Sukses

14 April 1986: Amerika Serikat Lancarkan Serangan Udara ke Libya

Amerika Serikat meluncurkan serangan udara ke Libya karena alasan pembalasan.

Liputan6.com, Tripoli - Pada tanggal 14 April 1986, Amerika Serikat melancarkan serangan udara terhadap Libya sebagai pembalasan atas sponsor Libya terorisme terhadap pasukan dan warga Amerika.

Dilansir dari laman History, Rabu (13/4/2022), serangan itu, yang dimulai sesaat sebelum jam 7 malam EST (2 pagi, 15 April di Libya), melibatkan lebih dari 100 pesawat Angkatan Udara dan Angkatan Laut AS, dan berakhir dalam waktu satu jam.

Lima sasaran militer dan "pusat terorisme" terkena, termasuk markas pemimpin Libya, Moammar Khadafi.

Selama tahun 1970-an dan 1980-an, pemerintah Qaddafi membiayai berbagai kelompok Muslim dan anti-kekaisaran di seluruh dunia, dari gerilyawan Palestina dan pemberontak Muslim Filipina hingga Tentara Republik Irlandia dan Black Panthers.

Sebagai tanggapan, AS menjatuhkan sanksi terhadap Libya, dan hubungan antara kedua negara terus memburuk.

Pada tahun 1981, Libya menembaki sebuah pesawat AS yang melewati Teluk Sidra, yang diklaim Qaddafi pada tahun 1973 sebagai perairan teritorial Libya.

Tahun itu, AS menemukan bukti plot teroris yang disponsori Libya terhadap Amerika Serikat, termasuk upaya pembunuhan yang direncanakan terhadap pejabat AS dan pemboman tarian yang disponsori kedutaan AS di Khartoum, Sudan.

Pada bulan Desember 1985, lima warga Amerika tewas dalam serangan teroris serentak di bandara Roma dan Wina.

Libya disalahkan, dan Presiden AS Ronald Reagan memerintahkan sanksi yang diperluas dan membekukan aset Libya di Amerika Serikat. Pada 24 Maret 1986, pasukan AS dan Libya bentrok di Teluk Sidra, dan empat kapal penyerang Libya ditenggelamkan. Kemudian, pada tanggal 5 April, teroris mengebom sebuah ruang dansa Berlin Barat yang dikenal sering dikunjungi oleh tentara AS.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Balasan Amerika Serikat

Seorang prajurit AS dan seorang wanita Turki tewas, dan lebih dari 200 orang terluka, termasuk 50 prajurit AS lainnya. Intelijen AS dilaporkan mencegat pesan radio yang dikirim dari Libya ke diplomatnya di Berlin Timur yang memerintahkan serangan 5 April di diskotek LaBelle.

Pada 14 April, Amerika Serikat membalas dengan serangan udara dramatis terhadap Tripoli dan Banghazi. 

Serangan itu dilakukan oleh 14 jet serang angkatan laut A-6E yang berbasis di Mediterania dan 18 pesawat pengebom FB-111 dari pangkalan di Inggris. Banyak pesawat pendukung lainnya juga terlibat. Prancis menolak mengizinkan F-111F untuk terbang di atas wilayah Prancis, yang menambah total 2.600 mil laut untuk perjalanan dari Inggris. 

Tiga barak militer diserang, bersama dengan fasilitas militer di bandara utama Tripoli dan pangkalan udara Benina di tenggara Benghazi. Semua target kecuali salah satunya, dilaporkan dipilih karena hubungan langsung mereka dengan aktivitas teroris. Lapangan terbang militer Benina pun juga terdampak mencegah pencegat Libya lepas landas dan menyerang pembom AS yang datang.

Bahkan sebelum operasi itu berakhir, Presiden Reagan tampil di televisi nasional untuk membahas serangan udara itu. 

“Ketika warga kami dilecehkan atau diserang di mana pun di dunia,” katanya.

“Kami akan merespons untuk membela diri. Hari ini kami telah melakukan apa yang harus kami lakukan. Jika perlu, kami akan melakukannya lagi.”

3 dari 4 halaman

Serangan AS Sukses

Operasi El Dorado Canyon, seperti yang diberi nama kode, disebut sukses oleh pejabat AS. Putri angkat Khadafi yang berusia 15 bulan tewas dalam serangan di kediamannya, dan dua putranya yang masih kecil terluka.

