Sukses

Joe Biden Minta Ganti Rezim di Rusia? Ini Klarifikasi Gedung Putih

Sebuah miskomunikasi terjadi ketika Presiden AS Joe Biden berkata Vladimir Putin tak boleh berkuasa.

Liputan6.com, Warsawa - Presiden Amerika Serikat Joe Biden disorot usai berkata bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin tak boleh berkuasa. Hal itu ia ucapan ketika mengunjungi Polandia. 

Saat itu, Presiden Biden sedang mengecam invasi Rusia, serta berkata bahwa negara itu dipimpin oleh seorang diktator. Ucapan Presiden Joe Biden seakan meminta adanya pergantian rezim. 

"Demi Tuhan, orang ini tak bisa terus berkuasa," ujar Presiden Joe Biden, dikutip Minggu (27/3/2022).

Juru bicara pemerintah Rusia membalas bahwa yang memilih Presiden Putin adalah rakyat Rusia, bukan Presiden Joe Biden.

"Itu bukan keputusan Joe Biden. Presiden Rusia dipilih oleh rakyat Rusia," ujarnya seperti dikutip media pemerintah Rusia, TASS.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Klarifikasi AS

Pihak Gedung Putih juga telah memberikan klarifikasi atas ucapan Presiden Joe Biden. Dijelaskan bahwa maksud Joe Biden adalah tindakan Vladimir Putin di Eropa. 

"Inti dari (ucapan) Presiden adalah bahwa Putin tidak boleh diizinkan berkuasa di tetangga-tetangganya atau di wilayah," jelas pejabat Gedung Putih. 

"Ia tidak membahas kekuasaan Putin di Rusia, atau perubahan rezim."

Presiden Joe Biden datang ke Eropa selama empat hari untuk bertemu NATO dan membahas dampak invasi Rusia. Ia kini sudah pulang ke Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini