Sukses

Indonesia Abstain Dukung Penangguhan Rusia dari Dewan HAM PBB, Ini Daftar Negara Pro-Kontra

PBB menangguhkan Rusia dari badan hak asasi manusia atas pelanggaran Ukraina terutama di Kota Bucha. 58 negara memutuskan abstain, termasuk Indonesia.

Liputan6.com, Jenewa - United Nations General Assembly (UNGA) atau Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah memilih untuk menangguhkan Rusia dari badan hak asasi manusia terkemuka organisasi itu, di tengah tuduhan bahwa tentaranya membunuh warga sipil saat mundur dari wilayah di sekitar ibu kota Ukraina.

Resolusi yang diprakarsai Amerika Serikat pada Kamis 7 April 2022 mencapai dua pertiga suara mayoritas anggota dalam pemungutan suara UNGA yang diperlukan untuk meloloskan resolusi tersebut. Dengan 93 suara mendukung dan 24 menentang.

Mengutip Al Jazeera, Jumat (8/4/2022), 58 negara memutuskan abstain, tetapi suara mereka tidak dihitung dalam penghitungan akhir.

Resolusi singkat tersebut menyatakan "keprihatinan besar atas krisis hak asasi manusia dan kemanusiaan yang sedang berlangsung di Ukraina, khususnya atas laporan pelanggaran dan pelanggaran hak asasi manusia dan pelanggaran hukum humaniter internasional oleh Federasi Rusia, termasuk pelanggaran berat dan sistematis dan pelanggaran hak asasi manusia".

Pemungutan suara, yang menjadikan Moskow sebagai anggota tetap pertama Dewan Keamanan PBB dan membuat keanggotaannya dicabut dari badan PBB mana pun, segera disambut oleh Kiev tetapi dikritik oleh Moskow.

"Penjahat perang tidak memiliki tempat di badan-badan PBB yang bertujuan melindungi hak asasi manusia. Terima kasih kepada semua negara anggota yang mendukung resolusi UNGA yang relevan dan memilih sisi sejarah yang benar," kata Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba di Twitter.

Sementara itu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menyatakan penyesalannya tentang keputusan tersebut.

"Kami minta maaf tentang itu," kata Peskov dalam sebuah wawancara dengan Sky News Inggris. "Dan kami akan terus membela kepentingan kami menggunakan segala cara hukum yang mungkin," kata Peskov.

Suara Abstain Dianggap Tidak Bersahabat, AS Pertahankan Posisi Dominan?

Rusia menyebut sejumlah negara yang tidak menentukan untuk memilih "tidak", dengan mengatakan abstain atau tidak memberikan suara akan dianggap sebagai tindakan yang tidak bersahabat dan akan mempengaruhi hubungan bilateral.

Dalam apa yang disebut non-paper yang diperoleh oleh kantor berita The Associated Press, Rusia mengatakan upaya untuk mengeluarkannya dari Dewan Hak Asasi Manusia adalah tindakan politik oleh negara-negara yang ingin mempertahankan posisi dominan dan kontrol mereka atas dunia.

Hal itu digaungkan oleh Gennady Kuzmin, wakil duta besar Rusia untuk PBB, yang mengatakan pada sesi khusus UNGA tentang Ukraina sebelum pemungutan suara hari Kamis bahwa resolusi yang dipimpin AS “tidak ada hubungannya dengan situasi hak asasi manusia di lapangan”.

"Apa yang kami lihat adalah upaya AS untuk mempertahankan posisi dominan dan kontrol totalnya, untuk melanjutkan upayanya pada kolonialisme hak asasi manusia," kata Kuzmin.

Tetapi duta besar Ukraina untuk PBB, Sergiy Kyslytsya, telah mendesak anggota UNGA untuk "menekan tombol 'ya' dan untuk menyelamatkan Dewan Hak Asasi Manusia serta banyak nyawa di seluruh dunia dan di Ukraina".

"Di sisi lain, menekan 'tidak' berarti menarik pelatuk dan berarti titik merah di layar - merah karena darah orang yang tidak bersalah hilang," kata Sergiy Kyslytsya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Negara Pendukung dan Tolak Pencopotan Rusia dari Dewan HAM PBB

Mengutip situs UN.org, resolusi tersebut menerima mayoritas dua pertiga dari mereka yang memberikan suara, dikurangi abstain, di Majelis yang beranggotakan 193 negara, dengan 93 negara memberikan suara mendukung dan 24 menentang.

58 negara abstain dari proses.

Rusia, China, Kuba, Korea Utara, Iran, Suriah, Vietnam, termasuk di antara mereka yang memberikan suara menentang.

Yang abstain antara lain India, Brasil, Afrika Selatan, Meksiko, Mesir, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Yordania, Qatar, Kuwait, Irak, Pakistan, Singapura, Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Kamboja.

Pertemuan tersebut menandai dimulainya kembali sesi darurat khusus tentang perang di Ukraina dan menyusul laporan pelanggaran yang dilakukan oleh pasukan Rusia.

Akhir pekan terakhir ini, foto-foto mengganggu muncul dari kota Bucha, pinggiran ibu kota, Kiev, di mana ratusan jasad sipil ditemukan di jalan-jalan dan di kuburan massal setelah penarikan pasukan Rusia dari daerah tersebut.