Meskipun dia tidak pernah mengakuinya secara terbuka, ada spekulasi bahwa Khadafi juga terluka dalam pemboman itu.

Tembakan dari rudal permukaan-ke-udara Libya dan artileri anti-pesawat konvensional sangat berat selama serangan itu, dan satu F-111, bersama dengan dua awaknya, hilang dalam keadaan yang tidak diketahui.

Beberapa bangunan tempat tinggal secara tidak sengaja dibom selama serangan itu, dan 15 warga sipil Libya dilaporkan tewas. Kedutaan Prancis di Tripoli juga tidak sengaja terkena, tetapi tidak ada yang terluka.

Pada 15 April, kapal patroli Libya menembakkan rudal ke stasiun komunikasi Angkatan Laut AS di pulau Lamedusa, Italia, tetapi rudal tersebut gagal. Tidak ada serangan teroris besar lainnya yang terkait dengan Libya sampai pengeboman Pan Am 747 tahun 1988 di atas Lockerbie, Skotlandia.

259 penumpang dan awak penerbangan itu tewas, dan 11 orang di darat tewas. Pada awal 1990-an, para penyelidik mengidentifikasi agen intelijen Libya Abdel Basset Ali al-Megrahi dan Lamen Khalifa Fhimah sebagai tersangka dalam pemboman itu, tetapi Libya menolak untuk menyerahkan mereka untuk diadili di Amerika Serikat.

4 dari 4 halaman

Sanksi dari PBB

Namun pada tahun 1999–dalam upaya untuk meringankan sanksi PBB terhadap Libya–Kolonel Moammar Khadafi setuju untuk menyerahkan para tersangka ke Skotlandia untuk diadili di Belanda menggunakan hukum dan jaksa Skotlandia. 

Pada awal tahun 2001, al-Megrahi divonis dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, meskipun ia terus mengakui ketidakbersalahannya dan berusaha untuk membatalkan keyakinannya. Fhimah dibebaskan.

Sesuai dengan tuntutan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Amerika, Libya menerima tanggung jawab atas pemboman itu, meskipun tidak menyatakan penyesalan. PBB dan AS mencabut sanksi terhadap Libya; negara kemudian membayar setiap keluarga korban sekitar $8 juta sebagai kompensasi. 

Pada tahun 2004, perdana menteri Libya mengatakan bahwa kesepakatan itu adalah "harga untuk perdamaian," menyiratkan bahwa negaranya hanya menerima tanggung jawab untuk mencabut sanksi, membuat marah keluarga korban. Dia juga mengakui bahwa Libya tidak benar-benar merasa bersalah atas pengeboman tersebut. Pan Am Airlines, yang bangkrut akibat pengeboman, masih menuntut kompensasi sebesar US$ 4,5 miliar dari Libya di pengadilan sipil.

Khadafi mengejutkan banyak orang di seluruh dunia ketika ia menjadi salah satu kepala negara Muslim pertama yang mencela al-Qaida setelah serangan 11 September 2001. 

Pada tahun 2003, ia mendapat dukungan dari pemerintahan George W. Bush ketika dia mengumumkan adanya program untuk membuat senjata pemusnah massal di Libya dan bahwa dia akan mengizinkan sebuah badan internasional untuk memeriksa dan membongkarnya. 

Meskipun beberapa di pemerintahan AS menunjuk ini sebagai konsekuensi langsung dan positif dari perang yang sedang berlangsung di Irak, yang lain menunjukkan bahwa Khadafi pada dasarnya telah membuat tawaran yang sama sejak 1999, tetapi telah diabaikan. 

Pada tahun 2004, Perdana Menteri Inggris Tony Blair mengunjungi Libya, salah satu kepala negara barat pertama yang mengunjungi Libya baru-baru ini. Ia memuji Libya selama kunjungannya sebagai sekutu kuat dalam perang internasional melawan teror.

Pada Februari 2011, ketika kerusuhan menyebar ke sebagian besar dunia Arab, protes politik besar-besaran terhadap rezim Khadafi memicu perang saudara antara kaum revolusioner dan loyalis. 

Pada bulan Maret, koalisi internasional mulai melakukan serangan udara terhadap kubu Khadafi di bawah naungan resolusi Dewan Keamanan PBB. Pada 20 Oktober, pemerintah sementara Libya mengumumkan bahwa Khadafi telah meninggal setelah ditangkap di dekat kampung halamannya di Sirte.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini