Sukses

PM Pakistan Imran Khan Siap Lawan Mosi Tidak Percaya

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan telah memperingatkan bahwa jika dia digulingkan dari kekuasaan, dia tidak akan mengakui pemerintah oposisi.

Liputan6.com, Islamabad - Perdana Menteri Pakistan Imran Khan telah memperingatkan bahwa jika dia digulingkan dari kekuasaan, dia tidak akan mengakui pemerintah oposisi.

Dia berbicara menjelang mosi tidak percaya di parlemen pada Sabtu 9 April 2022. Khan diperkirakan akan kalah dalam pemungutan suara itu, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (9/4/2022).

Khan mengatakan dia menerima keputusan Mahkamah Agung bahwa dia harus menghadapi pemungutan suara, tetapi mengulangi klaim bahwa AS memimpin konspirasi untuk menyingkirkannya. Dia tidak memberikan bukti.

Washington membantah tuduhan tersebut.

Khan mengunjungi Moskow untuk bertemu Presiden Vladimir Putin ketika Rusia melancarkan invasi ke Ukraina dan sebelumnya mengkritik "perang melawan teror" AS.

BBC melaporkan, perdana menteri secara luas dianggap telah berkuasa dengan bantuan tentara Pakistan, tetapi sekarang para pengamat mengatakan mereka telah jatuh.

Sejumlah mitra koalisinya juga telah meninggalkannya.

Selama pidatonya pada hari Jumat, Khan mendesak orang-orang untuk keluar dari rumah mereka untuk memprotes "drama yang didanai asing" pada hari Minggu.

Dia menambahkan: "Saya akan berada di sana bersama Anda karena saya tidak akan pernah menerima konspirasi asing ini melawan Pakistan."

Pemimpin oposisi, Shehbaz Sharif, mengatakan keputusan untuk maju dengan mosi tidak percaya telah "menyelamatkan Pakistan dan konstitusi".

Pemungutas suara datang setelah anggota parlemen oposisi mengajukan mosi tidak percaya ke parlemen minggu lalu, dalam upaya untuk menggulingkan Khan dari kekuasaan.

Tetapi wakil ketua parlemen Qasim Suri - anggota partai politik Khan - dengan cepat memblokir pemungutan suara, dengan mengatakan itu menunjukkan "campur tangan asing". Suri juga mengatakan bahwa itu bertentangan dengan konstitusi, yang menyerukan kesetiaan kepada negara.

Pemerintah Khan kemudian membubarkan parlemen dan menyerukan pemilihan cepat diadakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Oposisi

Pembubaran parlemen oleh Khan membuat beberapa anggota oposisi marah, dengan beberapa menuduh perdana menteri melakukan "pengkhianatan" karena menghalangi pemungutan suara.

Tokoh-tokoh oposisi mengajukan petisi ke Mahkamah Agung untuk menilai situasi.

Pada hari Kamis, pengadilan tinggi Pakistan memutuskan bahwa keputusan Khan untuk menghentikan pemungutan suara berlangsung adalah inkonstitusional. Ia memerintahkan agar mosi tidak percaya harus dilanjutkan lagi pada hari Sabtu, 9 April.

Khan telah berulang kali mengatakan bahwa partai-partai oposisi Pakistan bekerja dengan kekuatan asing.

Dia mengklaim bahwa dia adalah target konspirasi yang dipimpin AS untuk menyingkirkannya karena penolakannya untuk berdiri bersama Washington dalam masalah melawan Rusia dan China. AS mengatakan "tidak ada kebenaran" dalam tuduhan ini.

Harapannya adalah bahwa mantan bintang kriket internasional, akan kehilangan mosi tidak percaya hari Sabtu.

Jika Khan digulingkan dari kekuasaan, partai-partai oposisi akan menunjuk perdana menteri baru yang dapat memegang kekuasaan hingga Oktober 2023, ketika pemilihan baru dijadwalkan akan diadakan.

BBC Urdu melaporkan, tidak jelas opsi lain apa yang dapat dilakukan Khan untuk menghindari hasil itu, kecuali dia dan anggota parlemennya memutuskan untuk mengajukan pengunduran diri dalam upaya untuk menghindari penghinaan kekalahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.