Sukses

Satu Pohon Berbuah 1.269 Tomat, Pria di Inggris Pecahkan Rekor Dunia

Tak tanggung-tanggung, satu pohon tomat yang ukurannya tak terlalu besar itu punya 1.269 buah.

Liputan6.com, Hertfordshire - Douglas Smith, seorang tukang kebun dari Hertfordshire, Inggris baru-baru ini membuat Rekor Guinness baru untuk besaran buah tomat yang ditanam pada satu batang.

Tak tanggung-tanggung, satu pohon tomat yang ukurannya tak terlalu besar itu punya 1.269 buah, demikian dikutip dari laman Oddity Central, Selasa (12/4/2022).

Hingga musim panas lalu, ada sebuah rekor yang tidak tertandingi selama lebih dari satu dekade.

Kemudian petani Inggris Douglas Smith mengarahkan pandangannya untuk memecahkan rekor tersebut.

Ia berpikir bahwa dirinya dapat menumbuhkan lebih dari 488 buah pada satu batang. Dan dia membuktikannya tahun lalu, ketika dia berhasil menghapus rekor lama dengan menanam 839 tomat di tanam rumah kaca.

Itu adalah pencapaian yang luar biasa, tetapi baru-baru ini ia kembali memulai eksperimennya.

Beberapa minggu kemudian Hertfordshire ia memecahkan rekornya sendiri dengan menanam tidak kurang dari 1.269 tomat pada satu batang.

Bisa dibilang Douglas Smith adalah seorang ahli hortikultura yang punya obsesi besar.

Dia menghabiskan hingga empat jam sehari di kebun belakangnya merawat tanamannya, dan telah bekerja keras untuk menjadi tukang kebun terbaik yang pernah ada di dunia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rajin Baca Makalah Ilmiah

Untuk memaksimalkan peluangnya memecahkan rekor dunia baru, Smith membaca berbagai makalah ilmiah dan bahkan mengambil sampel tanah untuk diuji di laboratorium. Namun pada akhirnya, semua itu terbayar.

"Saya merasa bahagia," kata Douglas.

"Tahun ini hanya dimaksudkan sebagai tahun percobaan untuk melihat varietas mana yang akan menghasilkan buah paling banyak. Saya kagum dengan berapa banyak tomat yang ada di satu batang pada akhirnya."

"Tomat dihitung menjadi 10 kotak, dan 10 kotak ditempatkan di nampan. Setiap nampan berisi 100 tomat," kata tukang kebun tersebut.

Punya 1.269 buah tomat dalam satu batang hanyalah pencapaian terbaru Douglas Smith.

Pada tahun 2020, ia menanam bunga matahari setinggi 20 kaki, dan juga membuat rekor nasional baru untuk tomat terberat, dengan tomat 3,106 kg (6,85 pon).

Dia “suka melakukan eksperimen kecil-kecilan dengan sayuran raksasa dan tanaman raksasa lainnya”, dan saat ini dia sedang bereksperimen dengan kacang polong, terong, dan kentang.

3 dari 4 halaman

Catatan Rekor Dunia Terbaru

jika tadi soal tomat, maka kali ini soal penguin.

Robot ciptaan sebuah perusahaan di Jepang yang sebagian terdiri dari lima penguin yang dimodifikasi, memecahkan Rekor Dunia Guinness.

Dikutip dari laman UPI, robot ini melakukan lompat tali 170 kali dalam 1 menit.

RICOH, sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam mesin fotokopi dan peralatan kantor, mengatakan bahwa tim PENTA-X mengembangkan boneka "Penguin-chan".

Robot ini mampu melompat, dan lima penguin digabungkan dan dimodifikasi menjadi "Mesin Lompat Tali Penguin-chan."

Robot itu diuji pada awal Maret di sebuah acara yang dihadiri oleh juri Guinness World Records.

Juri mengkonfirmasi bahwa robot melompati tali yang diayunkan oleh tim 170 kali dalam 60 detik.

Hasilnya, terpecahkan rekor dunia untuk lompatan robot terbanyak dalam 1 menit.

4 dari 4 halaman

Rekor Lidah Panjang

Kemudian, rekor terbaru berkaitan dengan panjang lidah.

K Praveen, dari Thiruthangal di Virudhunagar, Tamil Nadu, tercatat di India Book of Records sebagai pria pemilik lidah sepanjang 10,8 cm.

Menurut University of Edinburgh, mengutip Oddity Central, rata-rata panjang lidah pria manusia sekitar 8,5 cm. Hal itu membuat lidah K Praveen lebih panjang 2,5 cm, dan mungkin terpanjang di dunia.

Mahasiswa robotika muda ini telah mengetahui lidahnya lebih panjang dari biasanya sejak dia mulai menunjukkan kepada teman dan keluarga apa yang bisa dia lakukan dengan lidahnya. Seperti menyentuh ujung hidung dengan lidahnya dan nyaris bisa menyentuh matanya.

Karena kekurangan dana, dia belum bisa mengukur lidahnya secara resmi oleh Guinness Records, tetapi dia mencatatkan namanya di Limca Book of Records India, karena memiliki lidah terpanjang di negara itu.

Beberapa tahun lalu, pria berusia 21 tahun itu berhasil mencatatkan namanya di buku rekor Asia Book of Records karena menyentuh hidungnya dengan lidah sebanyak 219 kali dalam satu menit. Rupanya, dia juga melatih dirinya sendiri untuk melakukan latihan yoga kontroversial Khecarī Mudrā, yang membuatnya memasukkan lidahnya yang besar ke dalam rongga hidungnya, melalui langit-langit mulut. Dia menyebutnya trik invisible tongue atau lidah tak terlihat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.