Ukraina Sebut Rusia Sedang Persiapkan Serangan Baru di Wilayah Timur

Oleh Benedikta Miranti T.V pada 05 Apr 2022, 11:33 WIB
Diperbarui 05 Apr 2022, 11:33 WIB
Teater Mariupol
Perbesar
Pemandangan teater Mariupol yang rusak selama serangan di Mariupol, di wilayah di bawah pemerintahan Republik Rakyat Donetsk, Ukraina timur, Senin, 4 April 2022. Gedung teater Mariupol dikabarkan dihantam oleh Rusia dengan bom pada 16 Maret 2022 lalu. (AP Photo/Alexei Alexandrov)

Liputan6.com, Kiev - Rusia sedang bersiap untuk melancarkan serangan baru di Ukraina timur dalam upaya untuk mengambil alih kota Kharkiv dan mengepung garis depan timur negara itu, kata kementerian pertahanan Ukraina, ketika seorang pejabat AS memperingatkan bahwa Rusia menggandakan serangannya di selatan dan timur Ukraina. 

Dilansir dari laman Al Jazeera, Selasa (5/4/2022), juru bicara kementerian pertahanan Oleksandr Motuzyanyk pada hari Senin mengatakan Rusia sedang membuka jalan untuk serangan di ibu kota regional Severodonetsk melalui serangan di kota Rubizhne dan Popasna di wilayah Luhansk.

 

Motuzyanyk mengatakan Rusia juga mengumpulkan pasukan untuk merebut kota pelabuhan Mariupol yang terkepung, yang telah dikepung oleh pasukan Rusia selama lebih dari empat minggu.

Severodonetsk dan Mariupol terletak di ujung paling utara dan paling selatan dari "garis kontak" Ukraina - garis gencatan senjata yang telah dipegang pasukannya terhadap separatis yang didukung Rusia di wilayah Donbas timur Ukraina sejak 2015.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Menggandakan Serangan

Prajurit Ukraina berjalan di antara tank-tank Rusia yang hancur di Bucha.
Perbesar
Prajurit Ukraina berjalan di antara tank-tank Rusia yang hancur di Bucha. Dok: AP Photo/Rodrigo Abd

Dalam sebuah pengarahan, Motuzyanyk juga mengatakan bahwa pasukan Rusia akan meninggalkan Belarusia menuju Rusia, dan Moskow sedang menyiapkan persediaan bahan bakar dan amunisi di daerah-daerah yang berbatasan dengan Ukraina timur.

Dia mengatakan Rusia sedang mempersiapkan fasilitas medis untuk kemungkinan masuknya korban di antara pasukannya.

Peringatan itu digaungkan kemudian pada hari Senin oleh penasihat keamanan nasional Amerika Serikat Jake Sullivan, yang mengatakan Rusia mengalihkan fokusnya dalam perang di Ukraina ke timur dan selatan negara itu.

Dia memperingatkan bahwa Rusia menggandakan serangannya, setelah menarik banyak pasukan dari sekitar ibu kota Kiev, ke timur dan selatan Ukraina.

"Rusia memposisikan ulang pasukannya untuk memusatkan operasi ofensifnya di timur dan bagian selatan Ukraina," kata Sullivan kepada wartawan.


Infografis Rusia Serang Ukraina dan Dalih Vladimir Putin:

Infografis Rusia Serang Ukraina dan Dalih Vladimir Putin. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Rusia Serang Ukraina dan Dalih Vladimir Putin. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya