Sukses

2 Hari Pembunuhan Geng Tewaskan 62 Orang, El Salvador Umumkan Keadaan Darurat

Kekerasan geng telah melonjak di El Salvador. Polisi melaporkan bahwa 62 orang tewas pada hari Sabtu (26 Maret) saja.

Liputan6.com, San Salvador - Anggota parlemen El Salvador pada Minggu 27 Maret 2022 mengumumkan keadaan darurat, kata presiden Majelis Legislatif, membatasi kebebasan sipil dan memperluas kekuatan polisi saat negara itu menghadapi gelombang pertumpahan darah terkait geng yang telah menewaskan puluhan orang hanya dalam dua hari.

Kekerasan geng telah melonjak di El Salvador. Polisi melaporkan bahwa 62 orang tewas pada hari Sabtu (26 Maret) saja.

Menurut angka resmi, seperti dikutip dari AFP, Senin (28/3/2022), 12 pembunuhan terjadi di departemen pusat La Libertad. Ibu kota San Salvador dan departemen barat Ahuachapan masing-masing mencatat sembilan korban tewas. Sisanya dilaporkan dari seluruh departemen yang tersisa di negara itu.

Beberapa jam sebelumnya, polisi dan militer menangkap beberapa pemimpin geng Mara Salvatrucha (MS-13) atas serentetan pembunuhan.

"Kami tidak akan mundur dalam perang melawan geng ini, kami tidak akan berhenti sampai penjahat yang bertanggung jawab atas tindakan ini ditangkap dan dibawa ke pengadilan," tulis Polisi Sipil Nasional negara itu di Twitter.

Menanggapi lonjakan kekerasan, Presiden Nayib Bukele meminta legislatif - yang dikendalikan oleh partainya yang berkuasa - untuk menyetujui keadaan darurat, di mana kebebasan tertentu dibatasi.

Anggota parlemen menyetujui status darurat tersebut pada Minggu pagi, dalam sebuah dekret yang "menyatakan rezim darurat di seluruh wilayah nasional berasal dari gangguan serius terhadap ketertiban umum oleh kelompok kriminal."

Deklarasi - disetujui oleh suara mayoritas - membatasi kebebasan berkumpul, korespondensi dan komunikasi yang tidak dapat diganggu gugat, dan memungkinkan penangkapan tanpa surat perintah.

"Kami menyetujui #emergencyregime yang akan memungkinkan Pemerintah kami untuk melindungi kehidupan orang-orang Salvador dan menghadapi kriminalitas secara langsung," kata Presiden Majelis Legislatif Ernesto Castro dalam sebuah twit.

"Sejak kemarin, kami mengalami lonjakan pembunuhan baru, sesuatu yang telah kami upayakan dengan sangat keras untuk menguranginya," kata Bukele dalam sebuah pernyataan yang diposting di Twitter oleh Presiden Kongres Ernesto Castro.

"Sementara kita memerangi penjahat di jalanan, kita harus mencoba mencari tahu apa yang terjadi dan siapa yang mendanai ini."

Biarkan Pihak Berwenang Bekerja, Warga Tenang

Bukele mengatakan negara "harus membiarkan agen dan tentara melakukan pekerjaan mereka dan harus membela mereka dari tuduhan mereka yang melindungi anggota geng."

Dia juga meminta kantor kejaksaan "untuk menjadi efektif dengan semua" kasus anggota geng yang diproses, memperingatkan dia akan mengawasi "hakim yang mendukung penjahat."

Pengacara hak asasi manusia pemerintah Ricardo Martinez meminta penduduk untuk "tetap tenang" dan berkontribusi pada promosi "budaya damai" di negara itu.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kekerasan Geng Sebelumnya

November 2021 lalu, El Salvador mengalami lonjakan pembunuhan lain yang merenggut nyawa sekitar 45 orang dalam tiga hari.

Geng Mara Salvatrucha dan Barrio-18, antara lain, memiliki sekitar 70.000 anggota di El Salvador, menurut pihak berwenang, dan operasi mereka melibatkan pembunuhan, pemerasan, dan perdagangan narkoba.

Negara itu mencatat 1.140 pembunuhan pada tahun 2021 - rata-rata 18 kematian per 100.000 penduduk - kurang dari 1.341 yang terdaftar pada tahun sebelumnya dan angka terendah sejak akhir perang saudara pada tahun 1992, menurut data resmi.

Terpilih pada 2019, Bukele mendapat dukungan luas di El Salvador atas janjinya untuk memerangi kejahatan terorganisir dan meningkatkan keamanan di negara yang dilanda kekerasan itu.

Sekutunya juga memegang mayoritas besar di Kongres negara itu - situasi yang tidak terlihat sejak kesepakatan damai pada tahun 1992 mengakhiri 12 tahun perang saudara berdarah. Tapi Bukele juga telah lama dituduh memiliki kecenderungan otoriter.

3 dari 3 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar COVID-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.