Sukses

5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Usus Anda

Makanan yang baik untuk usus Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Ingin tahu makanan probiotik mana yang harus dimakan untuk meningkatkan kesehatan Anda? 

Selain memecah makanan dan menyerap nutrisi, usus memiliki dampak besar pada seberapa baik tubuh dan pikiran bekerja. 

Probiotik adalah bakteri hidup baik dalam bentuk makanan atau suplemen yang dapat membantu sistem pencernaan berfungsi lebih efisien dengan meningkatkan atau memulihkan keseimbangan dalam mikrobioma usus.

Penelitian oleh King's College London di Inggris mengungkapkan bahwa apa yang kita makan berdampak pada usus kita bahkan lebih dari genetika. 

Studi ini menunjukkan sekelompok 15 mikroba usus 'baik' dan 15 'buruk' yang terkait dengan hasil kesehatan yang lebih baik atau lebih buruk, termasuk peradangan, kontrol gula darah dan berat badan.

Dikutip dari laman Live Science, berikut adalah 5 makanan yang baik untuk usus:

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kefir

“Kefir adalah sumber makanan kaya probiotik,” kata praktisi kedokteran fungsional Danny Ly. 

“Ini kaya akan bakteri yang membantu memproduksi vitamin B kita di usus besar, yang dibutuhkan untuk sistem saraf yang optimal dan merupakan blok bangunan untuk neurotransmiter utama seperti serotonin dan dopamin – hormon bahagia yang mendorong perasaan positif seperti kesenangan, kebahagiaan dan bahkan cinta.”

Studi juga menunjukkan bahwa kefir memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba.

3 dari 7 halaman

2. Kimchi

Ada semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa kimchi – bumbu Korea yang terbuat dari kubis dan rempah-rempah yang difermentasi – dapat meningkatkan kadar bakteri baik dalam usus, dan sebagai hasilnya meningkatkan kesehatan usus.

 

4 dari 7 halaman

3. Sup Miso

Hubungan antara mikrobioma usus dan hati masih belum dipahami dengan baik tetapi kesehatan usus yang buruk telah dikaitkan dengan perkembangan penyakit hati berlemak, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Translational Hepatology.

Miso, pasta kedelai fermentasi dari Jepang, telah terbukti memiliki sifat pengurang lemak hati bila dikombinasikan dengan olahraga, sehingga mengurangi risiko Penyakit Hati Berlemak Non-Alkohol – istilah untuk berbagai kondisi yang disebabkan oleh penumpukan lemak di hati,” jelas Ly.

Fermentasi miso membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk mencerna dan menyerap makanan dan mengandung probiotik penguat usus.

5 dari 7 halaman

4. Kombucha

Makanan probiotik lain untuk dicoba untuk kesehatan usus yang lebih baik adalah kombucha, produk teh fermentasi yang kaya akan antioksidan.

“Proses fermentasi menghasilkan asam asetat, asam lemak rantai pendek yang telah terbukti memainkan peran penting dalam mengatur berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin,” kata Ly. 

6 dari 7 halaman

5. Yoghurt

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan yogurt secara teratur dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, meningkatkan pemeliharaan berat badan dan meningkatkan kesehatan jantung karena kandungan kalsium. 

7 dari 7 halaman

Infografis 5 Tips Ajarkan Anak Pakai Masker Cegah Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.