Sukses

Ukraina Bersiap Atas Kemungkinan Serangan Rusia di Wilayah Timurnya

Intelijen militer Inggris mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pasukan Rusia terus menyerang non-kombatan di Ukraina.

Kiev - Pejabat AS dan Inggris telah memperingatkan peningkatan serangan Rusia di timur Ukraina. Sementara itu, Ukraina mengatakan 10 koridor kemanusiaan telah disepakati untuk hari Sabtu (09/04).

Intelijen militer Inggris mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pasukan Rusia terus menyerang non-kombatan di Ukraina. Salah satu perbuatan Rusia adalah serangan roket pada hari Jumat (08/04) di stasiun kereta api Kramatorsk di Ukraina timur yang menelan puluhan korban jiwa.

Pernyataan itu mengatakan bahwa operasi Rusia terus berfokus pada wilayah Donbas, Mariupol dan Mykolaiv, demikian dikutip dari laman DW Indonesia, Minggu (10/4/2022).

Operasi tersebut termasuk peluncuran rudal jelajah ke Ukraina oleh pasukan angkatan laut Rusia, kata intelijen kementerian pertahanan Inggris.

"Aktivitas udara Rusia diperkirakan akan meningkat di selatan dan timur Ukraina untuk mendukung aktivitas ini," tambah pernyataan itu. Intelijen kementerian pertahanan Inggris mengatakan bahwa upaya Rusia untuk membangun koridor darat antara Krimea dan Donbas "terus digagalkan" oleh Ukraina.

Ukraina mengatakan 10 koridor kemanusiaan disetujui pada hari Sabtu (9/4).

Sebanyak 10 koridor kemanusiaan untuk mengevakuasi orang-orang dari wilayah terkepung Ukraina telah disepakati pada Sabtu (9/4), kata Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk.

Salah satu koridor tersebut adalah yang diperuntukkan bagi orang yang mengungsi dengan kendaraan pribadi dari kota pelabuhan Mariupol, tambah Vereshchuk.

Mereka yang berada di kota Enerhodar, Tokmak, Berdyansk, dan Melitopol akan dapat mengungsi ke Zaporizhzhia, sementara penduduk Severodonetsk, Lysychansk, Popasna, Girske, dan Rubizhne dapat mengungsi ke kota Bakhmut di wilayah Donetsk.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PBB: Serangan Rudal di Stasiun Kereta Kramatorsk Ukraina Tak Dapat Diterima

Jumat 8 April 2022 terjadi serangan rudal di stasiun kereta api Ukraina, puluhan orang dilaporkan tewas dalam peristiwa tersebut.

Pejabat kereta api negara Ukraina mengatakan 50 orang tewas, termasuk lima anak-anak, dan sedikitnya 87 terluka dalam serangan rudal terhadap sebuah stasiun di Ukraina timur yang digunakan untuk mengevakuasi warga sipil.

Dua rudal dikatakan telah menghantam stasiun di Kramatorsk. Gubernur wilayah Donetsk mengatakan ribuan orang berada di stasiun untuk berusaha pergi ke daerah-daerah yang lebih aman selagi wilayah itu bersiap untuk serangan besar Rusia, lapor Reuters.

Pejabat Ukraina menyalahkan Rusia atas serangan itu. Namun Rusia telah membantah bertanggung jawab.

Mengutip VOA Indonesia, Sabtu (9/4/2022), PBB menyebut serangan mematikan di stasiun kereta api Ukraina dan serangan-serangan lainnya sama sekali tidak dapat diterima, dan merupakan pelanggaran berat hukum humaniter (kemanusiaan) internasional dan hukum hak asasi manusia internasional, dan untuk itu pelakunya harus bertanggung jawab.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengulangi seruan Sekretaris Jenderal Antonio Guterres untuk "segera diakhirinya perang brutal ini."

3 dari 4 halaman

AS Akan Tambah Militer Ukraina

Pada hari Jumat, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berbicara dengan Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov tentang "kebutuhan militer Ukraina untuk mempertahankan negaranya," lapor koresponden keamanan nasional VOA Jeff Seldin.

