Sukses

Shanghai Bakal Cabut Lockdown di Sejumlah Area Meski Ada Peningkatan Kasus COVID-19

Wilayah Shanghai akan mencabut lockdown di sejumlah area, sementara masih ada peningkatan kasus COVID-19.

Liputan6.com, Shanghai - Pihak berwenang di pusat keuangan China, Shanghai mengatakan, mereka akan mulai mencabut penguncian di beberapa daerah mulai Senin (11 April), meskipun melaporkan lebih dari 25.000 infeksi COVID-19 baru, karena mereka berusaha untuk membuat kota itu bergerak lagi setelah lebih dari dua minggu.

Shanghai telah mengklasifikasikan unit perumahan ke dalam tiga kategori risiko, untuk memungkinkan mereka yang berada di daerah tanpa kasus positif selama dua minggu untuk terlibat dalam "aktivitas yang sesuai" di lingkungan mereka, kata pejabat kota Gu Honghui. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (11/4/2022).

"Setiap distrik akan mengumumkan nama-nama spesifik dari kelompok pertama (komunitas) yang dibagi menjadi tiga jenis, dan tiga daftar berikutnya akan diumumkan pada waktu yang tepat," katanya dalam jumpa pers.

Itu menjanjikan kelegaan bagi beberapa dari 25 juta penduduk kota itu, banyak di antaranya berjuang untuk menemukan makanan dan obat-obatan setelah lebih dari tiga minggu dikurung dalam pertempuran melawan wabah terbesar di China sejak virus corona pertama kali ditemukan di pusat kota Wuhan pada akhir 2019.

Gu mengatakan Shanghai telah membagi kota itu menjadi 7.624 area yang masih ditutup, sekelompok 2.460 sekarang tunduk pada "kontrol" setelah seminggu tidak ada infeksi baru, dan 7.565 "area pencegahan" yang akan dibuka setelah dua minggu tanpa infeksi baru. kasus positif.

Mereka yang tinggal di "daerah pencegahan", meskipun dapat bergerak di sekitar lingkungan mereka, harus tetap mematuhi jarak sosial dan dapat menutup diri lagi jika ada infeksi baru, katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyesuaian Aturan

Shanghai akan membuat penyesuaian "dinamis" pada sistem baru, Gu menambahkan, berjanji akan melakukan upaya yang lebih besar untuk meminimalkan dampak pembatasan pada orang-orang biasa di kota terpadat di China.

“Kami juga berharap seluruh warga dan teman-teman tetap mendukung dan bekerjasama,” ujarnya.

Beberapa mengkritik langkah itu sebagai risiko besar pada saat beban kasus Shanghai melebihi 25.000.

"Saya pikir pemerintah Shanghai memiliki rencana rahasia untuk menginfeksi seluruh rakyat China," kata salah satu poster di platform Weibo, menggunakan nama "The Star Break the Ice".

Yang lain mengatakan pihak berwenang tidak punya pilihan.

"Saya pikir ini adalah pengakuan pemerintah Shanghai bahwa mereka tidak dapat melanjutkan penguncian sambil memastikan bahwa warganya tidak mati kelaparan," kata pengguna Weibo lainnya, memposting dengan nama Ruan Yi.

Namun, strategi China tetap tidak berubah, dengan pejabat kesehatan nasional Liang Wannian mengatakan kebijakan "pembersihan dinamis" masih merupakan "pilihan terbaik" Shanghai.

Adalah menyesatkan untuk memandang Omicron sebagai "flu besar", dan menurunkan penjagaan China akan membuat populasi lansianya yang besar berisiko, terutama ketika virus bermutasi, kata Liang, kepala kelompok kerja Komisi Kesehatan Nasional untuk COVID-19.

"Jika kita melihat lagi, epidemi hanya akan menjadi bencana bagi orang-orang yang rentan seperti ini," surat kabar People's Daily dari Partai Komunis yang berkuasa mengutip Liang mengatakan pada kunjungan ke kota timur.

3 dari 4 halaman

Sempat Turunkan Ribuan Petugas

Sebelumnya, China mengirim militer dan ribuan pekerja kesehatan ke Shanghai untuk membantu pelaksanaan tes COVID-19 terhadap seluruh 26 juta warganya pda hari Senin (4/4), dalam salah satu respons kesehatan masyarakat terbesarnya.

Sebagian warga diminta untuk bangun sebelum subuh untuk melakukan tes COVID-19 di kompleks perumahan mereka, banyak di antaranya yang antre dengan mengenakan piyama

Menurut surat kabar angkatan bersenjata, Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) pada Minggu (3/4) mengirim lebih dari 2.000 personel kesehatan yang direkrut dari angkatan darat, angkatan laut dan pasukan pendukung logistik gabungan ke Shanghai.

Banyak provinsi seperti Jiangsu, Zhejiang dan Beijing telah mengirim tenaga kesehatan ke Shanghai, menurut laporan media, dengan sebagian memperkirakan jumlahnya lebih dari 10 ribu.

Ini merupakan respons kesehatan masyarakat terbesar China sejak negara itu menangani awal wabah COVID-19 di Wuhan, di mana virus corona pertama kali ditemukan pada awal 2020. Ketika itu Dewan Negara menyatakan PLA mengirim lebih dari 4.000 personel medis ke provinsi Hubei, di mana Wuhan berada.

Shanghai menambahkan 25.173 infeksi tanpa gejala baru pada hari Minggu (10/4), naik dari 23.937 pada hari sebelumnya, meskipun kasus bergejala turun menjadi 914 dari 1.006.

4 dari 4 halaman

Masalah Kekurangan Makanan

Shanghai pada Kamis (7 April) mengatakan pihaknya mencoba yang terbaik untuk meningkatkan distribusi makanan dan barang-barang penting kepada penduduk yang mengalami lockdown.

Hal ini merupakan tanggapan atas ketidakpuasan yang meningkat atas kesulitan seperti pembatasan COVID-19 yang meluas ke hari ke-11.

Pihak berwenang mengatakan mereka telah mengurangi jumlah kurir, yang harus menjaga pasokan 26 juta penduduk kota, menjadi hanya 11.000. Di antara layanan yang masih beroperasi, termasuk Meituan serta platform grosir online Freshippo Alibaba dan layanan Ele.me-nya.

Shanghai memiliki cadangan bahan pokok yang cukup seperti beras dan daging, tetapi masalah telah muncul dalam distribusi dan pengiriman jarak jauh karena langkah-langkah pengendalian epidemi, kata wakil walikota Shanghai Chen Tong pada konferensi pers pada hari Kamis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.