Sukses

Hidung Aktor Hong Kong Wong Hei Berdarah Usai 2 Kali Swab Tes COVID-19

Menurut Wong Hei, staf yang melakukan tes PCR untuknya adalah seorang wanita "mungil", yang tingginya sekitar 1,5 meter, dan mengenakan APD.

Liputan6.com, Hong Kong - Pengalaman tes PCR yang menyakitkan dari aktor Hong Kong Wong Hei adalah sesuatu yang tidak kita harapkan.

Pria berusia 54 tahun asal Hong Kong itu melalui Facebook-nya pada 3 April 2022 mengungkapkan bahwa dia saat ini berada di Taiwan. Namun, memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan di bandara.

Setelah mendarat, semua pelancong wajib menjalani tes PCR oleh staf bandara. Dan di situlah hal-hal tak biasa terjadi kepada sang aktor, demikian dikutip dari 8days.sg, Kamis (7/4/2022).

"Ia ditusuk saat melakukan [tes] PCR setelah tiba di Taiwan. Sejak saat itu, petugas telah meninggalkan tempat kejadian. Dari mereka yang tertinggal, tidak ada yang tahu nama petugasnya. Yang mereka tahu hanyalah dia berasal dari rumah sakit."

Menurut Wong Hei, staf yang melakukan tes PCR untuknya adalah seorang wanita "mungil", yang tingginya sekitar 1,5 meter, dan mengenakan APD.

Ketika dia melakukan tes untuknya, pertama kali memasukkan kapas ke lubang hidung kanannya, sambil secara bersamaan mendorong bagian kepala alat ke depan.

Dan karena usapan itu sangat menyakitkan, Wong Hei secara naluriah menggerakkan kepalanya ke belakang, menjauh dari alat usap itu. Penyeka kemudian memberi tahu aktor itu bahwa dia harus melakukan tes lagi, dan menanggung rasa sakitnya sebentar.

Tetapi pada percobaan kedua, dia akhirnya menyebabkan Wong Hei berdarah pada hidung. Aktor tersebut berbagi bahwa petugas itu meninggalkan tempat kejadian dan tampaknya tidak menyadari cedera yang dia sebabkan.

Aktor itu kemudian menerima pemberitahuan bahwa hasil tesnya positif COVID-19, dan harus dikarantina.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respons Pihak Rumah Sakit

Wong Hei dan hidungnya yang berdarah kemudian perjalanan ke tempat karantina.

Tampaknya tidak ada yang memberikan bantuan kepada Wong Hei. Dia menulis bahwa staf lain yang ada di lokasi tidak tahu siapa pelakunya.

Ketika dia melaporkan kejadian itu ke polisi, polisi tampaknya tidak mau membantu juga, mendesak Wong Hei sendiri memeriksa staf yang bertanggung jawab untuk memberikan tes PCR.

Namun, Wakil Direktur Jenderal Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) Taiwan, Chuang Jen-hsiang, kemudian mengeluarkan pernyataan yang membantah beberapa pernyataan dari akun Wong Hei.

Menurut Jen-hsiang, wanita yang melukai Wong Hei keluar dengan cepat setelah tes swab karena dia harus segera mengirimkan sampel ke pusat tes mereka.

Jen-hsiang juga mengungkapkan bahwa terkadang mimisan bisa terjadi jika usapnya merusak permukaan mukosa hidung. Dia kemudian berbagi kabar bahwa staf lain di tempat telah memberikan bantuan kepada Wong Hei, menawarkan kertas tisu dan masker baru untuk aktor tersebut. Namun, Wong Hei menolak bantuan mereka.

3 dari 4 halaman

China Tak Berlakukan Swab Antigen, PCR Jadi Standar Tes COVID-19

Di saat negara-negara Barat mulai mendistribusikan tes antigen cepat gratis kepada warga, China menetapkan tes PCR sebagai standar pengujian dalam strategi nol-COVID di negara itu.

Varian Omicron yang terus menyebar ke seluruh dunia membuat permintaan tes antigen cepat (RAT) untuk COVID-19 juga meningkat. Bulan lalu, Gedung Putih mengumumkan warga Amerika Serikat dapat mulai memesan RAT gratis mulai 19 Januari, karena Washington telah membeli 1 miliar RAT.

Di saat negara-negara Barat mengandalkan RAT sebagai alternatif untuk sistem pengujian PCR, China tetap menjadi salah satu dari sedikit negara yang hampir secara eksklusif hanya mengandalkan tes PCR untuk mengidentifikasi Virus Corona COVID-19.

Tes PCR mencari materi genetik virus seperti asam nukleat atau RNA, sedangkan RAT mencari potongan protein yang terinfeksi oleh virus. Tes PCR biasanya lebih akurat dibanding RAT karena lebih sensitif. Artinya, tes antigen membutuhkan konsentrasi virus yang lebih tinggi daripada tes PCR untuk menunjukkan hasil positif, demikian dikutip dari DW Indonesia.

Menurut data Administrasi Produk Medis Nasional China pada akhir tahun 2021, China menyetujui 68 reagen uji COVID-19 baru, termasuk 34 reagen pengujian asam nukleat, 31 reagen pengujian antibodi, dan hanya tiga reagen pengujian antigen.

 

4 dari 4 halaman

China Belum Meluncurkan RAT dalam Skala Massal

Laporan media China menunjukkan setidaknya 10 jenis RAT yang diproduksi di China telah disetujui di negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Kanada, dan Yunani. Padahal banyak RAT yang diproduksi di China belum disetujui di dalam negeri,

Sejumlah ahli berpendapat, alasan mengapa China belum mulai meluncurkan RAT dalam skala massal adalah karena kegigihan negara itu dalam menegakkan strategi nol-Covid. "Penegakan China terhadap kebijakan nol-Covid di masa mendatang, menentukan tes antigen cepat mungkin tidak cukup efektif pada tahap saat ini," kata Xi Chen, seorang profesor kebijakan kesehatan dan ekonomi di Yale School of Public Health.

Pakar lain setuju dengan penilaian Chen. Mei-Shang Ho, seorang peneliti di Institute of Biomedical Sciences di Academia Sinica di Taiwan menyebutkan, karena RAT tidak begitu sensitif terhadap viral load yang rendah, pengujian PCR adalah metode yang disukai untuk negara-negara yang menerapkan strategi mengidentifikasi semua kasus yang ada.

"Untuk China, mereka perlu mengidentifikasi semua orang yang terinfeksi, termasuk individu tanpa gejala, jadi lebih akurat bagi mereka untuk mencapai tujuan itu dengan mengandalkan tes PCR," katanya kepada DW.

Munculnya varian Omicron juga menimbulkan tantangan baru terhadap akurasi RAT. Chunhuei Chi, Direktur Pusat Kesehatan Global di Oregon State University di Amerika Serikat mengatakan, beberapa penelitian terbaru menunjukkan, karena varian Omicron lebih terkonsentrasi di sekitar tenggorokan atau mulut pasien pada awal infeksi, ketika mereka mencoba untuk mengambil sampel dari hidung menggunakan RAT, sensitivitas tes kemungkinan lebih rendah.

"Alasan sebenarnya untuk ini belum ditentukan, tetapi kita sekarang tahu bahwa tes antigen kurang akurat dalam menghadapi varian Omicron," katanya kepada DW.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.