Sukses

PM Narendra Modi Tegaskan Posisi Netral India di Depan Joe Biden Soal Perang Rusia dan Ukraina

PM Narendra Modi menegaskan posisi India yang menginginkan perdamaian di tengah perang Rusia-Ukraina.

Liputan6.com, New Delhi - Pertemuan virtual Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden AS Joe Biden dilakukan di belakang pendirian mereka yang berbeda terkait Ukraina.

Beberapa hari sebelum pertemuan mereka, Biden menyebut pendirian India "agak goyah" dan seorang pejabat AS telah memperingatkan bahwa India telah diberitahu bahwa konsekuensi dari "penyelarasan strategis yang lebih eksplisit" dengan Moskow akan "signifikan dan berjangka panjang".

Tetapi India tetap teguh pada pendiriannya meskipun tampaknya ada tekanan yang meningkat dari AS. 

Dilansir dari laman BBC, Senin (11/4/2022), pihak New Delhi terus mempromosikan dialog untuk mengakhiri perang. Pihaknya tidak mengkritik Rusia secara langsung tetapi memilih beberapa kata yang kuat tentang perlunya menghormati kedaulatan setiap negara.

Dengan latar belakang itu, pertemuan puncak para pemimpin - yang tidak direncanakan dan diminta oleh Gedung Putih - penting bagi perkembangan geopolitik.

Pembicaraan itu diikuti oleh Dialog 2+2 tahunan yang direncanakan antara Menteri Luar Negeri India S Jaishankar, Menteri Pertahanan Rajnath Singh, dan rekan mereka dari AS Antony Blinken dan Lloyd Austin di Washington.

Terbukti dari pernyataan bahwa kedua belah pihak telah menunjukkan kesediaan untuk memahami posisi masing-masing soal Ukraina. 

Pratyush Rao, direktur konsultan Asia Selatan di Control Risks, mengatakan kunjungan itu dilakukan pada saat yang sensitif untuk hubungan tersebut.

“Ini adalah penegasan kembali yang terlihat di tingkat tertinggi oleh kedua belah pihak terhadap hubungan bilateral, di tengah semua spekulasi media tentang ketegangan yang semakin dalam atas konflik Ukraina. Pesannya adalah, ya kami memang berbeda soal Rusia dan tidak mungkin menjembatani kesenjangan, tetapi tidak membiarkannya menggagalkan kerja sama yang lebih luas di Indo-Pasifik juga," tambahnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Posisi India Netral

Sementara PM Modi dan para menterinya menegaskan kembali kebijakan non-blok mereka yang dinyatakan di Ukraina, Biden dan para menterinya tampak lebih memahami posisi Delhi - sebuah perubahan yang nyata dari beberapa pernyataan kuat sebelumnya dari para pejabat Washington.

Blinken mengatakan India "harus membuat keputusan sendiri tentang bagaimana pendekatan tantangan ini". 

Dia juga mencatat bahwa India telah mengeluarkan pernyataan keras di PBB dan menyerukan penyelidikan independen atas pembunuhan warga sipil di Bucha Ukraina.

Dalam sebuah pernyataan jujur, dia mengatakan "Hubungan India dengan Rusia telah berkembang selama beberapa dekade pada saat Amerika Serikat tidak dapat menjadi mitra India".

Dia menambahkan bahwa "waktu telah berubah" dan AS bersedia menjadi mitra pilihan dengan India di hampir setiap bidang - perdagangan, teknologi, pendidikan, dan keamanan. Mantan diplomat India Anil Triguniyat mengatakan pernyataan ini menunjukkan bahwa AS telah memahami posisi India dalam konteks geopolitik yang lebih luas.

"Kedua belah pihak memiliki terlalu banyak kerugian jika hubungan bilateral tegang. Hubungan mereka kaya dan pertemuan hanya menegaskan kembali itu," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Komitmen Kerja Sama India-AS

Di luar isu Ukraina, kedua belah pihak juga menegaskan kembali komitmen mereka untuk melanjutkan kerja sama di Indo-Pasifik, dan juga di sektor perdagangan, pertahanan, dan keamanan.

AS mengatakan melihat India sebagai "penjaga keamanan di kawasan"."

China sedang berusaha untuk membentuk kembali kawasan dan sistem internasional secara lebih luas dengan cara yang melayani kepentingannya," kata Blinken.

Baik AS dan India sepakat untuk memainkan peran yang lebih besar di kawasan itu untuk mengimbangi pengaruh China yang semakin besar. India memiliki perbatasan yang disengketakan dengan China. 

Pasukan mereka terlibat dalam bentrokan maut di lembah Galwan pada tahun 2020 yang mengakibatkan tewasnya 20 tentara India. China kemudian mengatakan kehilangan empat tentara dalam bentrokan itu.

Jaishankar mengakui bahwa Quad - yang meliputi India, AS, Jepang dan Australia - telah muncul sebagai "kekuatan yang kuat untuk kebaikan global" dan "ketinggiannya menguntungkan seluruh Indo-Pasifik".

Rao mengatakan bahwa India mengembalikan kepercayaannya pada Quad itu penting.Rusia, sekutu India yang telah teruji waktu, telah mengkritik Quad dan menyebutnya sebagai forum untuk menargetkan China. 

Baik Moskow dan Beijing telah menjadi lebih dekat dan sering bersama-sama mengambil sikap melawan Barat.

Dalam konteks itu, Rao mengatakan bahwa dukungan publik dan tegas menteri luar negeri India terhadap Quad itu penting dan kemungkinan akan bergema di antara para pendengarnya di Washington.

4 dari 4 halaman

Hubungan India-Rusia

Washington juga mengakui bahwa Rusia adalah pemasok pertahanan terbesar India - menyumbang lebih dari 50% dari impornya.

Sebaliknya, AS adalah pemasok terbesar kedua India antara 2011 dan 2015 setelah Rusia, tetapi tertinggal dari Prancis dan Israel pada periode antara 2016 dan 2021.

Mantan diplomat India Jitendra Nath Misra mengatakan India terus mengimpor dari Rusia karena mendapat nilai uang yang baik, dan yang terpenting, transfer teknologi di beberapa daerah."

AS perlu memberikan komitmen transfer teknologi untuk bisa mendapatkan porsi yang lebih besar dari impor pertahanan India," katanya.

Menteri Pertahanan Singh berbicara tentang kampanye "Make in India" PM Modi dan mengundang perusahaan pertahanan AS untuk mendirikan toko di India. Tetapi belum ada pengumuman besar tentang ini. 

Namun, langkah signifikan diumumkan tentang kedua negara bersama-sama mengembangkan kendaraan udara tak berawak yang diluncurkan dari udara.

"Lebih banyak tindakan seperti itu diperlukan untuk mengatasi kebutuhan pertahanan India dan membantu mengurangi ketergantungannya pada Moskow," tambah Misra.

Namun masalah penting akuisisi India atas sistem pertahanan rudal S-400 Rusia masih belum terpecahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.