Sukses

China Hampir Usai Lakukan Penyelidikan Insiden Jatuhnya Pesawat China Eastern Airlines

Upaya penyelidikan dan pencarian terhadap insiden jatuhnya China Eastern Airlines sudah memasuki tahap akhir.

Liputan6.com, Beijing - China telah menyelesaikan pekerjaan pencarian dan penyelamatan utama di lokasi kecelakaan pesawat China Eastern Airlines pekan lalu, dan berencana untuk menyelesaikan laporan awal dalam waktu 30 hari setelah kejadian, kata seorang pejabat penerbangan, Kamis (31 Maret).

Laporan akhir jatuhnya Boeing 737-800 akan diselesaikan dan diumumkan kepada publik setelah penyelidikan selesai, kata kepala keselamatan Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC) Zhu Tao kepada wartawan. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (31/3/2022).

Pesawat itu menabrak lereng gunung di China selatan pada 21 Maret, menewaskan semua 132 orang di dalamnya.

Di bawah aturan internasional, laporan 30 hari harus diajukan ke badan penerbangan PBB ICAO tetapi tidak perlu dipublikasikan. Laporan akhir akan jatuh tempo dalam waktu satu tahun setelah crash, meskipun terkadang bisa memakan waktu lebih lama.

Zhu mengatakan pihak berwenang telah melakukan analisis awal kecelakaan itu, seperti memprediksi kemungkinan lintasan, posisi, dan kekuatan tumbukan pesawat ketika menabrak tanah dan membaca data dari sistem radar kontrol lalu lintas udara.

Penyelidik CAAC juga bekerja untuk memecahkan kode data dari kedua kotak hitam, tambahnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Penyelidikan

Penyelidik dari Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS akan melakukan perjalanan ke China untuk mendukung penyelidikan CAAC terhadap bencana penerbangan paling mematikan di China daratan dalam 28 tahun.

Lebih dari 40.000 potongan puing pesawat dan puing-puing telah ditemukan dan sebagian besar potongan telah diangkut ke hanggar, kata Zhu.

3 dari 3 halaman

Infografis Petaka Jatuhnya Pesawat Boeing China Eastern Airlines MU5735:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.