Sukses

Perang Rusia Ukraina Ternyata Perburuk Krisis di Yaman dan Afghanistan

Situasi yang kian memburuk di Ukraina akibat serangan Rusia rupanya juga memperburuk krisis di Yaman dan Afghanistan.

Liputan6.com, Kiev - Melonjaknya biaya makanan dan bahan bakar, bersama dengan pemotongan anggaran di beberapa negara donor tradisional, telah memaksa World Food Program (WFP) untuk mengurangi separuh jumlah makanan yang diberikannya kepada jutaan orang di Yaman, Chad dan Niger.

“Jangan membuat kami mengambil makanan dari anak-anak yang lapar untuk diberikan kepada anak-anak yang kelaparan,” pinta Program Pangan Dunia PBB (WFP). 

Pada Desember 2021, PBB membuat rekor seruan sebesar $41 miliar (£31 miliar) untuk membantu 273 juta orang tahun ini. Seperti yang ditekankan oleh para pekerja bantuan, mereka bukanlah orang-orang yang akan dibuat sedikit lebih nyaman dengan bantuan dari PBB. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (12/4/2022)

Mereka adalah orang-orang, terutama anak-anak, yang mungkin akan mati tanpanya.

Tapi seruan itu dibuat sebelum Rusia menginvasi Ukraina. Kedua negara itu dulunya menjual gandum ke WFP.Saat itu, Ukraina adalah pemasok, bukan negara yang membutuhkan bantuan kemanusiaan, seperti yang ditunjukkan direktur WFP di Jenewa, Annalisa Conte.

Pada bulan pertama perang, WFP menjangkau satu juta orang di Ukraina. Tapi pasokan gandum Ukraina, yang ditakdirkan untuk memberi makan beberapa yang paling lapar di planet ini, telah mengering.

Sementara itu, banyak negara Afrika, meskipun tidak bergantung pada bantuan PBB, mengimpor gandum dari Ukraina.Somalia mendapatkan lebih dari 60% gandumnya dari Ukraina dan Rusia, sementara Eritrea mendapatkan hampir 97% gandumnya dari Ukraina.

Mereka sekarang harus menawar melawan orang Eropa dan Amerika Utara di pasar internasional untuk mencari makanan.Jan Egeland, mantan kepala bantuan darurat PBB dan sekarang dengan Dewan Pengungsi Norwegia, menggambarkan ini sebagai "bencana" untuk bagian termiskin di dunia. "Mereka akan kelaparan," katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kewalahan

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres memperingatkan bahwa warga Afghanistan "menjual anak-anak mereka, dan bagian tubuh mereka, untuk memberi makan keluarga mereka". 

Tapi seruan kilat untuk Afghanistan mencapai sekitar setengah dari apa yang diminta PBB.Seruan serupa untuk Yaman, yang menurut PBB sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia, mendapat kurang dari sepertiga.

Meskipun pekerja bantuan tidak suka mengatakannya di depan umum, ada perasaan tidak nyaman bahwa negara-negara donor tradisional di Eropa, yang dalam beberapa pekan terakhir telah mengumpulkan jumlah rekor untuk Ukraina dan menawarkan puluhan ribu tempat di rumah mereka untuk pengungsi Ukraina, sedang agak selektif tentang siapa yang mereka bantu.

Tidak diragukan lagi bahwa warga sipil yang rentan di Ukraina "mendapatkan semua belas kasih kita, dan curahan kemurahan hati yang telah kita lihat", kata Robert Mardini, direktur jenderal Komite Internasional Palang Merah.

Tapi, tambahnya, ada daftar panjang konflik yang belum terselesaikan di tempat lain yang terus berlanjut dari hari ke hari.

Krisis di Afghanistan, Yaman dan Suriah antara lain semakin memburuk sejak perang Ukraina. Jan Egeland mengakui lembaga bantuan merasa "kewalahan, kekurangan dana, kewalahan tidak seperti sebelumnya".

3 dari 4 halaman

Bantuan untuk Semua

Kemurahan hati terhadap warga Ukraina yang telah meninggalkan rumah mereka disambut oleh Badan Pengungsi PBB.

Tetapi para pekerja bantuan juga tahu bahwa sampai baru-baru ini, banyak negara Eropa, di antaranya Hungaria dan Polandia, mendorong pengungsi Suriah kembali melintasi perbatasan mereka.

Shabia Mantoo dari badan pengungsi berpikir perang Ukraina bisa menjadi kesempatan bagi dunia untuk lebih memahami apa itu pengungsi, atau menjadi negara tetangga, seperti Lebanon, Uganda atau Turki, yang menampung ratusan ribu pengungsi. rakyat.

Dia berharap negara-negara yang sekarang membuka pintu mereka untuk pengungsi Ukraina akan "memperluas solidaritas itu, kasih sayang itu kepada semua orang lain dalam situasi yang sama".

Tetapi bahkan jika krisis ini menyebabkan lonjakan solidaritas global, badan-badan bantuan tahu ini akan menjadi tahun yang sangat sulit.Fakta bahwa Rusia, anggota tetap Dewan Keamanan PBB yang memiliki hak veto, adalah agresor dalam perang terakhir ini mungkin akan membuat pengiriman bantuan menjadi lebih rumit.

PBB membutuhkan kerja sama antara Rusia dan Barat, misalnya, untuk pengiriman lintas batas ke Suriah. Tapi hubungan ini sekarang "dalam pembekuan", seperti yang dikatakan Jan Egeland.

4 dari 4 halaman

Harga Makanan Naik

Sementara itu, harga makanan dan bahan bakar diperkirakan akan naik lebih jauh, sementara negara-negara kaya berusaha menyeimbangkan pembukuan mereka setelah menghabiskan puluhan miliar untuk program pemulihan Covid.

Ini adalah badai yang sempurna, kata pekerja bantuan, yang menunjukkan sekali lagi bahwa bantuan kemanusiaan tidak pernah menjadi solusi dan biasanya hanya plester yang menempel pada luka yang menganga.

Kedamaian adalah prasyarat untuk segalanya, kata Annalisa Conte.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.