Sukses

Black Box Kedua Pesawat Jatuh China Eastern Airlines Ditemukan

Kotak hitam atau black box kedua dari pesawat China Eastern Airlines yang jatuh di Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi telah ditemukan

Liputan6.com, Jakarta Kotak hitam atau black box kedua dari pesawat China Eastern Airlines yang jatuh di Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan, ditemukan pada Minggu 27 Maret waktu setempat. Pesawat tersebut jatuh pada 21 Maret dengan 132 orang di dalamnya yang telah dinyatakan tewas.  

Pesawat Boeing 737-800, yang berangkat dari Kunming, ibu kota Provinsi Yunnan, China barat daya, menuju Guangzhou, ibu kota Provinsi Guangdong, jatuh ke area pegunungan di wilayah Tengxian, Guangxi, sekitar pukul 14.38 waktu setempat, seperti dilansir Xinhua, Senin (28/3/2022). Seluruh 132 orang di pesawat itu dinyatakan tewas, menurut kantor pusat tanggap darurat nasional untuk kecelakaan tersebut.

Kotak hitam kedua itu telah dikonfirmasi oleh para penyelidik sebagai perekam data penerbangan dan telah dikirim ke laboratorium untuk proses decoding, kata Zhu Tao, Kepala Kantor Keselamatan Penerbangan Administrasi Penerbangan Sipil China, dalam konferensi pers pada Minggu sore.

Bagian luar unit penyimpanan data kotak hitam tersebut relatif lengkap meskipun beberapa bagian lain dari perangkat itu rusak parah, tambah Zhu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lokasi Ditemukan

Kotak hitam kedua ditemukan 40 meter dari titik tumbukan dan 1,5 meter di bawah tanah sekitar pukul 09.20 waktu setempat, papar Zheng Xi, Kepala Pemadam Kebakaran wilayah Guangxi.

Kotak hitam pertama yang merupakan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder) ditemukan pada Rabu (23/3). Pengunduhan data dan pekerjaan analisis kotak hitam pertama hingga saat ini masih berlangsung.

3 dari 3 halaman

Infografis Petaka Jatuhnya Pesawat Boeing China Eastern Airlines MU5735

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.