Sukses

Balap Mobil F1 di Arab Saudi Tetap Digelar Pasca-serangan Misil Houthi Yaman

Balap mobil F1 Grand Prix Arab Saudi diperkirakan akan berjalan sesuai rencana setelah berjam-jam pertemuan menyusul serangan rudal di dekat trek di Jeddah.

Liputan6.com, Jeddah - Balap mobil F1 Grand Prix Arab Saudi diperkirakan akan berjalan sesuai rencana setelah berjam-jam pertemuan menyusul serangan rudal di dekat trek di Jeddah.

Para pembalap menghabiskan empat jam setelah latihan pada hari Jumat membahas apakah balapan harus dijalankan.

Tetapi akhirnya pada pukul 2.30 pagi waktu setempat pada hari Sabtu, setelah jaminan lebih lanjut, mereka setuju untuk balapan.

Setelah serangkaian acara yang luar biasa, pimpinan tim muncul dari pertemuan untuk mengatakan: "Kami akan berlomba", demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (26/3/2022).

Pemberontak Houthi Yaman mengaku bertanggungjawab atas serangan terhadap depot minyak sekitar sembilan mil dari jalur tersebut, menurut Associated Press.

Latihan kedua ditunda 15 menit setelah serangan ketika bos tim dan pembalap dipanggil untuk pertemuan dengan presiden F1 Stefano Domenicali.

Para pengemudi pergi ke pertemuan dengan Domenicali dan direktur pelaksana Ross Brawn sekitar satu jam setelah akhir latihan dan pertemuan itu tidak berakhir selama empat jam lagi, karena berbagai tokoh senior datang dan pergi.

BBC Sport telah mengetahui bahwa sejumlah besar pengemudi memiliki kekhawatiran tentang keselamatan acara tersebut setelah serangan itu.

Tetapi akhirnya mereka diyakinkan untuk terus maju dan berlomba setelah diberi informasi lebih lanjut.

Bagian dari informasi ini melibatkan kemungkinan konsekuensi dari tidak balapan, seperti seberapa mudah tim dan pembalap dapat meninggalkan negara itu jika balapan tidak terjadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serangan di Arab Saudi

Tanda-tanda pertama serangan itu terjadi ketika asap mengepul di trek selama sesi latihan pertama di sore hari.

Sebelum latihan kedua, Domenicali memanggil tim dan pembalap ke sebuah pertemuan dan mengatakan kepada mereka bahwa akhir pekan akan berjalan sesuai rencana dan bahwa keamanan untuk grand prix telah menjadi prioritas bagi pihak berwenang.

Dia mengatakan dia akan terus memperbaruinya sepanjang akhir pekan dan bertemu mereka lagi lebih dari satu jam setelah latihan selesai untuk berbagi informasi lebih lanjut.

Tetapi para pengemudi terus khawatir tentang potensi risiko balap begitu dekat dengan serangan rudal di fasilitas Saudi yang terkenal. Grand prix juga terkait erat dengan keluarga kerajaan Saudi.

Semua sesi media pasca-latihan pembalap dibatalkan.

F1 mengatakan setelah latihan selesai tetapi sebelum para pembalap pergi ke pertemuan maraton mereka: "Formula 1 telah melakukan kontak dekat dengan otoritas terkait menyusul situasi yang terjadi hari ini.

"Pihak berwenang telah mengkonfirmasi bahwa acara dapat berlanjut seperti yang direncanakan dan kami akan tetap berhubungan dekat dengan mereka dan semua tim dan memantau situasi dengan cermat."

Mohammed Ben Sulayem, presiden badan pengatur F1 FIA, mengatakan: "Mereka menargetkan infrastruktur, bukan warga sipil, dan, tentu saja, bukan trek. Kami telah memeriksa fakta dan kami mendapat jaminan dari tingkat tertinggi bahwa ini adalah tempat yang aman. Ayo pergi balapan."

Ada serangan serupa seminggu sebelum balapan, sementara F1 berada di acara pembukaan musim ini di Bahrain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.