Sukses

Korea Utara Kecam Pernyataan Korsel yang Klaim Bisa Serang Pyongyang

Pihak Korea Utara mengecam pernyataan Korea Selatan yang mengklaim bisa menyerang Pyongyang.

Liputan6.com, Pyongyang - Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, pada hari Minggu (3 April) mengutuk pernyataan menteri pertahanan Korea Selatan tentang kemampuan tetangganya untuk menyerang Korea Utara, kantor berita negara KCNA melaporkan.

Komentar itu "telah memperburuk hubungan antar-Korea dan ketegangan militer di semenanjung Korea", katanya.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Minggu (3/4/2022), Kim, wakil direktur departemen Komite Sentral Partai Buruh Korea, juga mengatakan negaranya akan "mempertimbangkan kembali banyak hal" dan bahwa Korea Selatan "mungkin menghadapi ancaman serius" karena pernyataan semacam itu.

Menteri Pertahanan Korea Selatan Suh Wook mengatakan pada hari Jumat bahwa militer negaranya memiliki berbagai rudal dengan jarak tembak, akurasi dan kekuatan yang ditingkatkan secara signifikan, dengan "kemampuan untuk secara akurat dan cepat mengenai target apa pun di Korea Utara."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kegiatan Militer

Suh juga mengatakan kementerian akan secara aktif mendukung militer untuk memastikan mereka memiliki kemampuan untuk merespons ancaman rudal Korea Utara. Dia menyebut utara sebagai "musuh".

Dalam pernyataan terpisah pada hari Minggu, Pak Jong Chon, sekretaris Komite Sentral Partai Buruh Korea, mengatakan Korea Utara "tanpa ampun akan mengarahkan semua kekuatan militernya untuk menghancurkan target utama di Seoul dan tentara Korea Selatan" jika Korea Selatan Tentara Korea terlibat dalam aksi militer yang berbahaya seperti serangan pendahuluan.

Utara, bagaimanapun, tidak merinci di mana ia melihat sebagai target utama di Seoul.

Ketegangan di semenanjung Korea telah meningkat tajam dalam beberapa pekan terakhir setelah Korea Utara menguji dua rudal balistik pada 26 Februari dan 4 Maret yang melibatkan sistem ICBM baru yang sedang dikembangkan negara itu, dan saat melakukan tes ICBM penuh – yang pertama sejak 2017 – minggu lalu.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini