Sukses

Korean Bamboo Salt, Garam Paling Murni Sedunia Seharga Rp 1,4 Juta per 240 Gram

Jika Anda mengira garam Himalaya merah muda itu mahal, Anda mungkin belum pernah mendengar tentang varietas garam mewah yang sebenarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Garam Bambu Korea adalah produk mewah yang harganya bisa lebih dari US$ 100 per botol atau setara Rp 1,4 juta.

Satu botol Korean Bamboo Salt biasanya hanya seberat 240 gram, demikian dikutip dari laman Oddity Central, Rabu (13/4/2022).

Harga sebagian besar ditentukan oleh proses pembuatannya yang melelahkan, yang melibatkan pemanggangan 9 kali dalam silinder bambu.

Jika Anda mengira garam Himalaya merah muda itu mahal, Anda mungkin belum pernah mendengar tentang varietas garam mewah yang sebenarnya.

Sebenarnya ada banyak dari mereka, termasuk garam kedelai dan garam Kilauea Onyx hitam pekat, tetapi di daftar paling atas adalah Amethyst Bamboo, varietas Korea yang dibuat dengan mengisi silinder bambu dengan garam laut, menutupinya dengan tanah liat Loess dan memanggangnya.

Prosesnya tak main-main, sembilan kali dalam tungku tradisional.

Ini adalah proses kompleks yang membutuhkan waktu satu bulan penuh untuk menyelesaikannya.

Setiap langkah dilakukan dengan tangan, jadi tidak heran jika garam bisa terjual lebih dari Rp 1,4 juta per toples.

Garam bambu telah menjadi bagian dari budaya Korea selama ratusan tahun, tetapi garam bambu panggang 9x hanya berasal dari abad ke-20.

Sebelumnya, garam hanya dipanggang dalam bambu dua atau tiga kali, tetapi kemudian diketahui bahwa beberapa panggang membantu memasukkan lebih banyak esensi bambu ke dalam garam dan juga menyaring lebih banyak kotoran, menjadikannya salah satu garam paling murni di planet ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses Pembuatan

Pembuatan Garam Bambu Amethyst dimulai dengan memotong batang bambu berusia 3 tahun menjadi silinder, membiarkan salah satu ujungnya tertutup, dan mengisinya dengan garam laut dari pantai barat Korea Selatan.

Ujung lainnya kemudian ditutup dengan tanah liat jenis keramik khusus. Silinder kemudian ditempatkan ke dalam kiln dan dipanggang di atas api kayu pinus, pada suhu mendekati titik leleh garam (800 derajat Celsius).

Saat bambu memanas, minyak keluar dari kayu dan diserap ke dalam garam, diduga memberikan aroma yang kompleks serta diduga memiliki khasiat untuk meningkatkan kesehatan.

Setelah 14-15 jam, bambu silinder menjadi abu, hanya menyisakan gumpalan garam, yang kemudian digiling dan dikemas dalam silinder bambu lagi.

Secara keseluruhan, proses ini diulang delapan kali.

Proses pemanggangan kesembilan sedikit berbeda, karena garam sekarang dipanggang pada suhu sekitar 1.000 derajat Celsius, yang menyebabkan garam dan bambu meleleh sepenuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Proses Selanjutnya

Campuran tersebut kemudian ditiriskan ke dalam cetakan, dan dibiarkan memadat selama beberapa hari.

Garam yang berbentuk seperti batu kemudian dipecah dengan tangan, dikemas dan dijual.

Tahap terakhir dari proses ini adalah yang paling sulit karena satu kesalahan dapat mengakibatkan pemborosan waktu selama 30-50 hari.

Garam Bambu Amethyst dikatakan sebagai garam panggang bambu paling murni di dunia, dan juga memiliki kandungan mineral tertinggi.

Beberapa memujinya karena rasa kompleks seperti kuning telur yang dikatakan diberikan oleh minyak bambu yang dikandungnya, dan ada banyak yang percaya itu memiliki khasiat obat.

Meskipun penelitian ilmiah belum membuktikan manfaat kesehatan dari mengkonsumsi garam bambu panggang 9 kali, para pendukung produk mewah dapat membantu pencernaan dan meningkatkan kesehatan mulut, mengurangi peradangan dan beberapa bahkan berpikir bahwa itu memiliki efek antikanker.

Apakah Garam Bambu Amethyst sebenarnya lebih baik untuk Anda?

Atau bahkan rasanya lebih enak daripada garam biasa yang biasa Anda konsumsi?

4 dari 4 halaman

Manfaat Garam Dapur

Garam dapur tentunya sudah tidak asing lagi. Bumbu masakan satu ini bisa menambah cita rasa masakan agar lebih nikmat. Bayangkan saja, makanan tanpa bumbu dapur tentu akan terasa hambar dan kurang nikmat. Maka tidak heran apabila penggunaan garam dalam kehidupan sehari-hari sangat sulit untuk dipisahkan.

Berikut manfaat lain dari garam:

1. Cegah Penyakit Gondok

Manfaat garam dapur dapat mencegah terjadinya penyakit gondok karena kandungan yodiumnya. Pasalnya, gondok bisa dikarenakan jumlah yodium yang tidak tercukupi. Hingga akhirnya kelenjar tiroid akan membengkak karena permintaan tubuh untuk terus memproduksi hormon tiroid. Pembengkakan kelenjar tiroid tersebut yang akhirnya menyebabkan perubahan bentuk leher, di mana leher ikut membengkak bahkan muncul benjolan.

2. Jaga Keseimbangan Elektrolit

Manfaat garam dapur bagi tubuh yang selanjutnya tidak kalah penting. Garam dapur dapat mempertahankan tingkat hidrasi. Terutama bagi Anda yang sering bekerja di luar ruangan dan rutin berolahraga secara teratur, sangat perlu memulihkan kekurangan garam serta air yang keluar dari keringat.

3. Mencegah Hiponatremia

Hiponatremia merupakan kondisi di mana tubuh menderita kekurangan garam yang ada di cairan sel tubuh. Umumya, cairan yang keluar berupa keringat, diare, atau juga umum dikenal sebagai intoksikasi air.

Padahal, untuk mempertahankan tekanan darah yang sehat serta kelancaran fungsi saraf dan otot, tubuh sangat butuh akan asupan garam. Apabila kebutuhan garam tidak tercukupi, maka bisa terjadi ketidakseimbangan kadar air di dalam tubuh yang pada akhirnya mengakibatkan adanya pembengkakan karena sel-selnya kelebihan air.

4. Jaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Salah satu manfaat garam dapur yaitu untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Perlu diketahui, bahwa infeksi bakteri bisa menyebabkan masalah pada gigi dan gusi.

Maka, untuk mencegah semakin berkembangnya bakteri, coba untuk berkumur dengan air garam. Cara ini dipercaya ampuh untuk mengurangi pembengkakan serta meredakan sakit yang menyerang gusi.

5. Obat Sariawan

Manfaat garam dapur yang satu ini juga sudah cukup dikenal. Garam dapur yang dilarutkan dengan air dapat membantu meredakan sariawan. Bahkan, banyak fakta menyebut apabila berkumur dengan air garam sangat ampuh untuk meredakan rasa nyeri serta membantu sariawan cepat sembuh. Agar hasilnya dapat optimal berkumur 2-3 kali dalam sehari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.