Austin memuji pengumuman yang disampaikan oleh Slovakia pada hari Jumat bahwa negara itu akan mengirim sistem pertahanan udara S-300 ke Ukraina. Austin menyebut sistem itu sebagai "kemampuan pertahanan yang kritis."

AS "akan terus berkoordinasi dengan sekutu dan mitra kami untuk mendukung kebutuhan militer dan rakyat Ukraina," tambah Lloyd Austin.FOTO: Warga Ukraina Cari Suaka ke

4 dari 4 halaman

Serangan Rusia Targetkan 103 Layanan Kesehatan di Ukraina

Sebelumnya, WHO pada Kamis 7 April 2022 mengatakan telah mengkonfirmasi lebih dari 100 serangan terhadap layanan kesehatan di Ukraina, karena menyerukan akses kemanusiaan ke kota Mariupol yang terkepung.

"Sampai sekarang, WHO telah memverifikasi 103 insiden serangan terhadap layanan kesehatan, dengan 73 orang tewas dan 51 terluka, termasuk petugas kesehatan dan pasien," kata kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers, menyebutnya sebagai "tonggak suram".

Dari serangan yang dikonfirmasi, seperti dikutip dari The Straits Times, Jumat 8 April 2022, 89 telah berdampak pada fasilitas kesehatan dan sebagian besar sisanya mengenai layanan transportasi, termasuk ambulans.

"Kami marah karena serangan Rusia terhadap perawatan kesehatan terus berlanjut," kata kepala WHO, seraya menambahkan bahwa itu merupakan "pelanggaran hukum humaniter internasional".

Berbicara pada konferensi pers sebelumnya di Lviv, direktur regional WHO untuk Eropa Hans Kluge menyesalkan bahwa sementara bantuan kesehatan telah mencapai banyak "daerah yang terkena dampak", beberapa lainnya masih di luar jangkauan.

"Memang benar beberapa tetap sangat sulit. Saya pikir prioritas pasti, saya pikir kita semua setuju, adalah Mariupol," kata Dr Kluge kepada wartawan.

Dr Kluge juga menekankan bahwa serangan terhadap layanan kesehatan jelas merupakan "pelanggaran hukum humaniter internasional", tetapi juga menambahkan bahwa bukan mandat WHO untuk mengaitkan serangan tersebut dengan pelaku dan bahwa mereka hanya memverifikasi bahwa serangan itu telah terjadi.

 Advertisement 3 dari 4 halaman Mariupol Paling Parah Terdampak Perbesar Pemandangan di dalam teater Mariupol yang rusak selama pertempuran di Mariupol, di wilayah di bawah pemerintahan Republik Rakyat Donetsk, Ukraina timur, Senin, 4 April 2022. Gedung teater Mariupol dikabarkan dihantam oleh Rusia dengan bom pada 16 Maret 2022 lalu. (AP Photo/Alexei Alexandrov)Terletak di tempat tenggara yang strategis antara Krimea yang diduduki Rusia dan daerah separatis pro-Rusia di timur Ukraina, Mariupol telah menjadi tempat beberapa serangan paling sengit oleh pasukan Moskow.

Warga telah berbicara tentang kehancuran total dan kondisi yang mengerikan. Populasi kota telah menyusut dari 400.000 sebelum konflik menjadi sekitar 120.000 hari ini.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Rabu menuduh Rusia memblokir akses kemanusiaan ke kota itu untuk menyembunyikan bukti "ribuan" orang yang tewas di sana.

Dr Kluge pada saat yang sama mencatat bahwa WHO telah "mengirimkan lebih dari 185 ton pasokan medis ke daerah-daerah yang paling parah di negara itu, mencapai setengah juta orang".

Direktur regional juga mencatat bahwa "50 persen apotek Ukraina dianggap tutup dan 1.000 fasilitas kesehatan berada di dekat area konflik atau area kontrol yang berubah".

Sejumlah media juga menyebut bahwa Kota pelabuhan Ukraina itu telah 90 persen hancur setelah dikepung oleh pasukan Rusia selama berminggu-minggu, kata Wali Kota Vadym Boychenko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.