Sukses

Hendak Lawan China, AS, Inggris dan Australia Kerja Sama dalam Pembuatan Senjata Hipersonik

Negara AUKUS bekerja sama dalam pembuatan senjata hipersonik untuk melawan China bersama.

Liputan6.com, London - Amerika Serikat, Inggris dan Australia mengatakan pada Selasa (5 April) bahwa mereka akan mulai berkolaborasi bersama dalam senjata hipersonik dan "kemampuan perang elektronik", sebagai bagian dari aliansi AUKUS baru mereka yang bertujuan untuk melawan China.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Rabu (6/4/2022), ketiga negara mengatakan inisiatif bersama akan meningkatkan upaya yang ada untuk memperdalam kerja sama di berbagai bidang yang telah mereka sepakati ketika membentuk pakta pertahanan baru September lalu.

"Kami ... berkomitmen hari ini untuk memulai kerja sama trilateral baru pada hipersonik dan kontra-hipersonik, dan kemampuan peperangan elektronik, serta untuk memperluas berbagi informasi dan memperdalam kerja sama dalam inovasi pertahanan," kata mereka dalam sebuah pernyataan bersama.

"Inisiatif ini akan menambah upaya kami yang ada untuk memperdalam kerja sama dalam kemampuan siber, kecerdasan buatan, teknologi kuantum, dan kemampuan bawah laut tambahan.

“Seiring kemajuan pekerjaan kami dalam hal ini dan kemampuan pertahanan dan keamanan penting lainnya, kami akan mencari peluang untuk melibatkan sekutu dan mitra dekat.”

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rudal Hipersonik

Rusia, China, Amerika Serikat dan Korea Utara memiliki semua uji coba rudal hipersonik, dan disusul oleh Moskow yang mengatakan telah meluncurkannya untuk pertama kalinya dalam perangnya di Ukraina .

Rudal hipersonik, seperti rudal balistik tradisional yang dapat mengirimkan senjata nuklir, dapat terbang dengan kecepatan lebih dari lima kali kecepatan suara.

Sementara rudal balistik terbang tinggi ke luar angkasa dalam bentuk busur untuk mencapai target mereka, senjata hipersonik terbang pada lintasan rendah di atmosfer, berpotensi mencapai target lebih cepat.

3 dari 3 halaman

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19, Yuk Tetap Taat Protokol Kesehatan:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.