Vladimir Putin Larang Publikasi Wawancara Media Rusia dengan Presiden Ukraina

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 28 Mar 2022, 16:03 WIB
Diperbarui 28 Mar 2022, 16:03 WIB
Banner Infografis Putin Akan Hadiri KTT G20 Bali di Tengah Invasi ke Ukraina. (Sumber Foto: AP Photo)
Perbesar
Banner Infografis Putin Akan Hadiri KTT G20 Bali di Tengah Invasi ke Ukraina. (Sumber Foto: AP Photo)

Liputan6.com, Moskow - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberikan wawancara panjang 90 menit dengan empat wartawan media Rusia.

Dikutip dari laman Express.co.uk, Senin (28/3/2022), tujuannya yaitu sebagai langkah untuk berbicara langsung kepada rakyat Rusia.

Namun, sebelum dipublikasikan, Kremlin segera melarang wawancara tersebut dan memerintahkan media lain untuk tidak melaporkannya.

Regulator media pemerintah Rusia, Roskomnadzor, mengeluarkan peringatan kepada media hari ini untuk tidak membahas atau mengutip wawancara tersebut, tanpa memberikan alasan.

Regulator memperingatkan pers untuk tidak mempublikasikan wawancara dan mengkonfirmasi bahwa “penyelidikan telah dimulai untuk mengidentifikasi tingkat tanggung jawab dan tanggapan apa yang akan diambil” sehubungan dengan jurnalis yang melakukan wawancara.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Rusia Siap Hukum Jurnalis

FOTO: Usai Bertemu Putin, Emmanuel Macron Temui Presiden Ukraina
Perbesar
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberi isyarat saat konferensi pers bersama Presiden Emmanuel Macron setelah pertemuan mereka di Kyiv, Ukraina, 8 Februari 2022. Volodymyr Zelensky berharap segera mengadakan pertemuan puncak dengan pemimpin Rusia, Prancis, dan Jerman. (Sergei SUPINSKY/AFP)

Max Seddon, dari Biro Moskwa Financial Times, mentweet: "Sensor media Rusia memperingatkan sekelompok jurnalis untuk tidak mempublikasikan wawancara yang baru saja mereka lakukan dengan Zelensky."

"Mereka bahkan tidak repot-repot memikirkan alasan mengapa ini tidak diizinkan, tetapi bersumpah mereka akan tetap menghukum para jurnalis."

Terlepas dari peringatan itu, Presiden Zelensky sendiri membagikan wawancara satu setengah jam penuh di Telegram, aplikasi perpesanan populer di Rusia.


Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya