Sukses

Tersangka Penembakan Kereta Bawah Tanah New York Sudah Pernah Ditangkap 9 Kali

Tersangka penembakan kereta bawah tanah New York ternyata memiliki histori penangkapan sebanyak 9 kali.

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria berusia 62 tahun yang dituduh menembak 10 orang di kereta bawah tanah New York ditahan pada Rabu (13 April) dan menghadapi tuduhan teror federal, menyusul perburuan sepanjang hari di sebuah kota yang dilanda serangan itu.

Frank James - yang dicurigai meledakkan dua tabung asap saat kereta api memasuki stasiun Brooklyn, sebelum menembak ke arah kerumunan - dihentikan oleh petugas di jalan Manhattan, dan ditangkap tanpa insiden. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (14/4/2022).

Mengumumkan dakwaan terhadap James, Jaksa Distrik AS Breon Peace mengatakan dia bisa menghadapi hukuman seumur hidup jika terbukti melanggar larangan federal tentang "teroris dan serangan kekerasan lainnya terhadap sistem transportasi massal".

Michael J Driscoll, asisten direktur yang bertanggung jawab atas kantor FBI di New York, juga menyebut penembakan itu sebagai "serangan teroris terhadap angkutan massal".

James memiliki sembilan penangkapan sebelumnya di New York, dari tahun 1992 hingga 1998, termasuk kepemilikan alat perampokan dan tindakan seks kriminal, dan juga ditangkap tiga kali di New Jersey karena pelanggaran, pencurian, dan perilaku tidak tertib, menurut Kepala Detektif NYPD James Essig.

Polisi menemukan pistol Glock 17 sembilan milimeter, tiga magasin amunisi tambahan dan kapak dari tempat serangan, serta kartu kredit James dan kunci van yang dia sewa.

Tersangka telah memposting beberapa video dirinya di YouTube menyampaikan omelan politik yang panjang dan terkadang agresif, serta mengkritik walikota New York. Halamannya diturunkan setelah serangan itu, karena melanggar pedoman YouTube.

Tetapi saudara perempuan James, Catherine James Robinson, mengatakan kepada The New York Times bahwa dia "terkejut" melihat dia ditetapkan sebagai tersangka, menambahkan: "Saya tidak berpikir dia akan melakukan hal seperti itu."

Dia mengatakan dia memiliki sedikit kontak dengan saudara laki-lakinya selama bertahun-tahun, menurut surat kabar itu.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pelaku Penembakan

Menurut akun yang diberikan oleh polisi, James mengenakan masker gas tepat ketika kereta tiba di stasiun pada jam sibuk Selasa, kemudian membuka tabung asap dan melepaskan 33 tembakan ke penumpang yang penuh sesak di dalamnya.

"Yang Anda lihat seperti asap, bom asap hitam meledak, dan kemudian ... orang-orang bergegas ke belakang," salah satu korban tembakan, Hourari Benkada, mengatakan kepada CNN, merujuk pada tuduhan penumpang menuju pintu di ujung mobil.

Benkada, berbicara dari ranjang rumah sakitnya, mengatakan dia telah menaiki mobil pertama di 59th Street dan duduk di sebelah pria bersenjata itu - tetapi dengan headphone-nya dia tidak melihat apa-apa sampai asap mulai memenuhi mobil.

Dia mengatakan dia tidak mengerti bahwa ada tembakan pada awalnya, dan bahwa dia mencoba menenangkan seorang wanita hamil di sebelahnya.

"Saya terdorong dan saat itulah saya tertembak di bagian belakang lutut saya," katanya.

Stasiun 36th Street di Brooklyn, tempat serangan itu terjadi, dijaga ketat oleh polisi pada hari Rabu.

3 dari 4 halaman

Alat Peledak Ditemukan

Sebelum melepaskan tembakan, tersangka diketahui meledakkan granat asap, menurut pihak NYPD dan sumber penegak hukum kepada New York Post.

Pria bersenjata yang diduga menyamar sebagai pekerja konstruksi mengenakan masker gas itu melancarkan serangan berdarahnya di stasiun 36th Street di Sunset Park. Di lokasi kejadian, pihak berwenang menemukan beberapa alat peledak yang tidak meledak. 

Polisi dan sumber mengatakan, sedikitnya lima orang tertembak di gerbong ketiga kereta dan yang lainnya terluka karena menghirup asap. Seorang wanita hamil termasuk di antara mereka yang dirawat di rumah sakit.

Saat penembakan terjadi, kereta berhenti di stasiun 25th Street, dan penumpang yang berdiri dievakuasi ke kereta lain melintasi peron, di mana beberapa turun di perhentian berikutnya dan yang lainnya dilarikan ke rumah sakit. 

4 dari 4 halaman

Penembakan di New York Meningkat

Penembakan di New York telah meningkat tahun ini, dan peningkatan kejahatan senjata api telah menjadi fokus utama bagi Adams sejak ia menjabat pada Januari. 

Hingga 3 April, insiden penembakan meningkat menjadi 296 dari 260 pada periode yang sama tahun lalu, menurut statistik polisi.

Undang-undang senjata yang longgar dan hak yang dijamin secara konstitusional untuk memanggul senjata telah berulang kali menghalangi upaya untuk menekan jumlah senjata yang beredar di Amerika Serikat, meskipun mayoritas orang Amerika mendukung kontrol yang lebih besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.