Sebelum pemungutan suara, Duta Besar Ukraina Sergiy Kyslytsya mendesak negara-negara untuk mendukung resolusi tersebut.

"Bucha dan lusinan kota dan desa Ukraina lainnya, di mana ribuan penduduk yang damai telah dibunuh, disiksa, diperkosa, diculik dan dirampok oleh tentara Rusia, menjadi contoh seberapa jauh Federasi Rusia telah melangkah jauh dari deklarasi awalnya di domain hak asasi manusia. Itulah sebabnya kasus ini unik dan tanggapan hari ini jelas dan cukup jelas," katanya.

Ini bukan pertama kalinya suatu Negara Anggota ditangguhkan keanggotaannya di Dewan Hak Asasi Manusia. Libya kehilangan kursinya pada 2011, menyusul penindasan protes oleh penguasa Muammar Gaddafi, yang kemudian digulingkan.

Gennady Kuzmin, Wakil Duta Besar Rusia, dalam sambutannya sebelum pemungutan suara, menyerukan negara-negara untuk "memilih menentang upaya negara-negara Barat dan sekutu mereka untuk menghancurkan arsitektur hak asasi manusia yang ada."

3 dari 4 halaman

Sambutan Baik Atas Resolusi Pencopotan Rusia dari Dewan HAM PBB

Duta Besar AS Linda Thomas-Greenfield menyerukan agar Rusia dicopot dari kursinya di Dewan Hak Asasi Manusia yang beranggotakan 47 orang awal pekan ini, menyusul video dan foto jalan-jalan di Kota Bucha yang dipenuhi jasad-jasad yang tampaknya warga sipil.

"Kami percaya bahwa anggota pasukan Rusia melakukan kejahatan perang di Ukraina, dan kami percaya bahwa Rusia harus bertanggung jawab," kata Thomas-Greenfield, Senin. "Kita tidak bisa membiarkan negara anggota yang merongrong setiap prinsip yang kita pegang teguh untuk terus duduk di Dewan Hak Asasi Manusia PBB."

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyambut baik pemungutan suara UNGA pada hari Kamis. “Sebuah negara yang melakukan pelanggaran berat dan sistematis terhadap hak asasi manusia seharusnya tidak duduk di badan yang tugasnya melindungi hak-hak itu," katanya kepada wartawan.

Gambaran yang muncul dari wilayah Kiev setelah penarikan pasukan Rusia telah memicu penolakan global dan seruan untuk sanksi yang lebih keras.

Moskow membantah pasukannya bertanggung jawab atas kematian warga sipil. Duta Besar Rusia di Jenewa, Gennady Gatilov, menyebut tindakan AS itu sebagai "keberanian yang tidak berdasar dan murni emosional yang terlihat bagus di depan kamera – seperti yang disukai AS".

"Washington mengeksploitasi krisis Ukraina untuk keuntungannya sendiri dalam upaya untuk mengecualikan atau menangguhkan Rusia dari organisasi internasional," kata Gatilov, dalam komentar yang disampaikan oleh juru bicara misi diplomatik Rusia.

4 dari 4 halaman

Pemicu Perpecahan Negara Anggota Dewan HAM PBB?

Kristen Saloomey dari Al Jazeera, melaporkan dari markas besar PBB di New York, mengatakan setidaknya 57 negara telah menandatangani sebagai co-sponsor dari resolusi yang dipimpin AS. Tetapi yang lain telah berbicara menentangnya "dengan alasan bahwa mereka memilih Rusia sebelum penyelidikan" atas tuduhan pelanggaran hak di Ukraina.

Saloomey menambahkan bahwa sementara resolusi akhirnya "diloloskan dengan mudah", 58 negara abstain menunjukkan bahwa "jelas banyak negara tidak nyaman dengan ini".

Sementara itu, China, Iran dan Suriah termasuk di antara 24 negara yang memberikan suara menentang resolusi tersebut.

"Langkah tergesa-gesa di Majelis Umum, yang memaksa negara-negara untuk memilih pihak, akan memperburuk perpecahan di antara negara-negara anggota, mengintensifkan konfrontasi antara pihak-pihak terkait – itu seperti menambahkan bahan bakar ke dalam api," Duta Besar China untuk PBB, Zhang Jun, berkata sebelum vote.

 Rusia adalah anggota tetap Dewan Keamanan PBB yang memiliki hak veto, bersama Inggris, China, Prancis, dan AS. Semua saat ini memiliki kursi di Dewan Hak Asasi Manusia, yang bergabung kembali dengan AS tahun ini.

Meskipun dewan tidak dapat membuat keputusan yang mengikat secara hukum, keputusannya mengirimkan pesan politik yang penting dan dapat mengizinkan penyelidikan. Moskow telah menjadi salah satu anggotanya yang paling vokal dan penangguhannya melarangnya berbicara dan memberikan suara, kata para pejabat, meskipun para diplomatnya masih bisa menghadiri debat.

Satu-satunya negara lain yang hak keanggotaannya dicabut di Dewan Hak Asasi Manusia adalah Libya pada 2011, ketika pergolakan di negara Afrika Utara itu menjatuhkan pemimpin lama Moammar Khadafi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.