Sukses

Pria Penyewa Van Diduga Terkait Penembakan di Kereta Bawah Tanah New York

Polisi Kota New York telah mengeluarkan a person of interest atau identitas orang yang dicurigai terlibat penembakan di kereta bawah tanah New York, AS.

Liputan6.com, New York - Polisi Kota New York telah mengeluarkan a person of interest atau identitas orang yang dicurigai terlibat penembakan pada jam sibuk pagi hari di sebuah stasiun kereta bawah tanah yang menyebabkan lebih dari 20 orang terluka.

Polisi mengatakan mereka sedang mencari Frank R James, pria berusia 62 tahun sehubungan dengan serangan itu karena dia menyewa sebuah van U-Haul yang mungkin terkait dengan penembakan kereta bawah tanah New York.

Kunci van, yang disewa di Philadelphia, ditemukan di tempat kejadian.

"Kami sedang mencari untuk menentukan apakah dia memiliki hubungan dengan penyerangan di kereta api itu," kata Kepala Detektif NYPD James Essig seperti dikutip dari BBC, Rabu (13/4/2022).

Departemen Kepolisian New York (NYPD) meminta "siapa pun yang memiliki informasi tentang keberadaannya" untuk menelepon hotline.

Kendati demikian James belum ditetapkan sebagai tersangka dalam serangan itu. Ia diidentifikasi sebagai a person of interest, berarti polisi meyakini dia mungkin memiliki informasi mengenai kejahatan tersebut.

The New York Times melaporkan bahwa James yang memiliki alamat di Wisconsin dan Philadelphia, tampaknya telah memposting lusinan video di media sosial dalam beberapa tahun terakhir, di mana ia mengungkapkan pandangan fanatik. Baru-baru ini dia juga mengkritik Wali Kota New York City Eric Adams.

Dalam briefing Selasa malam, polisi memberikan rincian lebih lanjut tentang insiden yang melihat seorang penyerang laki-laki meledakkan dua granat asap dan melepaskan tembakan di stasiun 36th Street di Brooklyn.

Menanggapi serangan itu, Presiden Joe Biden mengucapkan terima kasih kepada "semua responden pertama yang bertindak, termasuk warga sipil yang tidak ragu untuk membantu sesama penumpang mereka."

Kota-kota di AS telah mengalami peningkatan kekerasan senjata selama dua tahun terakhir.

"Kegilaan yang menguasai kota kita ini harus dihentikan," kata Gubernur New York Kathy Hochul setelah serangan itu. "Kami tidak mengatakan apa-apa lagi. Tidak ada lagi penembakan massal. Tidak ada lagi yang mengganggu kehidupan."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Temuan Pistol hingga Sayembara Rp 718 Juta Buru Pelaku

Serangan itu terjadi sesaat sebelum pukul 08.30 waktu setempat (12:30 GMT) pada hari Selasa, dan polisi mengatakan pria itu memiliki pistol semi-otomatis Glock 9 mm.

"Dia kemudian menembakkan senjata itu setidaknya 33 kali, menyerang 10 orang," kata kepala polisi Essig. Tujuh pria dan tiga wanita ditembak.

Gambar dari tempat kejadian menunjukkan penumpang berlumuran darah tergeletak di lantai stasiun yang dipenuhi asap.

13 orang lainnya "menderita luka yang berhubungan dengan menghirup asap, jatuh atau serangan panik", kata kepala polisi.

Semua korban diperkirakan selamat.

"Laki-laki itu kemudian melarikan diri dari tempat kejadian, dan detektif secara aktif berusaha menentukan keberadaannya," kata Essig.

Penyelidik menemukan pistol Glock, tiga magasin tambahan, kapak dan berbagai perangkat pembakar potensial di tempat kejadian.

Hadiah $50.000 (£38.450) atau sekitar Rp 718 juta ditawarkan untuk informasi yang mengarah pada penangkapan tersangka.

Polisi mengatakan pria bersenjata itu tingginya sekitar 5 kaki 5 inci dan 77 kg. Dia dikatakan mengenakan rompi konstruksi, kaus berkerudung abu-abu, dan masker gas.

3 dari 4 halaman

Kesulitan Penyelidikan

Motif penyerang tidak segera diketahui.

Komisaris Polisi Kota New York Keechant Sewell mengatakan sebelumnya pada hari Selasa bahwa penembakan itu pada awalnya tidak diperlakukan sebagai tindakan terorisme.

Saksi mata menggambarkan mendengar orang berteriak minta tolong dan melarikan diri dengan panik. Warga Brooklyn, Yayha Ibrahim, mengatakan dia melihat orang-orang berlarian dari stasiun 36th Street.

"Saya melihat seorang wanita, dia ditembak tepat di kakinya dan dia berteriak minta tolong," katanya kepada kantor berita Reuters. Petugas penyelamat "melakukan pekerjaan yang baik untuk datang dengan cepat dan cepat, dan ambulans datang dan mereka membawanya", tambahnya.

"Pintu kereta bawah tanah saya terbuka menjadi bencana. Itu adalah asap dan darah dan orang-orang berteriak," kata saksi mata Sam Carcamo kepada Associated Press. Dia menambahkan bahwa kepulan asap keluar dari kereta begitu pintunya dibuka.

Penyelidikan awal polisi atas apa yang terjadi mungkin terhambat oleh kegagalan dalam sistem pengawasan stasiun.

"Di stasiun tertentu tampaknya ada beberapa bentuk kerusakan pada sistem kamera," kata Wali Kota Adams kemudian.

4 dari 4 halaman

Respons Presiden AS Joe Biden

Menanggapi serangan itu, Presiden Joe Biden mengucapkan terima kasih kepada "semua responden pertama yang bertindak, termasuk warga sipil yang tidak ragu untuk membantu sesama penumpang mereka."

Kota-kota di AS telah mengalami peningkatan kekerasan senjata selama dua tahun terakhir.

"Kegilaan yang menguasai kota kita ini harus dihentikan," kata Gubernur New York Kathy Hochul setelah serangan itu. "Kami tidak mengatakan apa-apa lagi. Tidak ada lagi penembakan massal. Tidak ada lagi yang mengganggu kehidupan."

New York, kota terpadat di negara itu, telah mengalami peningkatan tajam dalam kejahatan kekerasan selama pandemi, termasuk serangkaian serangan yang tampaknya acak di kereta bawah tanahnya. Sistem ini adalah salah satu yang tertua dan terluas di dunia.

Kekerasan kereta bawah tanah telah mencakup sejumlah serangan di mana penumpang telah didorong ke rel dari peron, termasuk seorang wanita Manhattan yang pembunuhannya dilihat sebagai bagian dari lonjakan serangan yang didorong oleh kebencian terhadap orang Amerika keturunan Asia.

Walikota Eric Adams, mantan kapten NYPD dan presiden wilayah Brooklyn yang menjabat pada Januari, telah berjanji untuk meningkatkan keamanan kereta bawah tanah dengan meningkatkan patroli polisi dan memperluas jangkauan ke orang yang sakit mental.

Berbicara kepada CNN, Adams mengatakan insiden hari Selasa "adalah tindakan kekerasan yang tidak masuk akal" dan berjanji untuk menggandakan jumlah petugas patroli kereta bawah tanah.

Gubernur New York Kathy Hochul menjanjikan "sumber daya penuh negara bagian kita untuk memerangi gelombang kejahatan ini." 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.