Sukses

Rusia Persiapkan Serangan, Warga Sipil Ukraina Bersiap Selamatkan Diri ke Wilayah Timur

Warga sipil Ukraina tengah berupaya menyelamatkan diri di tengah persiapan serangan Rusia.

Liputan6.com, Jakarta - Upaya evakuasi yang terasa putus asa dari Ukraina timur sedang berlangsung pada Kamis (7 April) ketika pihak berwenang memperingatkan serangan Rusia yang akan segera terjadi, menyusul kehancuran di sekitar Kiev yang telah mengejutkan dunia.

Pasukan Rusia telah ditarik dari sekitar ibu kota dan utara Ukraina, meninggalkan jejak kehancuran di belakang mereka, saat mereka bersiap untuk serangan yang diperkirakan terjadi di tenggara negara itu. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (7/4/2022). 

Adegan pembantaian yang ditinggalkan oleh pasukan yang mundur di kota-kota seperti Bucha telah menyebabkan kemarahan dan menyebabkan gelombang sanksi baru terhadap Moskow.

Tetapi pada hari Kamis, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memperingatkan bahwa Moskow tidak terpengaruh dan terus "mengumpulkan kekuatan tempur untuk mewujudkan ambisi buruk mereka di Donbas (timur)" .

"Mereka sedang bersiap untuk melanjutkan serangan aktif," katanya.

Memohon warga sipil untuk meninggalkan wilayah itu "selagi masih memungkinkan", pejabat lokal di Luhansk dan Donetsk Donbas mengatakan wilayah itu sudah menghadapi penembakan tanpa pandang bulu yang konstan.

"Kita dapat melihat dengan jelas bahwa sebelum musuh melakukan serangan penuh, mereka hanya akan menghancurkan tempat-tempat sepenuhnya," kata gubernur lokal Sergiy Gaiday di Luhansk kepada penyiar Ukraina Channel 24.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Upaya Evakuasi

Gaiday mengatakan di Facebook bahwa lebih dari 1.200 orang telah dievakuasi dari Luhansk pada hari Rabu, tetapi upaya itu terhambat oleh tembakan artileri, dengan beberapa daerah sudah tidak dapat diakses.

Bagi mereka yang tidak dapat pergi, katanya, berton-ton makanan, obat-obatan dan produk kebersihan dikirimkan sebagai bagian dari upaya kemanusiaan besar-besaran.

Kepala Administrasi Militer Daerah Donetsk mengatakan serangan telah menargetkan titik-titik bantuan.

"Musuh membidik langsung ke sana dengan tujuan menghancurkan warga sipil," tulis Pavlo Kyrylenko di Facebook.

Dia menambahkan bahwa orang-orang mengindahkan seruan untuk melarikan diri dan dia akan mengoordinasikan evakuasi untuk membuatnya "lebih cepat dan lebih efektif".

3 dari 5 halaman

Serangan Rusia

Peluru dan roket juga menghantam kota industri Severodonetsk, kota paling timur yang dikuasai pasukan Ukraina.

"Kami tidak punya tempat untuk pergi, sudah seperti ini selama berhari-hari," kata Volodymyr, 38 tahun, kepada AFP yang berdiri di seberang gedung yang terbakar di kota itu.

Lebih dari 11 juta orang telah mengungsi sejak Rusia menginvasi pada 24 Februari, yang bertujuan untuk merebut ibu kota.

Dengan tujuan itu digagalkan, ia malah mencoba untuk membuat hubungan darat antara Krimea yang diduduki dan negara bagian separatis yang didukung Moskow di Donbas.

Pasukan Ukraina juga berkumpul kembali untuk menyerang, termasuk di jalan raya dua jalur melalui dataran timur yang menghubungkan Kharkiv dan Donetsk.

Posisi parit sedang digali, dan jalan dipenuhi dengan rintangan anti-tank.

"Kami sedang menunggu mereka!" kata seorang letnan yang bertugas memperkuat posisi, mengacungkan jempol.

4 dari 5 halaman

Khawatir Serangan Baru

Panggilan evakuasi didorong oleh kekhawatiran akan kekejaman baru, setelah penemuan mengerikan di daerah-daerah di mana pasukan Moskow telah ditarik.

Presiden AS Joe Biden mengatakan "kejahatan perang besar" sedang dilakukan di Ukraina, di mana gambar telah muncul dalam beberapa hari terakhir tubuh dengan tangan terikat atau di kuburan dangkal.

"Warga sipil dieksekusi dengan darah dingin, mayat dibuang ke kuburan massal, rasa kebrutalan dan ketidakmanusiawian yang tersisa untuk dilihat seluruh dunia, tanpa penyesalan," kata Biden.

Di salah satu kota yang terkena dampak terparah, Bucha, beberapa penduduk masih berusaha menerima nasib orang-orang terkasih, sementara yang lain berharap untuk melupakannya.

Putra Tetiana Ustymenko dan dua temannya ditembak mati di jalan, dan dia mengubur mereka di taman rumah keluarga.

"Bagaimana aku bisa hidup sekarang?" katanya.

5 dari 5 halaman

Rusia Membantah

Kremlin menyangkal bertanggung jawab atas kematian warga sipil dan Putin pada Rabu menuduh pihak berwenang Ukraina melakukan "provokasi kasar dan sinis" di Bucha.

Namun pemerintah Jerman menunjuk gambar satelit yang diambil saat kota itu masih di bawah kendali Moskow, yang tampak memperlihatkan mayat di jalan-jalan.

Penyangkalan Rusia "dalam pandangan kami tidak dapat dipertahankan", kata juru bicara pemerintah Jerman Steffen Hebestreit.

Dan pejabat Ukraina telah memperingatkan daerah lain mungkin menderita lebih buruk dari Bucha, termasuk Borodianka di dekatnya.

"Penduduk setempat berbicara tentang bagaimana pesawat masuk selama hari-hari pertama perang dan menembakkan roket ke arah mereka dari ketinggian rendah di gedung-gedung ini," kata Menteri Dalam Negeri Ukraina Denys Monastyrsky kepada media lokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.