal di awal perang ketika meminta pasukan perbatasan Ukraina yang mempertahankan Snake Island atau Pulau Ular yang strategis untuk menyerah, tetapi ditolak dengan tegas.

Pasukan yang dimaksud pada awalnya diyakini telah terbunuh, tetapi pada kenyataannya ditawan.

Mereka dibebaskan sebagai bagian dari pertukaran tahanan dengan Rusia pada akhir Maret, menurut Parlemen Ukraina.

Ombudswoman hak asasi manusia Ukraina Lyudmyla Denisova mengatakan para tentara itu menggambarkan dibawa ke lokasi yang tidak diketahui di mana mereka ditahan dalam kondisi beku dan menderita radang dingin.

3 dari 4 halaman

Klaim Ukraina Merudal Bertolak Belakang Pernyataan Rusia

Laporan situs Maritime Executive menyebut, outlet media pemerintah Rusia RIA Novosti mengkonfirmasi ledakan di atas kapal Moskva yang mengakibatkan "kerusakan serius," tetapi menegaskan bahwa penyebabnya adalah kebakaran kapal dan peledakan amunisi, bukan serangan rudal.

Beberapa sumber Ukraina mengklaim bahwa angkatan bersenjata negara itu telah menyerang kapal penjelajah Rusia Moskva dalam serangan rudal di Laut Hitam.

"Telah dikonfirmasi bahwa kapal penjelajah rudal Moskva hari ini pergi tepat ke tempat yang dikirim oleh penjaga perbatasan kami di Pulau Ular!" klaim gubernur Odesa Maksym Marchenko, merujuk pada keterlibatan kapal penjelajah itu dalam serangan di pos perbatasan Ukraina. "Rudal Neptunus yang menjaga Laut Hitam menyebabkan kerusakan yang sangat serius pada kapal Rusia."

Secara terpisah, juru bicara kepresidenan Ukraina Oleksiy Arestovych mengklaim bahwa ada kebakaran di atas kapal Moskva dan kapal Rusia lainnya berusaha membantu.

Citra satelit sumber terbuka dapat mengkonfirmasi klaim tersebut, tetapi mungkin sulit diperoleh sampai tutupan awan hilang. Cuaca di wilayah tersebut buruk, dengan awan tebal, hujan dan angin sekitar 18 knot. Moskva terakhir kali terlihat meninggalkan Sevastopol pada 10 April.

 

4 dari 4 halaman

Serangan Paling Berani Ukraina Meski Target Sulit

Jika klaim itu benar, serangan itu mungkin merupakan serangan paling berani yang pernah dilakukan oleh pasukan pertahanan pantai Ukraina.

Serangan Ukraina sebelumnya di pelabuhan Berdyansk merusak satu kapal pendarat tank Rusia dan menenggelamkan yang lain, yang mengakibatkan hilangnya pengiriman amunisi. Tapi Moskva adalah jenis kapal perang yang sama sekali berbeda: dia adalah unggulan Armada Laut Hitam, kapal penjelajah rudal kelas Slava.

Jika serangan itu dikonfirmasi, itu akan menunjukkan bahwa persediaan rudal anti-kapal Ukraina mampu menembus pertahanan udara yang berat. Di antara kapal-kapal era Soviet, Moskva adalah target tersulit, yang memiliki tiga radar kendali tembakan, dua radar pencari, dua meriam antipesawat berat, enam meriam CIWS 30mm, 20 rudal permukaan-ke-udara jarak pendek, dan 64 rudal pertahanan udara jarak jauh.

Marchenko mengklaim bahwa coastal-defense batteries menyerang Moskva dengan Neptunus, rudal anti-kapal buatan dalam negeri yang dijadwalkan mulai beroperasi pada akhir 2021. Selain inventaris yang sudah ada sebelumnya, pasukan Ukraina mungkin memiliki rudal anti-kapal asing. rudal kapal baru-baru ini dijanjikan oleh Inggris. Analis telah menyarankan bahwa sumbangan ini dapat mencakup Brimstone ringan atau Harpoon B1C era 1980-an; yang terakhir akan membutuhkan Ukraina untuk mendapatkan peralatan pengendalian kebakaran berbasis pantai yang tidak dimiliki Inggris.

Jika dikonfirmasi, pemogokan akan menghancurkan Ukraina - bukan Rusia - pengerjaan. Dalam putaran sejarah, Moskva dibangun di Mykolaiv di bawah pemerintahan Soviet pada tahun 1983, kemudian dipasang kembali di halaman yang sama di bawah pemerintahan Ukraina pada 1990-an.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.