Sukses

Laporan Jerman Sebut Rusia Tengah Rencanakan Upaya Pembunuhan

Sebuah laporan Jerman mengatakan bahwa Rusia tengah mengupayakan upaya pembunuhan.

Liputan6.com, Berlin - Pasukan Rusia terdengar mendiskusikan pembunuhan warga sipil di kota Bucha, Ukraina, dalam pesan yang dicegat oleh intelijen Jerman, kata media Jerman.

Dilansir BBC, Jumat (8/4/2022), majalah Der Spiegel mengatakan beberapa lalu lintas radio yang dilacak oleh badan intelijen BND tampaknya cocok dengan lokasi mayat di luar Kyiv.

BND sejauh ini tidak membuat komentar publik tentang masalah ini.Ukraina mengatakan lebih dari 300 warga sipil dibunuh oleh Rusia di Bucha - Moskow membantah terlibat.

Gambar-gambar terbaru dari jalan-jalan Bucha yang dipenuhi mayat telah mengejutkan komunitas internasional. 

Beberapa korban tampaknya ditembak di bagian belakang kepala setelah tangan mereka diikat. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh Rusia melakukan genosida, tuduhan yang ditolak mentah-mentah oleh Moskow.

Bucha dikuasai oleh pasukan Rusia segera setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari.

Setelah lebih dari sebulan, Rusia akhirnya mundur dari Bucha, dan pasukan Ukraina segera memasuki kota.

Intelijen BND dibagikan dengan anggota parlemen Jerman selama briefing pada hari Rabu, Der Spiegel melaporkan pada hari Kamis.

Dalam satu pesan radio yang disadap, kata majalah itu, tentara Rusia tampaknya berbicara tentang menginterogasi orang dan kemudian menembak mereka.

Di foto lain, seorang tentara berbicara tentang menembak seseorang dengan sepeda, yang tampaknya cocok dengan foto terkenal yang menunjukkan seorang pengendara sepeda tewas di Bucha.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Indikasi Pembunuhan di Bucha

Menurut Spiegel, penyadapan juga tampaknya menunjukkan bahwa tentara bayaran dari kelompok swasta Wagner Rusia memainkan peran kunci dalam pembunuhan Bucha.

Sebuah sumber keamanan yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada kantor berita Reuters: "Memang benar bahwa pemerintah federal [Jerman] memiliki indikasi perbuatan Rusia di Bucha".

"Namun, temuan di Bucha ini merujuk pada citra satelit.

Transmisi radio tidak dapat secara jelas ditetapkan ke Bucha.

"Rusia mengatakan pasukannya menarik diri dari Bucha pada 30 Maret. Pihak Ukraina mengatakan ini terjadi pada dini hari tanggal 31 Maret.

Pada tanggal 1 April, rekaman diposting difilmkan dari sebuah mobil mengemudi melalui kota yang menunjukkan jasad di kedua sisi jalan.

Rusia telah mengklaim, tanpa memberikan bukti, bahwa rekaman itu menunjukkan "jasad palsu" dan itu "dipentaskan" setelah pasukannya meninggalkan kota. 

Namun, citra satelit dari 19 Maret, pertama kali dilaporkan oleh New York Times dan dikonfirmasi oleh BBC, secara langsung bertentangan dengan klaim Rusia.

Foto oleh perusahaan teknologi Maxar menunjukkan benda-benda yang tampak seperti jasad di lokasi yang tepat di mana mereka kemudian ditemukan oleh pasukan Ukraina ketika mereka mendapatkan kembali kendali atas kota di utara Kiev.

3 dari 4 halaman

Situasi Usai Pembantaian

Tubuh kuning pucat seperti patung lilin, terlihat terbaring di antara dedaunan yang jatuh. Sosok itu merupakan jasad seorang pria, dengan kaki terikat tali serta lubang hitam di dahinya, yang tergeletak di semak-semak dekat rel kereta di kota pinggiran Bucha, Ukraina.

Hanya beberapa meter dari itu, terlihat juga jasad seorang korban lainnya. "Jangan sentuh tubuhnya. Bisa jadi dipasangi ranjau," kata seorang polisi, yang menunjuk tempat jenazah itu terbaring.

Kota Bucha yang berada di 37 km barat laut dari Kiev, diduduki tentara Rusia lebih dari satu bulan sejak invasi dimulai pada 24 Februari. Ketika pasukan Rusia ditarik mundur dari sana pekan lalu, mereka meninggalkan orang-orang sipil yang tewas di jalan, di dalam bangunan dan dikubur dalam lubang dangkal.

Para pejabat setempat mengatakan di Bucha saja ada lebih dari 300 orang yang dibunuh tentara Rusia, dan sekitar 50 dari mereka dieksekusi. Polisi mengatakan penduduk Bucha telah menguburkan lima mayat lainnya dalam gundukan tanah tak bernisan.

Sejak mendatangi Bucha pada Minggu 3 April, seperti dilansir Antara, wartawan Reuters mengaku telah melihat lima sosok jasad yang ditembak di kepala. Tangan salah satu korban tampak terikat ke belakang.

Jasad pria yang dilihat pada Rabu 6 April itu mengenakan celana jins dan jaket tebal hitam, tergeletak 100 meter dari sebuah pemakaman kecil. Reuters tak bisa mengidentifikasi pria tersebut atau memastikan siapa pembunuhnya.

4 dari 4 halaman

Terus Dibantah Rusia

Kremlin menyangkal semua rekaman jenazah yang tergeletak di jalan-jalan di Bucha, kuburan massal dan kesaksian para saksi yang mengerikan.

Dan TV negara membeo narasinya, demikian dikutip dari laman BBC, Kamis (7/4/2022).

Sejak bukti nyata kekejaman Rusia muncul dari pemukiman di sekitar Kiev, editor program telah berusaha keras untuk mendiskreditkan laporan tersebut sebagai rekayasa, kebohongan yang dibuat oleh Ukraina dan Barat.

Menghidupkan TV Rusia, selama berminggu-minggu sekarang, seakan-akan melangkah ke alam semesta paralel yang aneh di mana presenter mengkilap dan pakar berpakaian bagus mencatat "operasi militer khusus" yang sukses di Ukraina, tulis reporter BBC.

 

Tidak ada perang, hanya tentara Rusia yang heroik membela tanah air sambil berhati-hati untuk menghindari penargetan warga sipil.

Gambar-gambar mengerikan dari Bucha telah disiarkan, tetapi pemirsa diberitahu bahwa adegan mengerikan itu dipentaskan oleh pejabat Ukraina, dengan bantuan dari Barat.

"Ini dilakukan oleh para profesional, mungkin Inggris. Mereka yang terbaik di bidang operasi informasi," kata komentator Gevorg Mirzaryan.

"[Mereka tahu bagaimana] menempatkan tubuh dengan benar, melakukan segalanya dengan benar, membuat gambar yang bagus untuk kesadaran soal Barat yang nekrofilik."

Pembawa acara talk show Olesya Loseva bahkan menyarankan bahwa kota Bucha sengaja dipilih karena Presiden Joe Biden baru-baru ini menggunakan kata jagal untuk menggambarkan Vladimir Putin.

BBC menilai ini adalah taktik klasik Kremlin dalam menghadapi tuduhan semacam itu. Menyangkal, menganggapnya palsu dan, jika mungkin, menyalahkan orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.