Sukses

Korban Tewas Akibat Longsor dan Banjir di Filipina Bertambah Jadi 25 Orang

Tanah longsor dan banjir di Filipina diakibatkan oleh Badai Tropis Megi.

Liputan6.com, Manila - Korban tewas akibat tanah longsor dan banjir di Filipina bertambah menjadi 25 orang. Tanah longsor dan banjir di Filipina diakibatkan oleh Badai Tropis Megi melanda negara itu. 

Dikutip dari laman BBC, Selasa (12/4/2022), kru penyelamat saat ini masih berjuang untuk menyelamatkan orang-orang yang terdampar di pantai timur dan selatan. Badai Megi atau yang dikenal secara lokal sebagai Agaton, menghantam kepulauan itu pada Minggu 10 April dengan kecepatan angin hingga 65km (40 mil) per jam.

Itu adalah badai pertama tahun ini - Filipina biasanya mengalami rata-rata 20 badai setiap tahun.

Lebih dari 13.000 orang mengungsi ke tempat penampungan yang lebih tinggi saat badai menerjang pantai timur. Hujan deras dan angin kencang memutus pasokan listrik, membanjiri rumah dan ladang, serta menyebabkan tanah longsor di desa-desa.

Gambar yang dibagikan oleh pihak berwenang dan penduduk setempat secara online menunjukkan upaya penyelamat mengarungi rawa berlumpur dan menggunakan rakit di sungai berarus cepat untuk mencoba dan mencapai daerah terpencil dari rumah yang terendam.

Salah satu daerah yang terkena dampak terburuk adalah provinsi Leyte, di mana 22 jenazah telah ditemukan setelah terkubur di bawah tanah longsor, kata pihak berwenang di kota Baybay.

"Saya menangis karena saya tahu orang-orang dimakamkan di sana dan saya juga takut karena ada gunung di belakang rumah kami," kata seorang warga Leyte kepada kantor berita AFP.

Badan bencana nasional juga mengkonfirmasi bahwa setidaknya tiga orang telah tewas di wilayah Davao di selatan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kondisi Badai Diprediksi Akan Segera Mereda

Badai itu terjadi sekitar empat bulan setelah Super Topan Rai menghancurkan banyak pulau tenggara negara itu pada Desember 2021.

Insiden ini menewaskan sedikitnya 375 orang dan mempengaruhi sekitar 500.000 orang.

Itu adalah badai terburuk yang melanda Filipina tahun itu dan para ahli mengatakan badai itu tumbuh lebih kuat jauh lebih cepat dari yang diperkirakan.

Para ilmuwan mengatakan, perubahan iklim yang disebabkan manusia telah menyebabkan intensitas dan kekuatan yang lebih besar dalam badai tropis. Filipina telah mengalami beberapa badai paling mematikan sejak 2006.

Ini telah diperingkatkan sebagai salah satu negara yang paling rentan terhadap bencana iklim karena geografinya.

3 dari 4 halaman

Bencana Alam Sebelumnya

Sebelum tanah longsor dan banjir yang terjadi kali ini, sebelumnya bencana gunung berapi juga terjadi di Filipina.

Gunung berapi kecil di danau yang indah dekat ibu kota Filipina menyemburkan gumpalan putih uap dan abu sejauh 1,5 km ke langit dalam ledakan singkat pada Sabtu (26/3).

Hal ini lantas mendorong pihak berwenang untuk meningkatkan tingkat siaga dan mendesak ribuan penduduk untuk mengungsi secara protektif dari desa berisiko tinggi.

Magma bersentuhan dengan air di kawah utama gunung berapi Taal di provinsi Batangas, memicu ledakan bertenaga uap yang diikuti oleh emisi yang lebih kecil dan disertai gempa vulkanik, kata Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina.

Lembaga tersebut meningkatkan alarm di Taal 311 meter, salah satu gunung berapi terkecil di dunia, ke tingkat ketiga dalam sistem peringatan lima langkah, yang berarti "ada intrusi magmatik di kawah utama yang selanjutnya dapat mendorong letusan berikutnya."

Penduduk lima desa tepi danau di kota Batangas, Agoncillo dan Laurel, diperingatkan tentang kemungkinan bahaya, termasuk gas yang bergerak cepat dan material cair serta “tsunami vulkanik” di danau vulkanik, dan didesak untuk mengungsi ke daerah yang lebih aman.

“Itu adalah ledakan yang kuat tetapi sekarang gunung berapi telah stabil,” Walikota Laurel Joan Amo mengatakan kepada The Associated Press melalui telepon.

4 dari 4 halaman

Gempa Bumi

Selain gunung berapi dan tanah longsor, Filipina juga dilanda oleh bencana alam lainnya yakni gempa bumi.

Gempa bumi kuat melanda pulau utama Filipina di Luzon dan Sumatera di Indonesia pada Senin (14/3/2022). Sejauh ini belum ada kerusakan yang dilaporkan.

Gempa dangkal berkekuatan magnitudo 6,4 melanda sekitar 110 km di lepas pantai Morong Provinsi Bataan di Pulau Luzon pada pukul 05:05 waktu setempat (21.05 GMT). Lindu membuat penduduk di ibu kota terdekat Manila terbangun oleh bangunan mereka yang bergetar.

Gempa bumi dangkal cenderung menimbulkan lebih banyak kerusakan daripada gempa yang dalam, tetapi Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina mengatakan kerusakan tidak diperkirakan terjadi.

"Gempa Filipina ini kuat dan bergetar seolah-olah menari ke samping," kata Letnan Aristoteles Calayag, penjabat kepala polisi Kota Lubang di Occidental Mindoro, sebuah pulau di lepas pantai Luzon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.